Friday, January 04, 2008

Hari 'terakhir' di Bajawa: penderitaan belum berakhir

Yes! Ini bakal jadi hari terakhir di Bajawa. Kami bakal berangkat jam 1 dari Ende ke Denpasar, trus jam 4 dari Denpasar ke Jogja. Penguin akan segera bersatu dengan pawangnya! Pagi-pagi, koper udah siap, dandanan udah oke, secara udah bisa ganti baju. Kami berangkat ke Dinkes jam 7 buat selesain surat-surat yang katanya tinggal dikiiiit lagi. Ya iya lah, dikit. Gila aja Mas Andre sampe balik jam 5 kalo ternyata urusannya masih banyak ini hari.


Memang sih, mereka ngarepin kami [baca: tepatnya Mas Andre] tinggal sehari lagi buat bantuin urus macem-macem ama Pemda. Gw mah udah ga ada urusan lagi. Mo balik, balik deh. Secara tiket udah di tangan, dan kami tinggal pergi ke Ende, Mas Andre siapin rencana buat ngeles bahwa tiket Ende-Denpasar untuk besok dan besoknya udah abis, jadi mau gak mau kami balik hari ini. Sounded smart, meskipun tep wae ngapusi [I dont’ believe in such thing called white lies]. Rencananya, dia mo selesein semua sebelum jam 9 karena perjalanan Bajawa-Ende makan waktu paling enggak 2,5 jam. Biar ga telat check in.

What happened then was effing enough untuk membuat kepanjangan akronim WTF keluar dari mulut. Kami. Tidak Boleh. Pulang. Tepatnya, Mas Andre terpaksa ditahan buat temenin mereka ngadep ke Pemda. Padahal sebenernya kami udah di dalem mobil ke arah Ende. It pissed me off. Really. Betapa pun mereka minta maaf, gw ga bisa boong. Tampang jutek gw menyatakan bahwa mereka bikin gw bete. Kalo gw naga, udah hangus seluruh Bajawa. Untung shio gw babi [lho?].

Sebete-betenya gw, tetep aja rencana mereka ga bisa diubah. Gw tetep harus tinggal sehari lagi. Semua tiket hangus, meskipun bukan gw juga sebenernya yang bayar. Secara bete, gw minta dipulangin ke hotel sebelum Mas Andre ke Pemda. Sebelum ke hotel mampir makan dulu. Rasanya pengen ngabisin seluruh stok dagangan Warung Makan Emanuel. Ayam goreng, cap cai, dan sate b2 masuk ke perut kami berdua, juga perut sopir yang mukanya juga udah ikutan ngenes kaya kami.

Nyampe di hotel, listrik mati. Gak ada alternatif lain, tidur!!! Sementara gw asyik molor, Mas Andre juga berasyik-masyuk di Pemda. Asyik dibantai maksudnya. Gw lagi meregang badan di tempat tidur dan tiba-tiba Mas Andre masuk membawa kabar yang lebih buruk, jauh lebih buruk. Kalo rencana tinggal sehari lagi di Bajawa adalah Gempa Jogja 27 Mei 2006, kabar yang ini seburuk Ledakan Krakatau 1883. Gw harus extend 3 hari. Atau empat.

Kemarahan membuncah, gw telpon sekretaris kantor, minta Bos telpon gw. And then the drama started. Gw marah-marah gak jelas sampai akhirnya telepon ditutup karena kalimat terakhir Bos, ’Kamu kerja jangan nglokro lho Shak. Oke?’, tidak gw jawab. Mutung. Tanpa kasarung.

Makan waktu beberapa jam sampai akhirnya gw bisa terima cawan yang terlalu berat ini. Udah lah, pasrah. Sorenya ke Dinkes lagi buat koordinasi pengambilan data. Malemnya, makan enak lagi buat ngelepas stress. Sori kalo kami pulang ke Jogja dengan pipi kaya Bedu, tapi gak ada alternatif pelepas stress lain. Cap cay, ayam bumbu Bali, cumi asam manis, dan vanilla latte masuk ke perut. Untung masakannya enak. Enak banget, malah. Lumayan, buat adem-adem kepala. Tapi makan malam yang luar biasa hanya bisa diakhiri dengan minuman biasa, secara gw masih harus lembur gabungin data.

Hari yang gila diakhiri dengan kerja ampe hampir jam 2. Ah sudahlah. Let’s see what tomorrow has in store.

1 comment:

santong said...

boleh nanya ?? saya butuh info terntang kegiatan yang unik (terutama anak2) di Bajawa. boleh juga budayanya yang aneh2, ato mungkin ada tangkap2 binatang untuk dijadikan obat atao etc lah. pokoknya yang unik. Saya butuh buat bahan liputan nih. minggu 7 september nanti saya brangkat ke Ende dulu.
hubungi saya di 08156669410

tx. Santi