Thursday, February 01, 2007

Lambe management: the progam works



Sepertinya program ini cukup berhasil. Gw terjebak dalam dua situasi yang nyaris membuat gw mencak-mencak, tapi berkat program ini mulut gw tetap terkendali.

Kejadian pertama took place di sebuah warung Chinese Food yang baru buka di Jalan Monjali.
The almost-famish me datang dan segera memesan,
Gw: ’Mbak! Capcay goreng bungkus, satu!’
Mbaknya: ‘Wah, capcaynya belum ada, Mas!’
Gw: [dalam ati: ‘lhah kenapa ditulis di menu…’] ‘Anu aja deh, mie ayam pangsitnya satu, makan sini aja’
Mbaknya: ‘Pangsitnya abis….’
Gw: [dalam ati: ‘niat jualan kagak lo?’] ‘Ya wis, mie ayam aja. Ama air es’
Mbaknya: ‘Bentar ya….’

Gw kira dia bakal siapin mie gw, eh dia malah ngeloyor keluar. Satu menit, gw masih tahan. Tiga menit, cacing di perut berubah jadi naga, kelojotan minta dikasih makan. Lima menit kemudian, sesaat sebelum mencapai Boiling Point si Mbak kembali dengan jerigen minyak di tangan. MAKSUDNYAAAA???? Jadi selama ini penantian gw tak bermanfaat.
Gw masih menahan marah saat menyaksikan mbaknya mencoba isiin minyak ke kompor tapi gak bisa-bisa, sampe dia manggil temennya buat bantuin. Cukup! Habis kesabaran gw!

Gw: ‘Mbak, masih lama?’
Mbaknya: ‘Gak kok Mas, bentar lagi.’
Gw: [dalam ati: ‘bentar lagi dari Botswana?’] ‘Gak jadi deh Mbak, makasih.’
Gw ngeloyor pergi meninggalkan si Mbak dan si Mas yang merasa sia-sia membeli minyak. Salah siapa gak niat jualan.

Peristiwa kedua terjadi di Hotel Mandalawangi Tasikmalaya. Secara udah jam 8 dan sarapan belum juga dianter, kami [gw dan bos] berinisiatif nyari makan ke ruang buffet. Sampe sana bos gw bilang, ‘Kamar 128!’, dan kami mulai ngambil nasi yang tak teridentifikasi [nasi goreng bukan, nasi kuning bukan, nasi uduk bukan, tapi pake topping abon dan irisan telur dadar].
Tiba-tiba datanglah mas-mas pelayan, ‘Maaf Pak, Bapak dari Pelatihan P2KP?’
Bos gw: ‘Bukan. Saya dari Jogja, tamu Dinas Kesehatan Tasikmalaya.’
Mas Pelayan: ‘Maaf Pak, ini sarapan untuk yang P2KP. Untuk suite room biasanya kami anter ke kamar’
Bos: ‘Oh, oke. Ya udah ini kami balikin aja. Kami tunggu di kamar’

Bos balikin nasi yang udah di piring ke tempat sajinya [aneh…], dan gw cuma bisa ikut-ikutan [bodoh…]. Tiba-tiba Mas Pelayan tergopoh-gopoh dari dapur dan bilang, ‘Maaf Pak, ternyata bisa makan di sini aja.’

Bos: ‘Lho, gakpapa. Kami tunggu di kamar. Ntar kasihan kalo kami abisin jatah temen-temen yang P2KP’
Mas Pelayan: ‘Maaf Pak, kebetulan staf kami lagi sibuk semua, jadi silahkan di sini aja.’
Bos: ‘Kalo dianter ke kamar makanannya sama?’
Mas Pelayan: ‘Iya..’
Bos: ‘Oh ya udah. Ayo Shak, ambil lagi yang tadi.’

Kami ambil piring yang tadi, juga nasi tepat di tempat kami kembalikan tadi. Hebat ya kami….
Abis makan, seperti biasa kebutuhan akan kafein memacu gw buat berburu kopi. Celingak-celinguk di meja buffet, cuma ada teh yang puanas. Iseng-iseng gw ke snack shop deket front desk. Eh, ada Capucini ABC! Gw panggil masnya.

Gw: ‘Mas, di sana emang cuma ada teh? Kopi ada gak?’
Mas Pelayan: ‘Maaf Pak, kebetulan gak ada.’
Gw: ‘Oke. Saya beli ini aja. [menunjuk Capucini Coffee Cream] Berapa, Mas?’
Mas Pelayan: ‘4500’
Gw: [dalam ati: ‘Kunyuk. Di Circle K aja segitu udah dapet Nescafe kaleng’] Oke. Saya bisa minta es batu, Mas?’
Mas Pelayan: ‘Maaf Pak, kebetulan kami gak ada es di dapur. Es batu adanya di kamar VIP dan Suite, tapi lagi dipake semua. Bapak di Suite kan? Ada kulkas kan, Pak?’
Gw: [dalam ati: ‘Sori deh, Mas. FYI, es batu di kulkas gw udah beneran jadi batu saking lamanya. Trus di kamar cuma ada sebotol Aqua 600 ml. Masa gw tega abisin buat bikin kopi? Si Bos mau minum apa?’] ‘Ada sih ada. Tapi gak ada airnya, gimana saya mau bikin, Mas. Ya udah, beli itu aja’

Sarapan diakhiri dengan menyesap Capucini sambil nonton Ngelenong Nyok dan merenungkan bahwa mungkin orang Tasik biasa melanjutkan permintaan maaf dengan kata ‘kebetulan’.

Well, dua peristiwa sudah cukup membuktikan bahwa program Lambe Management cukup berhasil dan gw gak perlu mencak-mencak di depan orang-orang malang. Ngomong-ngomong program Driji Management terus berlanjut, tambah lagi Program Ati Management. Untuk yang belakangan gw minta bantuan siapa ya? Aa Gym? Uje? Hmm…

No comments: