Wednesday, August 03, 2005

GIE




WOW! Gw gak rugi capek2 naek motor Klaten-Jogja dan bayar 9000 demi nonton Gie!
Bener2 2,5 jam yang mencengangkan. Pokoknya Gie salah satu felem yang bikin gw betah, gak ada bosen2nya meskipun harus berlama-lama menahan napas di Mataram Theatre yang baunya setengah matee.
It reminds me of salah satu kerabat gw anyway, named Lie Siong Gie, used to be called Gie, whose also Indonesian name: Sugiarto. Alright then, back to Soe Hok Gie. Ini dia komentar subyektif gw tentang filmnya. Just my two cents, gw kan bukan pengamat film profesional. Here goes…
  1. Casts! Top! Udah lah, percaya aja ama intuisi MiLes dan Riri Riza dalam memilih orang. Niko….keren. Meskipun sempet diragukan banyak orang, tapi top banget mainnya. Meskipun matanya gak ada Cina-Cina-nya, tapi sorotnya udah memancarkan kecerdasan. Sayang, kayaknya kegantengan dan kurang ‘kumuh’ buat sosok Gie. Tapi asli, gaya jalan Niko di sini gak nguatin. Belajar berapa lama, bang? Jonathan Mulya.. Hmm…buat ukuran pendatang baru, bagus! Meskipun masih keliatan kaku-nya. Paling gak dia beruntung dapet film yang lebih bermutu dibanding film2 abangnya, Onky Alexander. Tapi gak nyangka deh kalo ini anak ‘ditemukan’ di Citos, dan ternyata gaul beibe, rambutnya dicat warna2. Salut… O-i-a, dia juga sukses menuai pujian “Gantengnya….” dari penonton cewe sebelah gw yang notabene nonton ama cowoknya. Robby Tumewu, orang Manado yang spesialis main tokoh2 Cina. Inget Ca Bau Kan? Wulan Guritno, nah gitu dong Mbak, keliatan kalo mbak-nya pernah kuliah teater di Inggris. Jangan maen sosor aja kaya di Janji Joni. Thomas Nawilis, Sita, Indra Birowo, Happy Salma…bolehlah. Keren! Surya Saputra, bosen ah, masa ever-present di setiap film Indonesia gitu… Yang agak ngeganggu adalah aksen yang terlalu masa kini, terutama young Gie. Malah sounds like anak gaul sekarang. Ngomong2, kayaknya bakal lebih keren kalo dialog di keluarga Gie dibikin separo bahasa Cina. Like most Chinese do back then at 60s.
  1. Story. Sebenernya akan lebih asyik kalo udah baca tulisannya Gie, ato paling gak baca buku- buku pelajaran Sejarah SMP, jadi bisa ngikutin ceritanya. Kalo gak, bisa2 bosen. Kaya temen gw yang sukses tertidur bersama 2 baris penonton. Frankly speaking, gw just heard bout Gie pas rame2 filmnya, tapi gak bosen tuh nontonnya. Kebacut terpesona ama penggarapan-nya kali. Yang jelas ini film nambah wacana gw tentang apa yang sebenernya terjadi di masa lalu, bukan sekedar yang diajarin guru2 sejarah di SMP/SMU.
  1. Songs! Jangan bilang Eross gak becus nulis/arrange lagu kalo belum nonton Gie! Gila…top banget lagunya. Okta juga asyik nyanyinya. Agak2 ingetin gw ama soundtrack sinetronnya Ine Febriyanti jaman gw SMP. O-i-a, Sita keren banget bawain Donna Donna. So touchy..Thanks to Pak Mahmud yang mengenalkan ini lagu di Lab Bahasa SMUN1 pas gw kelas 2. Lagu yang dalem….
  1. Properti-set-kostum Edan! Berapa banyak ya biaya yang dikeluarin buat ‘menyulap’ Semarang, Jogja dan kota2 lainnya jadi bernuansa 60s. Jalan2, pasar, sekolah, kampus, mobil2, baju2, make-ups, semuanya digarap dengan detail. Sayang, dua kali sempet nongol logo sepatu Bata di perempatan jalan. Bukannya di taun segitu Bata belum masuk Indonesia? Hm…kecolongan nih. Bajunya asik-asik. Ternyata banyak tren masa lalu gak jauh beda ama sekarang. E.g: baju junkies (beberapa tergantung di lemari gw). Dan jaket kuning UI tentunya. O-i-a… kira2 di mana ya mereka pesen baju dan bendera berlogo PKI?
  1. Sinematografi. Gw ga tau banyak, tapi menurut gw banyak banget gambar2 yang keren. Angle yang diambil bener2 mencengangkan. Terutama yang di gunung Pangrango, dan di jalan2 perkotaan gitu. Tops!

Over all, gw yakin ini film bakal dapet banyak Citra di FFI besok, secara taun ini film2 Indonesia yang lain standar-standar aja (baca: tidak sesensasional AADC dan Arisan).
Okeh…kalo belum nonton, buruan ke Mataram! Ato bersabar nungguin VCDnya kalo jijik nonton di Mataram. Jorok abis…
Yang jelas, ini film nunjukin kita bagaimana young generation today should be. Berani ambil sikap, gak ikut arus, dan tetep pegang idealisme kita. Trus juga berani perjuangkan apa yang kita tau bener, apapun resikonya. Hmm… siap?

1 comment:

Anonymous said...

Bata sudah ada di Indonesia tahun 1937 (pabrik dan tokonya). Tahun 60-an justru jadi pilihan utama sepatu di Indonesia.

Kalo cara jalan nico, kabarnya dia mendapatkan satu-satunya gambar bergerak yang menampilkan gie. dari tv australi kalo gak salah. Jadinya, memang begitu cara jalan soe hok gie yang otentik.