Tuesday, January 10, 2006

histamine explosion!



Gw pulang dari Gamping dengan tambahan beberapa kilo berat badan, seonggok cucian kotor, dan puluhan bintik merah di lengan dan tungkai gw... Gw itung-itung, di lengan kiri aja ada 14 bintik, di lengan kanan ada 13. Belum yang di paha dan tungkai bawah. Status Siaga 1! Pertolongan harus segera diberikan! Apalagi gatelnya setengah mati.

Pertolongan pertama adalah beli Interhistin di K-24 deket rumah. Hasilnya gw hampir ketiduran waktu bikin tugas kelompok di rumah temen. Minum kopi, melek bentar, eh ngantuk lagi. Wah! Harus mencari solusi lain daripada tertidur di waktu dan tempat yang tidak tepat.
Besoknya pertolongan datang dari seorang residen Penyakit Kulit dan Kelamin yang pernah menjadikan gw kelinci percobaan untuk peeling kimiawi.
"Oh, kalo ini sih papular urticaria akibat insect bites. Ya udah, antihistamin aja. Paling ama kortison krim. Ini bisa jadi tambah parah lho! Kalo perlu pake steroid jangka pendek! Kalo punya Askes tak resepin aja"

Berhubung Askes gw berlaku jika dan hanya jika memeriksakan diri di Gadjah Mada Medical Centre, berangkatlah gw ke sana.
"Dok, bentol-bentol nih..gatel"
"Sejak kapan?"
"Paling 3 hari lalu. Lagi K3M di Gamping nih dok"
"Deket sawah?"
"Gak"
"Kamu keliling door to door?"
"Iya"
"Lha itu, alergi tuh. Karena gigitan serangga tuh."
Berpikir...pas keliling desa gak ada serangga yang kurang kerjaan dan gigit gw. Jangan-jangan kutu kasur a.k.a 'tinggi' yang bikin gw mbrunthus gini...
Ya wis, ditulislah resep buat gw. Phew...semoga dengan Loratadine dan Licodexon bintik-bintik kurang ajar akan segera menghilang dan gw tetap terjaga tanpa rasa kantuk. Jangan sampai papul-papul ini menurunkan nilai jual gw sebagai entertainer handal dan ikon fesyen.

Diskusi berlanjut dengan temen gw
"Tapi dari 5 orang yang serumah, kok cuma aku yang gatel-gatel gini? Ini pasti karena kulitku paling terawat dan peka..'
"Bodoh! Itu bukan masalah kulit tapi sistem imun kamu!"
O gitu ya? Tapi gw kan emang terawat... hehe

Ngomong2 soal sitem imun, ledakan histamine semacam ini pernah terjadi juga sebelumnya. Lebih parah malah. Gara-gara makan udang goreng tepung di warung deket rumah, gw harus menderita gatal-bentol-merah-demam sehari semalam, dan diselamatkan oleh keajaiban kecil bernama chlorphoramina maleat a.k.a CTM

1 comment:

gloriakartika said...

akhirnya sembuh ga?
gue lagi kena yg sama nii dari 2 minggu lalu