Wednesday, January 02, 2008

Hari ketiga di Bajawa: Bencana masih bertubi-tubi

Hari kedua diawali dengan males-malesan. Bajawa masih dingin. Kami masih tanpa koper. Dan gw masih cakep [uhuy].

Secara perut kami perut ndesa dan roti bakar aja gak cukup, mending pesen mi instan. Daripada repot nyari sarapan lagi di luar. Mbak-mbak hotel yang ngecengin gw anterin semangkuk guede mi rebus dengan irisan cabe merah dan sawi, yang anehnya rasanya aneh. Makan mie sambil menikmati pemandangan indah, dan sebagai imbal balik memberikan pemandangan indah buat mbak-mbak hotel. ’Eh itu tuh, dia duduk di luar’, si mbak kasih tau temennya di dapur. Aku krungu yo, Mbak...

Abis mandi, pake lagi baju yang kemarin dibeli di pasar. Biar aja gak pernah ganti baju. Kepepet. Berangkat ke Dinkes. Mas Andre siapin surat-surat perjanjian. Gw cari-cari data. Gek begitu lama, kami balik ke hotel. Paling juga jam setengah 1 udah nyampe kamar. Makan dong!

Pilihan kami jatuh ke Dito’s Resto, cuma nyeberang hotel. Menunya macem-macem banget. Dari salad, steak, chinese food, aneka sup, pancakes, ampe ikan bakar ada. Pesenan pun diputuskan: gw mo ikan panggang, Mas Andre cumi asem manis [nganti rupane kaya cumi], dan salad sayur buat berdua. Nunggu makanan dimasak sambil nonton berita banjir di Jawa. Ini baru jam satu, tapi udah mulai dingin. Ujan sih.

Setengah jam lebih, baru pesenan dateng. Ikan bakar gw berupa fillet ikan berukuran 10 x 10 x 3 cm. Kenyang duluan ngeliatnya. Cumi Mas Andre gak kalah banyak. Saladnya malah dikit, cuma irisan sawi putih, kol ama wortel disiram kuah cuka. Seger sih. Kesimpulannya: huyeah.



Beres makan, kami telpon Om Meki lagi, nanyain koper. Dia bilang koper udah diberangkatkan ke Bajawa pake bis Alleluia jam 8 tadi. Berarti bentar lagi nyampe ni. Sambil nungguin, tidur ah... Sekitar jam 4, sopir Dinkes dateng buat anter kami ambil koper di terminal. Bus Alleluia udah nungguin kami. Akhirnya datang juga kopernya.... Seperti menyambut kembalinya anak yang hilang, gw sayang-sayang koper gw, kecup-kecup isinya. Ini nih foto baggage tag yang bikin gara-gara, MOF artinya Maumere of Flores.



Kami masih ada satu agenda lagi malem ini, tapi musti nungguin Kepala Dinkesnya dateng dari Ende. Karena masih kesiangan buat mandi, si sopir ajak kami mandi air panas di Soa. Ajakannya jelas kami sambut.

Perjalanan ke Soa sebenernya gak jauh. Tapi karena jalan dan nyetirnya nggilani, selain pengen ngelepas stress urusan koper, rasanya pengen buruan nyampe. Sempet lewatin bandara kecil, yang katanya didatengin pesawat Fokker beberapa kali sehari. Meskipun nyetirnya gila, begitu ada anjing si sopir ati-ati banget.
’Kenapa Om? Harus ganti ya kalo nabrak anjing?’
’Iya. Lumayan juga tuh, satu anjing dihargain 300-400 ribu.’
Hasyah. Mending beli sepatu.

Nyampe di Soa, perasaan gw ga enak. Kok mata gw rabun sebelah? Gw kucek-kucek, mata kanan tetep kabur. Jangan-jangan softlens gw... Ah sudahlah, paling juga keselip di bawah kelopak kaya biasanya. Yang penting mandi dulu di Pemandian Air Panas Mengeruda, Soa. Ada beberapa kolam di sana, selain mata air yang ngalirnya cukup kenceng. Kami pilih kolam yang di pojok. Paling sepi, dan kayaknya lebih bersih daripada yang lain. Mau liat bedanya badan terawat dan enggak? Nih..



Airnya seru! Enak banget rasanya bisa berendem setelah beberapa hari buneg mikirin bagasi. Bodohnya aku, gw cuek aja BERENANG pake soplens. Ya teman-teman, bukan cuma berendem, gw berenang pake gaya kodok ke sana-sini. Merem tentunya. Abis itu, pindah ke mata air yang ngalirnya kenceng, kaya jacuzzi alami. Stase terakhir, gw mandi ama anak-anak di area yang biasa buat berbilas. Seneng juga mandi ama anak-anak pribumi sana, secara gw jadi tampak putih. Uhuy.



Puas maen air, kami balik ke hotel. Cuma nurunin baju kotor, trus langsung ke Dinkes buat selesein urusan kontrak. Gw udah gak nyaman banget, secara mata gw masih kabur sebelah. Satunya minus 3,5 Dioptri, satunya normal. Pusing!!! Bolak-balik gw kucek-kucek mata, coba n yari soplens yang [gw pikir] keselip. Ternyata ga ada juga. Dipancing-pancing pake tetesan mata, ga keluar juga. Berarti sudah bisa disimpulkan: soplens kanan gw ilang.

Mana urusannya tidak sesimpel yang gw kira. Dan gw harus tetep di Dinkes buat nungguin Mas Andre urusin surat-surat yang sama sekali bukan kepentingan gw. Sebel. Makan nasi kotak jadi gak enak. Ngeliat gelagat gw udah mulai naik darah, satu bapak-bapak tawarin gw tiduran di sofa. Males ah. Akhirnya setengah 2 pagi gw minta dianterin balik, meninggalkan Mas Andre Bernasib Malang yang baru bisa pulang hampir jam 5 pagi.

Setelah koper ada di tangan, kok ya soplens gw yang bikin gara-gara. Mending kalo ilang di Jogja, gw bisa langsung ke optik. Cuma ada satu optik di Bajawa, dan tidak lebih besar dari Optik Kopma UGM. Gw gak yakin mereka pernah tau yang namanya soplens. Parahnya lagi, kacamata gw rusak, dan kekuatan lensanya udah so-last-year, gak cocok lagi. Ya sudah, pasrah jadi pendekar mata satu. Sabar... Tinggal sehari lagi.

No comments: