Tuesday, January 08, 2008

Diampuni dengan darah gw

Besok paginya, gw bangun dan kaget mendapati kassa yang menutup luka gw udah penuh dirembesin darah. Oh. Tidak. Sepertinya seseorang harus dijahit untuk pertama kali dalam hidupnya.

Hari mulai siang. Satu-satu temen gw mulai pulang, meninggalkan gw dan Penguin yang terkurung seharian karena gak ada kendaraan buat kemana-mana. Dan dompet kami berdua hampir kosong. Ya udah, tidur-tiduran aja sampai bala bantuan datang dan bisa anter gw ke Rumah Sakit ato Puskesmas. Gw telponin Puskesmas dan RS terdekat, kira-kira bisa ga tanganin gw. Apalagi ini hari libur. Untungnya, Rumah Sakit Bersalin Sakina Idaman menyatakan siap terima gw. Oke, siapin tempat ya Bu, artise meh teka.

Akhirnya, Kakak Penguin dan Calon Kakak Ipar Penguin dateng hampir jam 11 siang. Calon Kakak Ipar Penguin anter gw ke ATM, trus ke Sakina Idaman. RSnya lumayan sepi, secara mungkin ibu-ibu lebih milih seneng-seneng taun baruan daripada ngeden-ngeden melahirkan. Gw musti tunggu di Ruang Periksa sampe dokternya dateng. Ya, gw tiduran di tempat tidur Ob-Gyn, lengkap dengan penyangga tungkai kalo mo posisi litotomi. Tapi gw terlalu capek untuk iseng coba-coba naikin kaki hehe.

Akhirnya si dokter, yang tenyata nyokap adik kelas gw, dateng. Dan setelah sekian kali berperan sebagai penjahit, untuk pertama kali gw harus berada di posisi yang lain. Kulit betis gw bakal dijahit.

Segalanya dilakukan sangat prosedural, mungkin karena gw udah bilang duluan kalo gw dokter. Mereka bersihin luka gw pake Rivanol, Betadine, trus tutup pake duk steril. Baru deh, mereka suntikin lidokain buat anesetesi lokal. Asem, lara! Tapi gak papa, daripada gw dijahit tanpa dibius, niat golek celaka. Gak lama kemudian, kulit mulai kebas. Tungkai kiri gw yang mulus tapi berbulu itu jadi serasa setebal kulit gajah. Dan si dokter mulai main jahit-jahitan di kaki gw.

Gw ga bisa ngeliat jelas apa yang terjadi, wong ketutupan dokter dan perawatnya. Tidak ada juga kameramen yang berdiri mengabadikan peristiwa langka ini. Tau-tau aja udah ada dua jahitan di tungkai gw, dan luka siap ditutup. Setelah mengaplikasikan salep antibiotik, luka mulai ditutup berturut-turut dengan Sufra Tulle, kassa plus Betadine, kassa kering dan Hypafix. Cantix.

Ada untungnya jadi dokter. Dengan sedkit basa-basi sambil bilang ke si dokter kalo anaknya adalah adik kelas gw dari SMU, dia gak bebanin biaya jasa dokter ke gw. Cuma biaya sarana dan prasarana. Lumayan, hemat 30 ribu. Akhirnya, dengan 45 ribu gw bisa pulang dengan luka yang sudah tertutup, tanpa ceceran darah lagi.

Nyampe rumah, gak lama kemudian Kakak dan Calon Kakak Ipar Penguin pulang. Meninggalkan kami berdua yang belum makan. Ya wis, bikin mi instan seadanya pake telor dan sosis [berarti gak seadanya, ya?]. Tidur siang, sampai akhirnya rekan-rekan dari Klinik Siloam tengokin gw. Lumayan,jadi ngerasa penting, ditengokin banyak orang. Sayang, pada gak bawa oleh-oleh. Hehe.

Tambah sore, rumah dipenuhi orang-orang yang menyayangi dan perhatikan gw [uhuy]. Ada sepupu gw ama suami dan anaknya. Bajuri dan Lusi. Upik Babu dan Om Anton. Tangta. Dan bonyok gw yang dateng buat bantuin anaknya bernegosiasi. Tepatnya, mewakili anaknya bernegosiasi, secara gw udah eneg. Toh kesepakatan tidak akan berubah, karena mereka terlanjur memegang kata-kata gw semalem. Stupid me. Mestinya mereka mabuk semabuk-mabuknya biar lupa kata-kata gw semalem. Hehe. Akhirnya disepakati bahwa perbaikan motor akan dimulai besok pagi jam 8. Gw bersorak, karena gw jadi punya alasan buat dateng telat ke kantor hehe.

Besoknya, dasar pengangguran, mereka baru ke tempat gw jam 9 dan membuat bokap mencak-mencak. ’Emangnya kerjaanku cuma urusin ini’. Setelah mereka dateng, dimulailah berbagai macam proses kompleks yang gw gak ngerti. Pertama, motor mereka dibawa pake mobil bak ke bengkel press body. Bapak-bapak bengkel beraksi layaknya dokter spesialis, mencari tau apa saja yang salah dan harus diobati. Yang jelas, velg-ruji-ban dalam roda depan Karisma mereka harus diganti. That costs 80.000. Biaya pasang velg dan lurusin stang, 150 ribu. Ganti kom setir [apapun itu], 150 ribu. Bah. Di bengkel ini gw udah harus bayar 380 ribu. Bisa dapet dua pasang Van’s Slip On plus dua kaos polo di Green Outlet. Selesai? Belum!! Lepas dari situ, motor diangkut ke bengkel deket rumah gw buat perawatan selanjutnya.

Di bengkel kedua, tempat Shogun gw dirawat juga, gw masih harus bayar lagi. 35 ribu buat kap lampu yang pecah terburai-burai. Biaya pasang kap lampu plus solder tedeng yang ancur lebur ajur, 33 ribu. Gw masih heran aja ama yang belakangan ini. Gw yakin banget itu tedeng pecah entah jadi berapa bagian, dan seperti disulap dengan Harry Potter’s wand, udah nempel aja jadi satu. Diliat, diraba dan diterawang dari deket baru keliatan kalo tempelan. Ajaib, ni. Total biaya di bengkel kedua ini, 68 ribu. Sementara, biaya beresin motor gw cuma 63 ribu, plus 78 ribu buat ganti blok mesin.

Pas bayar motor dia sekalian ngambil motor gw, Pak Bengkelnya bilang,’Ini tadi yang punya Karisma ke sini, tapi pergi lagi. Coba cari di rumahnya aja, di situ’. Ya wis, gw coba ke rumahnya. Pencet bel dan nunggu lumayan lama sampe akhirnya dibukain ama ibu-ibu tua dengan kepala berbalut handuk abis keramas, yang I thought to be his mother. Karena si bocah gak ada, gw malah diinterogasi si Nyokap, yang ujung-ujungnya malah jadi sesi curhat a worried mother. Katanya dua hari ini anaknya pulang cuma tidur bentar dan minta duit. Dia ungkapin semua, gimana anaknya yang tadinya baik-baik jadi gak beres gara-gara pergaulan. Kuliahnya di MSD berantakan, kerjaannya maen gak jelas, dan cuma minta duit ibunya mulu. Sekedar info, [alm.] bokapnya adalah dokter senior, DTMH, dan pernah jadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang selama 8 tahun. Duh. What a wasted life. Semua karena lingkungan yang salah. Nih, gw kasi tau. Lu gaul ama tukang parfum refill, lu jadi wangi, man. Lu gaul ama tukang jual ikan asin, lu bau ikan asin. Lu gaul ama gw, lu ketularan jadi artis.

Percakapan ditutup dengan ucapan terima kasih dan minta maaf nyokapnya, plus tawaran buku-buku kedokteran. In case gw perlu. Gak deh bu, lain kali aja. Thanks anyway.Gw pulang, dan mandi. Abis mandi, pintu rumah gw diketok. Ternyata, yang punya motor dan satu temennya. Heran aja gw, si anak yang nabrak motor malah gak ikut. Mereka duduk di ruang tamu gw ga nyampe dua menit. Intinya, cuma bilang kalo urusan udah selesai, minta maaf dan terima kasih. Udah, dan mereka buru-buru pulang. Mungkin takut kalo gw berubah pikiran dan minta mereka ganti rugi lagi. Tapi enggak kok, udah gw pasrah aja. Gw lepas kepergian mereka dengan hati dan senyum tulus. Jarang-jarang lho Mas, dapet senyum bintang iklan Close Up.

Ah sudahlah. Biar berakhir semua ini.Mari kita recap sama-sama, what the whole incident cost me.
1. Rencana mengakhiri tahun dengan indah, gagal.
2. Dipukulin tanpa sebab yang jelas. Biar pake helm, besoknya nyut-nyutan juga.
3. Dua jahitan di tungkai bawah kiri, 45 ribu rupiah. Plus, lecet-lecet di lengan dan punggung. Gara-gara pake perban, gw harus angkat kaki dan tangan selama mandi. Seolah Panji Pragiwaksono ada didepan gw, dan gw adalah peserta Hole in the Wall.
4. Biaya ongkos bagusin motor dia di dua bengkel, 383 + 68 ribu = 451 ribu. Catat, biaya perbaikan motor gw cuma sepertiganya.
5. Van’s Slip On putih cantik gw, yang ga bangga-banggain karena susah dapetnya, jadi merah putih bersimbah darah, kaya kostum kanaval 17an. Robek dan lecet lagi. Untunglah, setelah langsung dicuci dan sedikit sentuhan Pak Tukang Sepatu Depan Mirota, bisa dipake lagi meskipun gak sempurna. Tapi gw gak bakal beli lagi. Pertama, masih bisa dipake. Kedua, bisa digorok Penguin dan Nyokap. Ketiga, biar gw inget ’nothing lasts forever’. Huhu.. Why do all good things come to an end?
6. Dan, yang paling berat buat gw bayar: pengampunan. Gw jadi tau kenapa Rudi Sudjarwo dan Monty Tiwa begitu mengagung-agungkan kata ini di 9 Naga. Demi darah merah gw yang tercurah di atas sepatu putih, dosa mereka diampuni. Hehe, memangnya gw Juru Selamat. Tapi bener, tidak mudah untuk tetep tersenyum setelah semua ini.

It was not a sort of good way of starting a new year. But it was the way 2008 started, and we all don’t know what’s ahead. One thing I know, whatever may come I dont give a damn, but I’ll try to be a good boy. At least I want to try to be one. Yang penting niatnya dulu lah, hehe.

2 comments:

Paulus said...

selain niat, kudu di imani : apapun kondisinya, there'll be Jesus with you. hehe :p

Anonymous said...

wah kok kayanya kl smnkn tua mslh hidup otomatis jd smkn kmpleks y ..
good luck d Abang!!
Hati-hati di jalan ...

inke