Sunday, December 30, 2007

Hari kedua di Bajawa: B-sides tidak hanya berlaku buat album musik

Baru kemarin gw baca Kinaryosih dan pacarnya, Brett Money, dieliminasi di minggu ketiga Amazing Race Asia. Konon, selama main Kinar bikin Brett kaget karena gak bawa koper gede isi make up dan baju, tapi bisa bertahan hanya dengan satu ransel. Gw gak nyangka, gw dan Mas Andre harus melakukan perjalanan 3 hari di Flores juga hanya dengan tas yang kami bawa di kabin. Bagasi kami entah ada di mana.


Bermenit-menit nungguin di conveyor, koper kami tak kunjung tiba. Kami coba cek ke petugas yang angkut bagasi ke conveyor, katanya udah gak ada barang lagi. Coba tanyain ke petugas yang lagi naikin barang ke pesawat, gak ada juga. Haiyyaaa!!!! Semua baju, laporan, bahan presentasi, charger, Alkitab [ehem...] hingga perangkat ketampanan ada di sana. Dengan panik, kami ngelapor ke meja check in Merpati. Seorang bapak bernama Meki ngelayanin kami [nama yang jorok...]. Dia menghibur kami dengan bilang, ’Ini sering sekali, Mas. Hampir tiap hari. Nih, liat daftarnya.’ Dia tunjukin buku klaim bagasi ketinggalan. Satu-satunya pertolongan yang bisa dia lakukan adalah nelpon ke Merpati Denpasar, itu pun tanpa jawaban pasti. Terpaksa gw telpon sendiri ke sana, dengan mengeset nada bicara marah-marah ala Rudi Salam di Buku Harian Nayla. Mereka bilang akan cek dulu di mana kopernya, baru kasih kabar ke kami. Yang jelas, secepet-cepetnya koper kami baru bisa nyampe Maumere ato Ende besok sorenya. Padahal pekerjaan sudah menanti di Bajawa. Ya sudah, kami pergi meninggalkan Pak Meki [Bye, Mek!], dengan minta nomer telpon dia sebelumnya.

Stress pikirin koper, mending makan dulu. Pak sopir bawa kami ke pelabuhan buat makan ikan. Kaya gini nih tempatnya:



Lumayan, makan kenyang, enak dan murah kaya di Pantai Depok, bahkan dengan suasana kedai yang lebih nyaman. Jauh-jauh ke NTT, yang jualan orang Jawa Timur juga. Setelah rangkaian kejutan di bandara, masih ada kejutan lagi di warung makan: Mas Andre ketemu temen kuliahnya. Halah, segitu sempitnya dunia ini? Acara makan masih diselingi telpon semua orang di NTT, Denpasar dan Jawa buat urusan koper.



Abis makan, kami harus menempuh 8 jam ke Bajawa. Padahal, di Jawa aja jarang-jarang gw pergi-pergi 8 jam lewat jalan darat. Sebelum berangkat, mampir dulu di ’pusat kota’. Ya, pusat kota dengan apostrop, kalo perlu dicetak miring. Secara, pusat kota yang katanya paling gede se-Flores juga gak lebih gede dari Kutoarjo. Ya sudahlah, paling enggak bisa beli barang-barang esensial buat bertahan hidup. Sabun batang, sikat gigi, pasta gigi, deo stick, shampoo sachet, aqua botol gede, kopimiks, dan biskuit. Paling enggak bisa tetep idup sampe koper datang.

Beruntunglah gw. Setelah tidur di sebagian besar waktu penerbangan, di mobil Kijang ijo gw bisa baringan di kursi belakang. Jadi, sebagian besar dari 8 jam itu juga gw pake tidur. Tau-tau aja nyampe di hotel Edelweis di Bajawa, hampir setengah 2 pagi. Trus? Tidur lagi. Hehe. Paling gak dengan tidur gw gak pusing mikirin ato meratapi nasib ketinggalan koper.

Bangun tidur, satu hal yang terpikir: Koper. Koper gw memang tidak sepenting Kopernya Anjasmara. Atau koper Vincent Vega di Pulp Fiction. Tapi, tetep aja penting. Yah, ada untungnya juga proyek gw sekarang ada di Bajawa. Tempatnya dingiiinn. Paling gak bisa ademin ati dan pala gw.

Sebagai ilustrasi, Bajawa sering dibilang kaya dasar mangkok. Dinding mangkoknya? Bukit dan gunung. Keluar pintu kamar, gw langsung dihadapkan pada pemandangan dahsyat. Jadi inget Hyperballadnya Bjork. Makan roti bakar ama telor di teras hotel sambil ngeliat pemandangan, ajiibbb...



Konsekuensi dari pemandangan indah ini adalah hawanya dingin banget. Kalo di Jogja gw pesen air es buat minum, di sini air mandi rasanya kaya air es. Gila-gilaan dinginnya. Gw yang biasanya betah berlama-lama pun nyerah, dan pilih mandi buru-buru. Abis mandi? Untung Mas Andre beli 2 kaos di Joger, jadi gw bisa pinjem 1 dulu. Bawahannya gw pake lagi celana dalem dan celana pendek yang kemarin udah gw pake seharian.

Trus, jalan ama Mas Andre ke pasar. Untungnya, ada toko baju yang baru buka. Susah juga nyari baju yang cocok model dan ukurannya. Apalagi yang seukuran Mas Andre [peace, Mas!]. Akhirnya dengan 150 ribu, gw dapet satu kemeja, satu celana cargo dan satu kaos tim basket. Moga-moga bisa cukup buat seharian sampe koper dianter ntar sore.

Urusan baju beres, kami mulai kerja. Sopir dari Dinkes jemput kami di hotel, dan anter kami ke Dinkes yang ternyata gak nyampe 5 menit perjalanan. Ternyata sarapan gaya bule masih kurang, Mas Andre ajak cari makan dulu. Bolehlah. Nasi Padang jadi pilihan, dan harganya cukup bikin kaget. Nasi ikan yang gede 6 ribu, sementara nasi ayam yang kecil 12 ribu. Ah sudahlah, yang penting kenyang. Abis makan, baru kerja.

Acara presentasi dan training surveyor baru bisa selesai hampir jam 3. Trus? Balik ke hotel dan keliling-keliling cari makan. Cemilan tepatnya, wong cuma makan bakso pake telur rebus [cemilan yang hebat, hehe]. Again, yang jualan orang Jawa Timur. Biar dibaikin dan [harapannya] dimurahin, gw pake bahasa Jawa. Tur tetep wae ra didiskon, 7 ribu. Balik ke hotel, tidur lagi!!!!

Lagi pules tidur, listriknya mati. Lagu klasik di NTT. Untung hotelnya punya genset. Abis mandi, bingung mo ngapain. Bukannya kita gembul, tapi Bajawa kan dingin, jadinya laper lagi [ngeles]. Berdasarkan info pemilik hotel, kami jalan kaki ke warung yang jual babi. Cuma tiga rumah dari hotel. Pilihan menunya cuma tiga, sate babi, ayam goreng ama RW. Sebenernya penasaran juga ama RW ala NTT yang katanya beda ama RW Manado. RW di NTT dagingnya dimasak pake serundeng. Sayangnya gw sudah berikrar gak makan anjing lagi, dan gak lucu kalo jauh-jauh ke NTT cuma makan ayam. Sate babi pun jadi pilihan tunggal.



Satenya lumayan, yang jelas banyak dan gede. Karena belum dimasak sebelumnya, rasanya renyah dan carbony di luar, tapi juicy dan fleshy di dalam. Jujur aja gw lebih demen dan lebih yakin makan sate di Jawa, yang dimasak dulu baru dibakar. Untung porsinya gede, jadi puas hehe. Sebagai compliment, si ibu yang jualan [lagi-lagi orang Jawa, wong Mbantul] kasih kami satu gelas moke, minuman keras lokal NTT dari sulingan lontar. Kami dikasih moke kelas 2, yang katanya gak terlalu keras. Mas Andre minum beberapa isep, sisanya gw yang abisin. Ternyata seru dan rasanya nendang. Gw pun beli buat oleh-oleh. Pake botol bir, harganya 7 ribu doang.

Pulang ke hotel, kami nyangkut di toko Camelia, sebelah hotel. Selain beli Aqua, as if segelas moke masih belum bikin puas, kami beli bir sebotol gede, haha. Ngobrol sana-sini ama tante yang jualan, ujung-ujungnya dia tawarin kami punch ala dia. Moke + madu + lemon. Untuk percobaan dia kasih gratis, biasanya dia jual 10 ribu. Ternyata? Ajib! Manis dan asemnya bikin rasa moke lebih friendly di lidah. Kelar minum baru kami pulang. Tapi, lho, lho kok, kepala gw mulai berat. Jalan mulai goyang. Haduh.

Siyal. Nyampe kamar gw musti kerja siapin data. Terpaksa gw kerja dengan kepala kaya digondelin batu. Asli, never been this drunk before. Buru-buru kelarin kerjaan, gosok gigi, lepas softlens, langsung ambruk di tempat tidur.

Update terbaru, koper kami udah nyampe di Maumere. Dengan indahnya, dari Denpasar kemarin mereka diterbangin balik ke Surabaya, ke Denpasar lagi, baru dikirim ke Maumere. Tapi, mereka baru bisa dikirim ke Bajawa besok pagi. Jadi baru nyampe Bajawa sorenya. Ya sudah, pasrah dengan dua henpon yang sama-sama abis baterenya, celana dalem yang dipake side B-nya, dan rendem softlens pake air wastafel. Ikutan Carrie Underwood dari Balikpapan ah: Jesus, take the wheels.

No comments: