Sunday, January 06, 2008

Akhirnya nyampe Jogja, aku mau mandi susu

Gw ga inget apa yang terjadi, tau-tau mobil udah setengah enam pagi, dan mobil udah jalan lagi disopirin Mas Andre. Secara udah deket pantai, panasnya udah mulai kerasa. Tapi gak cuma panas, ada sesuatu yang gak beres. Gw pengen boker.

Gara-gara nasi padang semalem! Seperti biasa gw rakus ambil daunnya. Efeknya, bangun-bangun gw pengen boker. Padahal boro-boro nyampe kota, kampung aja belum. Kami masih di tengah hutan! Duh... Gw lapor Mas Andre, ’Mas, kebelet!’
Dia bingung, celingak-celinguk. ’Ning kali isa ra kowe?’
Secara bokernya udah di ujung jalan kaya cintanya Agnes Monica, tanpa pikir panjang gw bilang ’Asal medane memungkinkan, ra popo!’

Kebetulan, pas ada jembatan. Dia tepiin mobil, gw samber Biore Men's Scrub yang harus turun pangkat jadi sabun pasca cebok, dan turun dari mobil. Sempet bingung cari-cari jalan buat turun ke sungai, sampe akhirnya temuin batu yang kira-kira bisa buat pijakan. Namanya juga kali, banyak blethok. Kotor deh sepatu cantik gw. Tapi gak papa, demi terpuasnya hasrat.
Setelah memapankan pantat pada posisi wuenak, bokerlah gw. Bokernya baik ama gw, dia rela keluar dengan cepat dan mudah, biar gw gak kelamaan di situ. Saking cepetnya, gw gak sempet perhatiin wujud dan rupanya, dia udah hanyut aja. Ya wis, buru-buru cebok, cuci tangan, manjat batu lagi. Pengalaman ini juga sebagai bantahan untuk dokter PTT sangat terpencil yang bilang gw gak bakal tahan hidup tanpa peradaban. Well, setidaknya gw udah pernah boker di bawah jembatan.

Di atas, gw disambut oleh Mas Andre, pak sopir dan temennya yang cengengesan. Mungkin kaget juga mereka gw bisa boker di kali. Ya sudah, perjalanan lanjut lagi. Sejaman kemudian, kami nyampe di ’kota’ Labuan Bajo.

Judulnya aja Labuan Bajo, pasti banyak kapal. Labuan artinya pelabuhan ato dermaga. Bajo merujuk pada satu suku di Bugis, yang kerjaan utamanya pelaut. Gw sempet liat pelabuhannya dari atas, dengan kesibukan orang-orang pada suatu Sabtu pagi di ujung Flores.



Secara masih jam 7 dan pesawat kami jam 11, kami cari makan dulu. Buat cari amannya, kami pilih Hotel Gardena, secara Mas Andre pernah nginep di sana. Ada untungnya Mas Andre suka SKSD, dia kenal ama mbak-mbak hotelnya. Punya nomer telponnya pula. Halah, SKSD po apa ki Mas.... Dia telpon si Edel, yang akhinya samperin kami dan bolehin kami numpang mandi di kamar mandi umum. O-i-a, ada gosip! Dua bulan lalu, Nicholas Saputra ama Mariana Renata nginep berdua di hotel ini. Hayo, ngapain aja tuu...

Makan pagi pun kami nikmati dengan seru, dikelilingi bule-bule yang lagi siap-siap ke Pulau Rinca. Cumi goreng tepung, cah kangkung dan nasi putih. Rasanya? Tidak sedahsyat di Bajawa. Mungkin disesuaikan ama lidah bule, jadi gak terlalu berbumbu. Dasar laper, abis juga akhirnya.

Abis makan, temen mas Andre samperin kami ama suaminya, mo anter ambil tiket pesawat. Mengingat adanya sejarah kelam di masa lalu, suasana sempat kikuk [hehe, sori Mas]. Ngobrol sana-ngobrol sini, kami dianter ke kantornya Indonesian Air Transport. ’Singkatannya IAT Mas, jangan dibalik’, Mas-masnya ingetin kami. Lucu, Mas.

Secara masih pagi, mereka tawarin kami keliling-keliling dulu buat ambil foto. Boleh juga. Kami ikutin motor mereka naik ke bukit kecil. Biar becek, untung mobilya bisa naik. Sampelah kami di satu bungalow, yang ada tulisannya ’private residence, no trespasser allowed’. Tapi si Mas dan si Mbak cuek aja, ya udah kami ikutin.

Ajib! Dosa memasuki daerah pribadi terbayar dengan pemandangan yang asik gila. Ini rumah ada beberapa tempat nongkrongnya, ama entah-kolam-entah apa, yang malah mirip tampungan air hujan.





