Friday, April 27, 2007

Day 1: Singapore is not that perfect

Pagi-pagi buta dibangunkan oleh wake-up call dan alarm henpon. Sebenernya gak buta-buta amat, secara udah jam 6, tapi langit masih segelap jam 5 di Jogja. Gw jadi heran, kenapa waktu Singapore musti lebih maju sejam dari WIB? Kayaknya gak ngaruh. Oke, mandi dan jam 7 turun buat sarapan. Nyampe di coffee house, ealah pelayannya orang Jawa juga. Gw sebenernya di luar negeri gak seeehhh???

I’m still wondering that Royal Hotel gak ada di peta pusat kota, yang artinya hotel gw termasuk ndesa. Padahal 5 menit pake bus nyampe Orchard, 2 menit jalan kaki nyampe Novena Square. Baru gw tau kalo yang namanya mall atau shopping center ada di mana-mana, lha wong kantor Singapore International Foundation [lembaga baik hati yang mensponsori seluruh acara, tiket PP dan akomodasi kami], ada di Junction 8 Shopping Mall lante 9.



Gw di kantor SIF ampe sore. Diskusi ini, diskusi itu, sampe simulasi kuliah Family Medicine. Sempet presentasi pula dan bikin peserta lain bengong ‘Iki bocah ingusan saka ngendi? Kok ya pe-de...’. Cuek aja. Yang penting ganteng dan presentasi lancar.



Acara di kantor SIF nyampe jam 6 sore. Selesai? Belum! Kami musti balik ke hotel buat siap-siap ke welcome dinner. Untung aja dinnernya di Novena Square, di restoran Thailand-Chinese Magic Wok.
Dosen Unpad: jangan-jangan ntar abis makan kita jadi Magican.
Gw: Yah, asal jangan jadi Wok aja.

The food was awesome! Menu dibuka dengan fried platter berisi crab rolls, baby squids, pickled mango or such, dan sebagainya, juga tom yam kung terenak yang pernah gw makan. Selanjutnya? Nasi, ca kang kung, ikan, ayam pandan datang silih berganti. Dessertnya: puding mangga, yang sayangnya terasa artifisial. Tapi secara keseluruhan enak banget. Harganya juga masuk akal. Softdrinks cuma 2 dolar. Jus 2,5 dolar. Sama lah ama Amplaz. Oke, tujuan berikutnya: jalan-jalan, meskipun udah jam 9 lewat. Untung lantai paling bawah Novena Square adalah stasiun Mass Rapid Transport. Untuk pertama kalinya naik angkutan bawah tanah yang sesuai namanya, rapid dan untuk massa.

Kami ke Mustafa Center, pusat belanja di Little India yang buka 24 jam. Semua ada di sana, dari baju, parfum, sayuran, barang elektronik, sampe perhiasan. Ada 5 lantai untuk dijelajahi. Kepala ampe melayang, secara seharian belum istirahat. Untung sempet minum kopi lagi. Di resto India gw beli es kopimiks dibungkus [wakakaka]. Harganya? Hampir 4 kali es kopimiks di warung burjo Jogja. Acara belanja-belanji diakhiri jam 12, secara besoknya harus udah siap berangkat ke NUS jam 8. Pulang naik taksi, dan sopirnya keukeuh mencharge kami 15 dolar sampe hotel. ’Midnight charge, Sir!’ Secara belum pernah naek taksi dan gak tau patokan harganya, kami okein aja, toh bertiga ini. Udah hampir tepar pula.

Nyampe hotel gw nanya ke temen sekamar, ‘Lu tadi naik taksi bayar berapa?.
‘Gak nyampe 6 dolar.’
‘Kuncrit! Gw tadi kena 15 dolar, midnight charge dia bilang. Gak mau pake argo lagi’
‘Orang apa tu sopir?’
‘Chinese.’
‘Lhah, supir gw Chinese juga….’
‘Wuuu. Ya wis…’

Verdict: Singapura tidak sesempurna yang gw kira.

No comments: