Saturday, April 07, 2007

Yang Lebih Muda, Yang Gak Dipercaya

Pertama ngeliat iklan A-Mild seri Tanya Kenapa yang ini, gw agak skeptis. Masa iya segitunya? Hari gini gitu loh. Gw gak percaya, sampe akhirnya gw alamin sendiri.

’Ishak, tanggal 2 April mulai bimbing K3M ya?’
Mampus. 2 April. Segitu cepatkah?
’Lho, katanya mau ada training DPF dulu, Pak?’, gw mencoba ngeles.
‘Trainingnya baru ada Juni. Ini sekarang perlu banyak DPF karena mau berangkatin kelompok yang integrasi ama PSIK dan Gizi. Tenang aja, ntar kalo ada apa-apa langsung tanya aja.’
‘....... Ya deh’
Dengan keputusan yang diambil kurang dari semenit tadi, terhitung mulai 2 April saya resmi jadi Dosen Pembimbing Fakultas. [plok plok plok plok!!!]

Kelompok yang harus gw bimbing ternyata kooperatif banget. Maksudnya, gw yakin mereka meragukan bahwa sosok berpakaian all-black + sleeveless putih yang ada di depan mereka adalah seorang dosen, tapi they tried hard not to show it. Mereka berusaha menerima [baca: pasrah terhadap takdir] bahwa DPF mereka bermuka Elijah Wood. Yang bikin tambah canggung lagi, ada satu mahasiswa PSIK angkatan 99, yang berarti mungkin 2 tahun lebih tua dari gw. Bleh.... Sudahlah mulai saja bimbingannya.

Overall bimbingan lancar-lancar aja, despite the fact bahwa gw baru terima modulnya sejam sebelumnya. Tapi masih ada tugas lain: nganter anak-anak ke lokasi K3M di Panggang, Gunungkidul. Weleh! Gw langsung bayangin bakalan dipanggang selama beberapa jam dalam perjalanan menuju Panggang. Secara Gunung Kidul kan panas banget. Daripada ketampanan dan aura artis gw luntur, mending persiapan ekstra!

Bangun pagi, mandi dan keramas dengan rangkaian produk Johnny Andrean. Keringin rambut, pake baju yang resmi. Sudah tampak seperti model, oke, siap berangkat!

Bujubuneng, KPTU kampus udah penuh banget. Ada 70an mahasiswa yang bakal diberangkatin. Ternyata kendaraan yang mendapat kehormatan mengangkut sang primadona adalah.... Sebuah ambulans. Bukan ambulans sembarang ambulans, ini ambulans baru sumbangan dari JICA. ACnya dem dem, ada kulkas pula di belakang. Gw duduk di samping pak supir yang namanya entah Mudi, Mudik atau Moody.

Sebelum ke Panggang, kami harus mampir di Puskesmas Prambanan ama Puskesmas Pathuk. Baru gw tau yang namanya Pathuk emang di puncak bukit. Jadi ngerti dari mana GCD FM, Radio yang Sebaiknya Anda Buang itu mendapatkan gaya siarannya.

Setelah berpuluh-puluh kilo, nyampe juga di Puskesmas Panggang 2. Rambut masih tertata rapi. Secara Kepala Puskesmasnya lagi gak ada, kami gak lama di Puskesmas. Langsung cabut ke rumah semang. Kami turunin barang, trus ngobrol ama induk semangnya. Rumahnya sejuk banget, banyak pohon jatinya. Jadi betah ngobrolnya. Secara udah siang, gw pamitan. Anak-anak gw tinggal dengan berjuta pesan.

Begitu gw nyampe jalan, MAMPUS! Ambulansnya gak ada! Gw jalan keliling-keliling, gak keliatan juga. Kutukupret, ilang beneran tu mobil! Gw balik ke rumah semang, minta dianterin ke Puskesmas. Kali aja ambulansnya nungguin di sana. Sampe sana, malah pegawai Puskesmas yang bingung, ’Lho, bukannya tadi ama Mas-nya ke rumah Pak Ngatimin?’ Sial. Gw beneran ditinggal. Dengan HP pinjeman, secara gw ga dapet sinyal, gw coba nelpon Koordinator Lapangan K3M. Bukannya dapetin solusi, gw didampratnya pula. Siyal 2 kali.

Berarti cuma ada satu solusi buat balik ke Jogja: naik angkot. Sekali lagi, gw pamitan ama anak-anak. Mereka malah kompakan, ’Pasti kamu dikira mahasiswa juga, Mas. Terus ditinggal pulang. Masih pantes soalnya.’ Asyem. Aku ingin segera pulang!!!!

Perjalanan pulang bukanlah sesuatu yang ringan. Kita sedang bicara tentang Panggang! 80 kilo dari Jogja! Gw musti naik angkot ke Terminal Panggang, baru naik bus ke Jogja. Sampe Terminal, gw coba kasih kabar lagi ke orang kantor. Kunyuk, belum dapet sinyal juga. Sinyal Kuat Indosat apaan? Musti cari wartel! Gw coba nanya ke tempat fotokopian, ’Mbak, wartel deket sini di mana ya?’ Mbaknya gak ngejawab, cuma nolehin kepala. Ealah, ternyata mbaknya punya wartel juga. Kelar nelpon, gw balik ke tempat bus. Celingak-celinguk kebingungan harus naik bus yang mana. Kayak-anak-hilang was the best to describe me. Akhirnya naik juga gw di salah satu bus.

Setelah total 2 jam di bus, berliter-liter keringat, sebungkus es teh, ongkos bus yang dimahalin [secara gw keliatan bukan orang Gunung Kidul] dan beberapa menit tidur, nyampe juga gw di Terminal Giwangan. Udah 2.30. Keringetan di mana-mana. Muka berminyak bagaikan martabak. Efek keramas tadi pagi sudah hilang sama sekali. Padahal gw harus jaga klinik sejam lagi. Gw gak kuat naik bus kota lagi. Musti cari angkutan lain. Taksi? Hmm, hari gw cuma bakal bertambah buruk dengan keluarin duit 40 ribu lagi. Ojek? Kedengeran masuk akal. Coba ke pos ojek, tawar-menawar. 15 ribu, deal!

Akhirnya gw nyampe juga di kampus. 1,5 jam lebih lambat dari seharusnya. Biarpun disambut orang kantor, gw udah terlalu capek buat bahas hal ini lagi. Mending pulang. Gw pengen dan perlu mandi.

Ternyata semua orang yang tau kesialan gw keluarin reaksi yang sama: ketawa. [Kunyuk]. Dan mereka semua sepakat: my 5-years-younger look was the one to blame, supirnya ngira gw mahasiswa juga. Gimana ya, emang dikasihnya muka kayak gini? Bos berusaha menghibur, ‘Harusnya kamu bangga, masih muda udah jadi DPF.’ Yea, whatever. Asal jangan kejadian lagi.

Okay. Pada akhirnya gw harus mengakui kalo agency iklan Ogilvy memang bener. Well, does anyone know how to temporarily look older?

3 comments:

Anonymous said...

Abang..kayanya di kehidupan yang lalu kita emang sodara kembar, secara ... hari Rabu aku mengalami kesiyalan gax penting yang mungkin serupa, tapi emang less parah.
jadi senang, ternyata ada orang yang nasibnya lebih siyal daripada saya, hehehehhehehehehehehhe

Anonymous said...

nebak yah..
Gambar diambil dengan menggunakan kamera laptop 1,3 megapixel,dinaikcetakkan dengan koneksi internet wi-fi Jogja Media Net Perpustakaan FK UGM,lokasi Perpustakan FK UGM.
Klo salah ya maap,,,namanya juga nebak kak..hehe..

shak said...

to Debo:
Tebakan pertama: benar.
Tebakan kedua: nyaris benar. Foto diambil di perpus dua bulan lalu, baru ditayangkan sekarang. dan sekarang saya berduka, si webcam tidak bekerja. Huhuhu....