Dari ujung halaman gw bisa ngeliat pulau-pulau kecil di sekitar Flores. Yang gw inget bener Pulau Monyet ato Kera gitu, yang kalo dipaksa-paksain mirip cewe lagi tiduran. Yumm...



Setelah sesi foto-foto, kami diajak minum di Paradise Resto, yang rajin ditongkrongin bule. Untung restonya udah buka. Ada beberapa gubug dengan kursi di bawah restorannya, supaya bisa dapet sudut lebih deket ke pantai.



Aura rastafarian kerasa kental di sini, dengan banyak aksesoris merah kuning ijo, pelayan-pelayan berambut gimbal. Adajuga bar lengkap dengan bartender berambut seperti WWE'S Carlito, yang lebih mirip orang kepulauan Karibia daripada Flores.



Kami pesen Coke sejumlah orangnya, plus dua botol gede Bir Bintang. Campuran yang cerdas! Dengan busa yang melimpah dan seksi, rasanya lumayan nakal. Pas diminum rame-rame, siang ato malem. Sayang, bikin haus. Ini nih, the tempting drink, along with Mas Andre's little secret.



Puas tengokin pemandangan dan poto-poto, kami dianter ke airport, yang gak nyampe 15 menit dari Paradise. Bandara Komodo lebih valid dari Bandara Maumere. Maksudnya, lebih pantes disebut bandara. Ujan lumayan deres pas kami nyampe. Ketir-ketir juga, kalo-kalo penerbangan kami bakal ditunda, secara runwaynya licin kaya gini:



Untungnya sebentar kemudian ujan berenti. Gara-gara bir + Coke, dan cuaca pantai, gw jadi aus. Terpaksa keluar boarding room, nyari minum. Cuma dapet spring water botolan lokal, gw lupa mereknya, yang penting basahin kerongkongan. Abis minum, pengen pipis.... Untung di bandara yang ini ada airnya. Kelar pipis, gw siramin sebagian besar air di ember ke kloset. Ternyata, kerannya mati juga. Halah... Gw keluar dari toilet dengan memandang iba pada orang-orang yang mungkin nantinya harus keluar toilet tanpa nyiram ato cebok. Gw duduk, dan merenungi apa yang telah dilakukan Flores pada sepatu cantik saya:



Jam 12 lewat, kami boarding. Pesawatnya kecil, kursinya 2 di kiri, 2 di kanan. Tapi dingin banget... Gw dapet window seat, yang membuat gw bersyukur sekaligus merutuki nasib. Pemandangan pulau-pulaunya luar biasa ajib dari atas. Tapi jangan lupa, gw masih rabun. Jadi gw cuma bisa ikut penumpang-penumpang lain berdecak kagum, meskipun sebenernya gak liat jelas hehe. Airnya bersih banget, warna cyan, dengan pasir putih mengelilingi masing-masing pulau. Keliatan beberapa bangunan di pulau-pulau, yang mungkin penginepan. Keliatan juga beberapa komodo asik berebut makan dan kawin [ngarang].

Turun di Denpasar, pemandangannya seru juga. Kombinasi unik alam dan peradaban, seru banget diliat dari atas. Kami turun, dan dijemput shuttle bus ke ruang klaim bagasi.
Abis ambil bagasi, kami sepakat berpisah. Gw mo balas dendam di Joger, sementara Mas Andre merelakan diri ngendon di KFC bandara sambil tungguin koper. Jasamu tiada tara, Mas. Ra tau kentara, maksude.

Dengan 30 ribu, gw naik taksi seorang diri ke warung lawar yang kemarin. Makan menu yang sama persis, dan numpang cuci muka dan boker [hehe] sebelum jalan ke Joger. Beberapa meter dari Joger, gw nyangkut di toko oleh-oleh yang kayaknya harganya sedikit lebih miring dari Joger. Mampirlah gw, beli oleh-oleh buat bokap, Penguin dan temen-temen. Baru ke Joger yang masih memutar Christmas Carols versi gamelan. Beli kaos buat adek, hiasan buat nyokap, dan oleh-oleh kecil buat temen-temen. Buat gw? Udah ah, ngirit. Palingan kaos adek gw pake-pake juga hehe. Mo beli hooded-jacket biru tua polos yang gw incer hari Minggu kemarin, tapi abis, tinggal yang pake bling-bling. Ogah. Kali ini secara beruntung gw dapet kasir yang sepi, gak pake ngantri.

