Thursday, December 29, 2005

when the lights go out...

Selain ban bocor, dosen yang susah dicari, salah kostum, bencana lain yang sering kejadian di dunia gw adalah listrik mati. Ajaibnya, gw jarang-jarang ngalamin ‘blackout’ di rumah. Seringnya malah di tempat umum.
Pertama, di karaoke house. Secara lagi bete banget, gw berdua ama temen gw nekat karaokean. Kami booked 2 jam langsung, pake freepass 1 jam.. Tenggorokan jebol , cuek aja, yang penting bahagia. Baru sejam lebih dikit, listrik mati. Herannya, ini karaoke lumayan gede, ada 3 lantai, tapi gak punya genset! Payah…. Yang mereka punya cuma lampu darurat buat toilet. Ya udah, kami terpaksa nunggu hampir sejam sampe akhirnya bisa nyanyi lagi. Tapi ada hikmahnya, plica vocalis alias pita suara gw bisa istirahat bentar…
Kedua, di bioskop. Sebagai penduduk kota Jogjakarta yang terlalu-banyak-kendaraan-tapi-miskin-bioskop, gw penasaran banget, kapan nih Harry Potter 4 maen di Jogja. Temen-temen gw yang biadab udah pada nonton di Solo Grand Mall. Bedebah kalian! Sementara gw dan temen-temen yang lain masih harus menghitung bulan demi Hermione… Sempet nonton di layer tancep-nya FE UGM, tapi gak ampe kelar. Lha males, gak ada subtitle. Mana suaranya gak jelas lagi..
Pucuk dicinta Emma Watson tiba, luckily we have MovieBox, yang selain lebih murah dan nyaman, filmnya juga lebih cepet ganti daripada Bioskop Mataram yang beraroma tikus itu. Akhirnya gw nonton bertujuh ama temen-temen, langsung ngebajak 4 sofa di bagian belakang. Ampe bela-belain tunda ujian, biar bisa konsentrasi nonton.
Lagi seru-serunya Dumbledore memperkenalkan the Goblet of Fire, eh suaranya ilang, tinggal gambar doang. Tau-tau kedengeran suara mas-nya operator “Temen-temen, maap ini listriknya mati. Temen-temen bisa keluar, ntar kami ganti tiket buat nonton Harry Potter lagi. Huuu…penonton kecewa. Langsung pada ngibrit sambil ngedumel sambel pecel. Tapi, secara kami bertujuh termasuk spesies Homo Ekonomikus, alias makhluk ekonomi yang ogah rugi, kami tetep aja mantengin filmnya di layer biarpun tanpa suara. Belum juga tiga menit, eh suaranya nongol lagi! Penonton yang lagi ngurus tiket ganti rugi langsung ngeloyor berebut masuk. Hmm…ada untungnya juga jadi manusia pelit. Film pun diulang tapi gak dari depan. Secara pake DVD, mas operator-nya fastforwarding by chapters. Akibatnya penonton yang lain protes karena ada adegan yang kelewat. Kami sih cuek, we missed nothing.
Well, di dua peristiwa ini emang gw gak rugi-rugi amat. Tapi tetep aja sebel…. Ya tuhan, jauhkanlah hambaMu dari listrik mati, o ya, berkatilah para pengusaha hiburan supaya mampu beli genset…”

No comments: