Wednesday, January 17, 2007

Because of You

Seumur-umur gw ga pernah suka lagu ini, siapa pun yang bawain. Keith Martin atau Kyla, dua-duanya saya tak suka [yah, Kyla mendingan dikit lah]. Pernah gw denger juga versi Samuel Simorangkir of Keris Patih, Helena Andrian, Ghea Dahliana Oktarin, sampai Flandiana Yogiyanti. Tetep males.

Betapa pun orang-orang bilang lagunya dalem dan soulful, saya tetap berpendapat ‘lagune ra mbentuk, kaya mung asal nyambung-nyambungke’. [komentar yang serupa juga gw tujukan pada lagu Ecoutez ‘Simpan Saja’]. Belakangan gw tau bahwa sang penulis lagu, Keith Martin himself, gak bisa baca/tulis not. [Ya Tuhan, baru gw tau ada jenis musisi seperti ini selain Melly Goeslaw]. Speaking of Keith Martin, gw juga terganggu banget dengan suaranya yang kadang berlebihan dan vibrasinya gak rapi. Beda dengan Martin-Martin yang lain seperti Chris Martin of Coldplay, Eric Martin of Mr. BIG bahkan Ricky Martin. Tampang juga kurang mendukung. [kebenaran memang menyakitkan] Bahkan tiap kali muter Whaddup A, gw selalu skip track I’ll Light a Candle di mana Agnes nyanyi ama si Om Keith.

Bencana datang saat gw ditawarin bantuin nyanyi buat misa nikahan. Secara di PSMUGM suara gw termasuk one of a kind karena ga ada klasik-klasiknya, gw didaulat nyanyi lagu ini. Ama I Finally Found Someone yang jauh lebih gw banget. Gw udah ogah-ogahan, tapi sebagai penyanyi professional yang punya kerjaan sambilan sebagai dokter, lagu apa ajah, SIKAT!

Perjuangan dimulai dengan nyari lirik lagu dan chordnya buat gw ama kibordis nya. Dari Googleing, dapet. Selanjutnya, nyari mp3nya. Jelas gak ada di Simon the Computer. Temen2 gw dan komputer PSM juga gak punya. Di PokeNet juga gak ada. Thanks to Studio One Jakal dengan 2 komputer yang dilengkapi search engine, CD berhasil gw temuin ga sampe semenit. Perjuangan selanjutnya, menyiksa kuping dengan dengerin lagunya berulangkali. Anggep wae wis isa, trus latihan ama kibord, dengan ancaman faringitis viral yang memaksa gw minum roborantia dan antibiotika profilaksi biar suara gw gak serak atau hilang. Gw nyanyi di D, secara dapet chord di AZChords-nya pake D dan mainnya lebih gampang. Padahal Keith Martin nyanyi di Cis, yang artinya dengan nak-nakan alias serampangan a.k.a kurang-ajarly gw nekat nyanyi setengah nada lebih tinggi. Ra popo. Ra wedi.

Well, pada akhirnya tugas berjalan mulus, terlepas dari sedikit selip nada yang cuma disadari oleh satu temen gw. Gw bisa atasin tantangan buat nyanyiin lagu yang gw gak suka. Juga dapetin bayaran yang cukup buat beli Polo shirt di Green Outlet, Klebengan. Lumayan…..

3 comments:

Anonymous said...

iwan fals juga katanya gax bisa baca not. saya juga, tapi kan saya masih cantik. benar kan?

Anonymous said...

uuuuuuuuu...
secara pemberi order, fee, dan yang sadar kalo kamu salah nyanyi gak disebut2....
-mbm

Anonymous said...

halah kayak lhu nyanyinya bagus ajah...