Keluar dari Joger, coba beli Frestea botol PET di toko oleh-oleh tapi ditolak ama yang jaga toko karena 50 ribuan gw kegedean, ga ada kembalian. Halah. Terpaksa kembali ke selera asal, Dunkin Donut dan Paket Nik-Nak 1-nya. Trus cegat taksi di lampu merah, langsung ke bandara. Tanpa tawar-menawar sengit, gw berhasil naik dengan 25 ribu. Sempet ngobrol-ngobrol ama pak taksinya, dan dia menjadi entah orang keberapa yang mengira gw dari Jakarta. Pak, Anda tertipu mentah-mentah.

Di bandara, samperin Mas Andre yang pantatnya nempel di kursi merah KFC. Betah amat... Ya udah, tungguin Mantan Bos Cewek [MBC] yang bawain kami tiket sambil baca Kompas Sabtu, dan melampiaskan narsisme.



Hati kebat-kebit saat sekretaris kantor bilang kalo Bos yang kebetulan ke Kupang, balik ke Jogja hari ini lewat Bali. Jam yang sama, airline yang sama, pesawat yang sama. Damn. Setelah sekian pertengkaran ala sinetron, I'm sooo not in the mood to even see his face. Gw langsung ajak Mas Andre dan MBC check-in, keburu Bos nyampe dari Kupang dan check-in bareng, dan akhirnya duduk bareng. Gw langsung seret koper ke tempat check in, tinggalin mereka berdua yang jalan pelan-pelan. Maklum, udah pada uzur hehe.

Nyampe di tempat check in. Halah, tiketnya ama Mas Andre. Gw musti tunggu mereka berdua. Begitu gw noleh ke belakang, mereka yang tadinya berdua sudah jadi bertiga, ditambah Kau-Tahu-Siapa! Gw langsung kirim sms Mas Andre yang isinya satu kata: ’Asem’. Padahal bolak-balik berdoa 'deliver us from evil'.

Dua keajaiban terjadi. Pertama, moke yang gw taruh di shoulder bag lolos sensor. Dua kali, lagi! Padahal di sensor X-Ray dengan jelas keliatan 3 benda bentuk botol di tas gw: 2 botol moke dan 1 botol air lensa. Kedua, meskipun check in bareng, kursi kami bertiga gak sederet ama Kau-Tahu-Siapa. Haha. Biar demikian, di boarding room he dominated the conversation with MBC, menggagalkan rencana curhat abis-abisan kami ke MBC.

Naik pesawat, udah gak pake tidur lagi. Nikmatin pesawat dong, Garuda ini. Semua berjalan damai, sampai akhirnya Kau-Tahu-Siapa minta MBC pindah ke kursi di sebelah dia. MBC sempet cubit paha gw waktu pindah kursi, yang gw bales dengan ketawa licik seperti karakter manga merencanakan sesuatu yang jahat.

Akhirnya, nyampe Jogja! Mereka semua meninggalkan gw yang harus nungguin Penguin jemput gw. Akhirnya Penguin dateng juga. Kami ke Kandang Penguin, dan sayangnya ada Teman Penguin yang Berpipi Bakpao. Pulang aja sana, ngganggu! Hehe. Dia pulang, malah Kakak dan Calon Kakak Ipar Penguin yang dateng. Hasyah. Kami pun cabut ke rumah Tangta, setelah akhirnya gw pake soplens yang dibeliin Penguin dan tidak rabun lagi. Hallelujah.

Di rumah Tangta ngegosip sambil makan pancake coklat keju, trus balikin Penguin ke Kandang. Gw masih harus jemput Upik Babu gw yang menjual jasanya di Groovy Net Colombo, sebelum akhirnya beneran pulang ke rumah. Phew. Home, at last.

Akhirnya perjalanan PANJANG [panjang, dengan huruf kapital!], dan serangkaian peristiwa buruk berakhir juga. Tapi di balik semua ini banyak pencerahan yang gw dapet. The series of unfortunate events, I believe, happened because there’s something wrong with me. Or my life. Mungkin gw perlu rencanakan serangkaian program ruwatan. Bisa dimulai dengan mandi susu mungkin? Kedua, berada di antah-berantah tanpa laptop dan film-film di dalamnya, bikin gw terjebak dengan satu buku lawas untuk dibaca. Paling tidak kasih gw sesuatu, meskipun belum gw sentuh lagi sepulang dari NTT sampe sekarang hehe. Ketiga, gw harus segera beli kacamata buat serepan lensa kontak. HARUS. Keempat, jangan lupa masukkan benda-benda penting di cabin bag: chargers, air lensa, dan dokumen-dokumen. Oh ya, beberapa celana dalam di cabin bag mungkin akan sangat membantu. Just in case.

No comments: