Thursday, December 29, 2005

my little enemies

Tikus-tikus kunyuk! Dapur gw jadi berantakan! Kompor di-eek-in, rak piring dipipisin, tutup toples dilubangin, lemari kayu dikerikitin, taplak plastik digerogoti juga… Edan…omnivore juga ternyata… Gara-gara tikus-tikus berandalan ini gw ampe stress. Bingung gimana berantasnya. Lagian kayaknya mereka udah gak takut ama gw. Selain muka gw yang emang ramah, mungkin udah bosen mereka ngeliat gw… Akhirnya gw tetapkan, one way or another I have to get them out of my house!
Cara demi cara dipertimbangkan.
Mau pake lem tikus… Hm…takutnya ntar malah adik gw yang nempel. Dia kan tikus juga…
Mau pake perangkap… Wah, jangan, keju kan mahal, masa cuma buat jebakan tikus [ye…emang di kartun, ngejebak tikus musti pake keju?]Mau pake jasa Rentokill.. Emang ada di Indonesia? Lagian repot amat…Akhirnya gw putusin buat beli racun tikus yang dijual mobil box di Jl AM Sangaji. Setelah diberi wejangan ama mas-nya yang jualan, gw pun pulang dengan penuh semangat buat ngebasmi musuh-musuh kecil gw. Katanya sih bakal mati kering tak berbau. Oke, kita buktikan! Langsung gw siapkan racunnya sesuai resep, dicampur ikan asin dikit. Gw taruh di dua pojok dapur.
Besok paginya, tidak terjadi apa-apa. Asem , jangan-jangan mereka tau kalo ini racun. Tikus zaman sekarang kan berwawasan luas dan berdedikasi tinggi.Huh, kita tunggu sehari lagi.
Besoknya, begitu buka pintu dapur.. Siyalll…..si tikus nangkring sekarat di atas sandal dapur gw di keset. Mana belum mati lagi, masih terengah-engah dengan mata mengharap belas kasihan dari musuh raksasanya yang biar kejam tapi tampan. Dengan alasan tidak tega [gak tega ama diri gw, masa cakep2 harus pegang-pegang tikus sekarat?], gw urungin niat ngebuang tikusnya. Lagian musti buru-buru ke kampus.
Tapi, karena gw harus melakukan aktivitas pagi gw di dapur dan kamar mandi, mau gak mau gw harus ngeliat si tikus kunyuk terus. Daripada ilfil dan gak jadi mandi, gw tutup itu tikus pake koran. Paling enggak gw gak harus menatapnya setiap lewat dapur. Tapi kok masih kepikiran juga ya… Ya wis, telpon temen gw yang masih di Magelang “HLB, kapan kowe balik Jogja? aku ada tantangan Fear Factor untukmu!”
“Ngopo? Nyium bencong Taman Kota?”
“Gak! Makan tuh bencong. Ada tikus sekarat nih di dapur. Aku jijk buangnya”
“Walah. Ming tikus. Aku balik besok. Ya besok deh, kalo lagi mood. Suka males ngadepin tikus. Nggilani”
“Yee…mosok tikus gilo ro tikus?” Gw baru inget, bahwa dia bukannya gak punya rasa takut, tapi gak punya rasa malu… Ya sudah, kita pikirkan nanti. Sekarang, mandi dan makan dulu!
Gw nyampe rumah sore-sore, trus nyoba bobok siang tapi gak bisa juga. Sebel. Harus cari aktivitas buat buang sebel nih! Iseng-iseng gw tendang kertas koran yang nutupin si tikus. Wah! Sudah gak ada tanda-tanda kehidupan. Tadi pagi tiap kali kertasnya ditendang si tikus gerak-gerak. Ya sudah, siapkan nyali dan tekat buat ngebuka kertas. Satu dua tiga! Si tikus bergeming, dan udah merem. Ambil sapu dan serok sampah, pelan-pelan gw sapu sekalian kertasnya. Langsung gw masukin ke plastik sampah, gw iket 3 kali, takutnya kalo dia cuma mati suri trus bangkit dan melarikan diri.
Huuh…problem’s solved. Gw tau masih ada beberapa ekor lagi yang masih berkeliaran. Tapi semoga dengan kematian si tikus korban racun, temen-temennya bakal alert bahwa mereka berhadapan dengan musuh yang tangguh. [tangguh pasang racun, ngeri buang tikusnya…]

No comments: