Tuesday, February 05, 2008

It's Britney, Bitch!

Ha! Bitch teriak bitch?! Mungkin. Tapi itu yang dengan lantang dikatakan Britney I’m-Not-A-Girl-I’m-A-Mother-Of-Two Spears di singlenya Gimme More. Yow, gadis kesayangan paparazzi sudah kembali dengan album baru. Plus, penampilan comeback yang acakadul di MTV VMA 2007. How can media not love [to diss] her? Cerai ama suami tukang porotin duit dan lagi rebutan hak asuh anak. Botakin kepala. Keluar masuk rehab. Cobain baju dalem di luar kamar pas [wish I was there]. Jemput anak orang lain di sekolah. Tengkar ama manager gak jelas. Dan akhirnya yang paling baru, dijemput ambulans untuk dibawa ke Bangsal Jiwa. Hmm. Dia jadi seperti Amy Winehouse, minus the massive talent and the tugu-Monas hair. Take a look at this pretty-go-pity girl…






Isn’t she lovely, this Hollywood girl?

Gw oke-oke aja dengan kembalinya Britney. Paling gak, albumnya banyak dipuji kritik, masih laku, bahkan bikin gw terpelanting dengan memenangkan Best International Album di NRJ 2007, took out Rihanna, Mika, Winehouse dan James Blunt. Emang gak salah tuh produser dan labelnya. Britney masih layak jual! Dan akhirnya, satu pertanyaan muncul di kepala gw: what kind of idiot brought DOT back? Yay! It’s the donkeys, bitch!



Ingatan gw melayang zaman jahiliyah, 9 tahun lalu. Waktu itu gw masih 13 kg lebih ringan dari sekarang, masih putih tapi jerawatan, masih pake kacamata segede gaban, dan masih jadi dedengkot reporter majalah sekolah. Jaman itu namanya masih kuli tinta, ato kerenan dikit: kuli disket, secara flashdisk belum tercipta dan rewriter CD masih dianggap sebagai keajaiban dunia. Orde Baru baru aja berakhir, tapi gw masih sering mempraktekkan KKN. Tepatnya: menyalahgunakan privilege sebagai reporter sekolah untuk nongkrong di Geronimo. ‘Mau liputan, Pak!’, kilah gw ke guru piket biar dapet kupon bolos. Bareng rekan reporter, kami naik bus jalur 12 berdua, nongkrong deh di Geronimo. Request lagu, kenalan ama penyiar, ato, ngejer-ngejer artis yang abis wawancara. Hasilnya, gw berhasil wawancara ama Dewa 19, Zamrud, Pas, Netral, Superbejo [duh, gw bahkan lupa mereka pernah ada], dll. Buah manis lain dari perjuangan gw adalah foto gw bisa nampang di majalah sekolah bareng artis-artis. Tenar dong gw. Kejahatan gw menyia-nyiakan uang rakyat [baca: uang nyokap buat bayar SPP] ternyata berbuah indah pada waktunya.

Keuntungan lain dari nongkrong di radio pada jam sekolah adalah gw bisa kenalan ama pembolos-pembolos dari lain sekolah. Waktu itu gw kenalan ama dua orang anak SMU 10, yang bukan anak majalah tapi ujung-ujungnya suka ikut kami berburu artis. Dan suatu saat mereka cerita, ‘Eh tau ga? Kemarin pas ke Geronimo lagi ada wawancara DOT. Trus ama kami dikasi tiket gratis, soalnya katanya gak laku. Malah kami suruh bagiin ke temen-temen juga. Nontonlah kami sore-sore di kafe. Sepi banget, cuma 30an orang yang nonton. Lagian biasa banget mainnya’

Ya,di jaman itu, bahkan anak ABG juga tau kalo musik DOT mah ecek-ecek doang. Zaman itu ABG udah cerdas pilih-pilih music. Mereka lebih bisa nerima Sheila on 7 untuk musik lebai, atau yang gaharan dikit kaya Zamrud, Slank dan Dewa. DOT mah cuma jualan lagu remeh-temeh yang seremeh remeh-remeh biscuit, dan jualan muka Eza Yayang yang waktu itu sempet jadi pemenang favorit koperboinya Aneka Yess [waktu itu gw juara 2, FYI].

Eza Yayang memang pernah keren. Tapi dulu! Dulu banget sebelum gw bisa naik sepeda, pas dia duet ama Agnes Monica. Masalahnya, Agmon masih keren. Tambah keren berlipat-lipat malah. Sementara sebaliknya, tingkat kekerenan Eza nyungsep seperti Adam Air di perairan Sulawesi. Kelebihan berat badan, dan karirnya mentok di FTV SCTV aja. Makanya gw kaget aja tiba-tiba DOT nongol di SCTV dengan penampilan yang magical. Kita harus bilang penampilan mereka ajaib, secara tiba-tiba tangan gw tersihir gerak sendiri untuk memencet remote dan pindah channel.

Ini sudah sepantasnya menimbulkan keprihatinan. Dulu banget, gw pernah mengutuk Peterpan dengan suara kumur-kumur Ariel dan cuplikan lagu orang di sana-sininya. Begitu Radja muncul, Peterpan tampak berada di kelas yang berbeda [dan, secara jantan gw akui musik mereka makin matang sekarang]. Radja berhasil mengkombinasikan musik dan penampilan fisik yang di bawah standar. Ditolak oleh Music Director di radio-radio ternama, malah jadi nomor satu di radio-radio tak ternama. Beberapa tahun kemudian, muncullah mimpi buruk bagi pencinta musik Indonesia: Kangen Band, dan Radja jadi terdengar seperti Queen dan terlihat seperti model-model dari agency gw, Look Model Indonesia [tep ora, ding!]. Mari kita analisis apa yang dipunyai Kangen Band: musik yang menye-menye kaya kurang darah dan kurang makan, vokalis yang tidak enak dipandang maupun didengar, kisah hidup tragis gw-pernah-jual-cendol yang diblow up berlebihan, dan kebanggaan mereka karena bisa laku lewat VCD bajakan. Gw ga bisa bayangin ada yang bisa lebih jelek dari Kangen Band. Tapi kenyataanya, seakan satu Kangen Band belum cukup menyengsarakan, band-band yang sama lebainya mulai bemrunculan layaknya jamur di kulit Upik Babu gw. Bahkan Mister Master Ahmad Dhani [yang tadinya gw puja] ikut-ikutan. Haduh. Kita patut menangis. Ini bencana nasional!

Gw ga tau apa yang bisa dilakukan buat menyelamatkan musik Indonesia. Wong beli album asli aja gw jarang-jarang. Paling-paling kita cuma bisa berdoa bahwa pemerintah bisa mengamalkan amanat UUD 45: mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga peminat musik bisa lebih selektif memilih musik yang mau mereka denger. Plus, berdoa buat band-band ke-laut-aje ini, supaya bertobat dan diampuni dosanya.

Pada akhirnya, yang pengen bikin laris dokter spesialis THT, silahkan donlod album DOT di sini.

1 comment:

Paulus said...

masalahnya ya gitu dik dokter: musik yang bisa mencerdaskan bangsa belum tentu layak jual dan sebaliknya...

jadi, kalau dik dokter jadi produser, pilih mana : lagu yang bisa membuat benak berdenting atau lagu yang bisa membuat kantong bergemerincing ? hehe...
(jangan jawab 'both' -> ga boleh serakah!)