Wednesday, January 24, 2007

kunang-kunang pun cinta film indonesia


Waktu Mia the Penguin nanya, ‘Kenapa sih Mas, pengen nonton Pesan dari Surga?’, gw kebingungan ngejawab. Yang ada di pikiran gw cuma film ini bisa jadi cara buat dia balikin utangnya waktu gw bayarin nomat Realita Cinta n Rock n Roll dan belum dibayarnya sampe sekarang. [Hello…. Realita Cinta Rock n Roll itu taun berapa, Mia?]

Kalo aja Mataram Theatre punya website, gw gak bakal ketipu mentah-mentah. Gw liat di Kedaulatan Rakyat, Pesan dari Surga Premiere 18 Januari 2007: 15.45, 18.00, 20.15, 22.30. Gw nyampe di sana 17.45 hanya untuk mendapati tulisan ‘Hari Ini Main 15.00, 17.00, 19.00, 21.00’ di parkiran. Weleh, terpaksa nyari makan dulu. Ayam Goreng Berlumur jadi pilihan [kirain berlumur Lumpur Lapindo atau apa, ternyata ayam kremes biasa].

Balik ke Mataram 18.50, beli tiket tanpa perlu ngantre. Liatin poster-poster, duduk-duduk di sofa yang udah gak berbentuk. Gw jadi gak abis pikir, 4-5 taun lalu tempat ini pernah dijejalin ribuan remaja calon penonton AAdC [salah satunya gw yang ikut rasain euphoria itu]. Sekarang, lihatlah. Jumlah motor di parkiran bahkan kalah banyak ama jumlah jari gw. Gw tau sekarang kenapa mereka gak bikin website: mereka lagi bingung pikirin caranya narik balik penonton dari 21.

Sebelum film mulai, ada trailer De Bijis. Gw gak sabar nungguin 1 Februari, kayaknya teriakan ‘Anjeeeeeeng!!!’ Tora Sudiro bakal nendang banget. Tanpa banyak cing-cong [kencing bencong?], Pesan dari Surga dimulai.

Jreng jreng! Oh, tidak! Gw baru tau ini film bikinan MVP Pictures. Oh, tidak! Gw baru tau ini film diproduserin Raam Punjabi. Pantat pun terangkat. Bukan buat kentut, tapi siap ngabur. Untung ditarik Mia buat duduk lagi. Film dimulai dengan adegan meramal Indah Kalalo, yang ingetin gw ama perannya di Belahan Jiwa. Entah gimana dia selalu dapet peran wanita menderita. Pas ama penampilannya yang kayak KD. Kurang Darah, bukan Kris Dayanti.

Masuk adegan berikutnya, gw hampir lari. Ramon! Ramon! Ada 2 orang Ramon Y Tungka di layar! Untung Mia ingetin, ‘Sepuluh ribu, Mas… Sepuluh ribu…’ Okay, harus ditahan muntahnya. Ceritanya Band Topeng lagi maen di kafe, tapi musiknya sama sekali gak kedengeran live. Lukman Sardi kayaknya bisa maen drum beneran. Vino bisa maen gitar beneran. Catherine Wilson main bas? Rianti main kibor? Luna Maya nyanyi? Gak deh…

Luna Maya berulangkali bilang ‘tai babi’ tanpa mengetahui betapa nikmatnya daging babi. Sosok mellownya masih kurang liar untuk peran Canting [Gw ga tau apa artinya Canting, mungkin salah satu kata kerja dalam Bahasa Inggris]. Tapi usahanya lumayan. Waktu Catherine Wilson nongol, gw nanya ‘Heh, banci dari mana tuh?’ Eh taunya Jeng Keket…. Kejutan datang dari Rianti yang maennya alami, pas aja. Vino gak banyak dapet dialog, mungkin biar gak ketauan kalo suaranya cempreng. Lukman Sardi seperti biasa tampil total, sayangnya dibatesin ama skenario yang terlalu mengarahkan dan melecehkan kecerdasan penonton. Bisa jadi Pak Punjabi pengen ikut-ikutan oom Chand Parvez dan Oom Shanker, bikin film yang kontroversial dan sensasional kayak Virgin dan Detik Terakhir. Alhasil film ini dipenuhi berbagai adegan aktivitas seksual, juga kata-kata ‘mutiara’ seperti tai babi dan pecun.

Begitu banyak cameo di film ini. Gw baru discovered 2 hal dari Dimas Seto. Pertama, dia layak jadi cover Men’s Health Indonesia dan mendapat nama tengah Badannya-Bikin-Cowok-cowok-Balik-Ke-Gym. Kedua, dia bisa akting. Shareefa Danish tampak terlalu kurus untuk jadi wanita hamil. Davina ternyata gak kayak bencong kalo make upnya biasa. Ada juga Uli Herbinansyah, eh Herdinansyah, yang ternyata cukup kurus buat peranin pemake obat yang punya obsesi aneh terhadap buah-buahan [fruitophilia?]. Ada juga dokter spesialis Ob-Gyn [entah siapa yang peranin] yang merupakan satu-satunya hal yang menyenangkan dari film ini.

Penggarapan felem ini ingetin gw ama Belahan Jiwa [lha iya lah, sutradaranya sama]. Pemakaian setting di Jogja sebenernya masih bisa digali, karena masih kurang nJogja. Sekar juga masukin gempa 27 Mei sebagai setting waktu. Tapi dia pasti gak berada di Jogja pada masa-masa itu. Kalo iya, pasti dia bakal nyadar, gak bakal ada band yang cukup gila buat gelar konser gede-gedean 8 Juni 2006 di Jogja. O-i-a, gw baru tau ada RS dr. Soerowidjojo di Jalan Kasihan Bantul. Kasihan ya gw, udah berapa taun gw di Jogja…. Gw baru tau juga ada band yang latihannya di tempat terbuka. Band yang aneh… Model semua sih anggotanya.

Well, secara keseluruhan film ini sedikit di bawah Belahan Jiwa. Mempesona sih enggak, bikin rugi 10 ribu juga gak. Tata suaranya kurang oke [ato piranti suara Mataram yang patut disalahkan?]. Skripnya masih terlalu sinetron dan banyak detail yang ngaco. Yang jelas, ending-nya gak banget dan bikin gw berkomentar, ‘Kapan kelarnya nih..’ Ngomong-ngomong, enak banget tuh jadi Band Topeng. Ada cewek hiperseks, gay yang pacaran ama suami orang, suami yang hamilin wanita lain, cewek yang hamil di luar nikah, tapi begitu mati semuanya masuk surga. Yah, mungkin begitu pemikiran Mbak Sekar. O-i-a Mbak, lagu Manusia Sempurna-nya Nidji kurang sempurna dijadiin lagu pengiring adegan tabrakan mobil. Gak nyambung.

PS: Gw sudah buktiin rumor tentang adanya tikus dan sesuatu entah-burung-atau-kelelawar yang berkeliaran di Mataram. Tapi kemaren gw liat kunang-kunang! Ternyata kunang-kunang cinta film Indonesia juga…..

No comments: