Sunday, January 06, 2008

Jalanan di Flores sekeriting rambut penduduknya

Idle day! Di hari yang kesekian di NTT [entahlah, gw disoriented], gw gak punya banyak kerjaan. Tinggal tunggu orang-orang kumpulin data aja. Mumpung ada Mas Andre, dia aja yang ke Dinkes. Biar kurusan dikit. Hehe.

Sebagai permintaan maaf telah menyandera kami sehari, Kepala Dinkes pesenin kami tiket pulang besok. Tepatnya, suruh anak buahnya pesen tiket buat kami. Rencananya kami bakal terbang dari Ende ke Denpasar besok jam 1. Gara-gara kemaren Mas Andre boong kalo tiket Merpati Ende-Denpasar cuma tinggal hari Sabtu, beneran deh kami pulang Sabtu. Sesuk meneh ora ngapusi Mas!

Ada untungnya jadi sedikit paranoid dan obsesif-kompulsif kaya salah satu dokter RSUD Sekayu. Insting gw bilang ada yang gak beres, mengingat pengalaman-pengalaman aneh terbang dengan Merpati. Segera gw telpon Merpati Ende. Ternyata besok pesawat berangkat jam 12. Tuh kan... Tapi kok masih agak ganjel? Gw coba telpon lagi. Madurodok! Tiket Merpati Ende-Denpasarnya abis! Ya emang bener, kami udah dipesenin. Tapi tanpa uang muka, Merpati berhak jual tiket kami ke orang lain. Dan habis sudah kursinya. Gw menatap Mas Andre yang gak kalah kagetnya. ’Njur kepiye ki?’

Beruntung Mas Andre punya temen di Labuan Bajo. Temen dengan sejarah tertentu sebenernya. Entah gimana, Tuhan sayang kami. Temen Mas Andre punya temen yang kerja di agen Indonesian Air Transport a.k.a IAT [gw baru tau there is such airline]. Kami bisa dipesenin tiket ke Denpasar. Gak pake uang muka! Tapi uang pantat. [?]

Keberuntungan masih di pihak kami. Mantan Bos Cewek yang tinggal di Bali, ternyata mo ke Jogja hari Sabtu sore. Yang artinya, kami bisa minta dia cari tiket juga buat kami. Sempet harap-harap cemas, secara ini hari libur dan dia gak bisa minta sekretarisnya cariin. Tapi entah gimana, dia bisa urusin sendiri tiket buat kami. Yay!! Jogja, Jogja....

Yang perlu dipikirin selanjutnya adalah gimana caranya nyampe ke Labuan Bajo. Gak main-main, musti 8 jam lewat jalan darat ke sana. Akhirnya kali ini Bu Hilde, Kepala Dinkes Ngada berjasa buat kami. Dia sediain mobil plus sopirnya ke Labuan Bajo. Sip... Thanks, Munyuk Tua. Eh salah. Thanks, Mama Tua.

Biar ga kemrungsung, kami berangkat Jumat malem. Jadi nyampe sono masih bisa istirahat sebelum terbang lagi. Kedengarannya seru. Baiklah kalo gitu. Jam 7 malem kami udah siap, tinggal berangkat. Akhirnya Om Joni jemput kami pake Kijang ijo.

Belum setengah jam berkendara, ada sedikit masalah. Om Joni ditelpon keluarganya kalo bokapnya yang dirawat di Puskesmas Aimere mo dirujuk ke RS Bajawa. Lhah, terus gimana ni? ’Gak papa, ntar juga ketemu di jalan’, Om Joni bersikeras terus anter kami. Bener juga, setengah jam kemudian kami papasan ama ambulans Puskesmas, trus Om Joni sempet koordinasi ama keluarganya. Bolak-balik kami minta Om Joni pulangin kami ke Bajawa, biar kami dianter sopir lain aja. Malah Om Joninya yang ogah. Ya sudahlah, apa kau kata, Om.

Di Aimere, mampir lagi buat beberapa keperluan. Pertama, ketemuan ama sodara Om Joni, yang akhirnya ikut naik mobil buat temenin Om Joni. Kedua, makan nasi Padang yang lagi-lagi ayamnya mahal padahal kecil. Ketiga, beli moke buat bikin mabok anak-anak di Jogja. Sekalian, sebotol Aqua 1,5 liter gw beli dengan 30 ribu. Baru deh berangkat ke Labuan Bajo.

Satu yang gw ga pernah tau, jalanan di Flores sekeriting rambut penduduk aslinya. Gila aja, tiap 10 meter belok. Untung gw ga mabok, banyakan tidur sih hehe. Dan mungkin hanya NTT yang jalan provinsinya tidak lebih lebar dari gang ke rumah gw. [Katanya] Pake acara ular lewat, lagi. Mana rutenya aneh. Dari Bajawa yang pegunungan, ke pesisir, trus naik lagi ke Ruteng, turun lagi ke Labuan Bajo. Terserah ah, yang penting nyampe. Udah kebayang-bayang rumah di Jogja je.

Di tengah jalan, terjadi sesuatu yang aneh. Ada bunyi klothak-klothak dari sisi kanan mobil. Tadinya kami abaikan aja, sampe akhirnya ketauan kalo ban kanan depan udah kempes banget. Untung ada ban serep, dan untungnya kami gak ada di tengah hutan. Dengan sedikit perjuangan ngakalin dongkrak yang kurang tinggi, dan dibantu penduduk sekitar, kami berhasil ganti ban. Selesai? Belum tuh. Musti cari tempat tambal ban buat yang bocor.

Jangankan di NTT, di Jogja aja susah cari tambal ban jam 11 malem. Kami beruntung ketemu satu tempat tambal ban yang sebenernya udah tutup tapi bisa dipaksa-paksain buka. Setengah jam lebih kemudian, dan dengan sepuluh ribu, ban kembali beres. Berangkat!!!

Sempet terjadi beberapa kali pergantian pemain untuk menyetir mobil. Sampe akhirnya, entah jam berapa dan di mana, Om Joni tepiin mobilnya. Dan semua kompak tidur pules.

No comments: