Wednesday, May 31, 2006

Sunday, the Sun rose again

Minggu pagi paska gempa, gw dan temen gw putusin buat balik Jogja pagi-pagi. Alasannya: pertama, pengen buru-buru sampe rumah apalagi orangtuanya sendiri di rumah. Kedua, banyak hal untuk dilakukan hari itu, makin cepat pulang makin baik. Ketiga, jangan sampe kami ditahan oleh dokter residen atau senior di Klaten. Mending ngaburrr!!!

Bangun 5:30, langsung ngibrit boncengin temen gw yang secara sial mobilnya ketutupan tenda PMI dan gak bisa dikeluarin. Ngebut! Kalo sebelumnya kami menghindari atap, tangga, tembok dan apapun yang berpotensi menjatuhi kami, pagi itu cuma satu yang kami hindari: polisi, secara dia bonceng tanpa helm.

Di jalan baru keliatan kalo gempa yang terjadi memang beneran serius. [lha iyalah, masa gempa-gempaan?] Jalanan retak, gerbang Prambanan rontok, rumah, masjid, sekolah ancur. Gw sengaja ajak temen gw lewat Ambarukmo Plaza, Saphir Square dan Auditorium RRI buat ngeliat kerusakannya. Gak bisa berkomentar apa-apa selain: ngeri!

Sampe rumah, ngeliat seluruh penjuru rumah dan ambil waktu buat tenangin diri sendiri. At last I’m home, meskipun sendiri di rumah. Sarapan, mandi, berangkat ke gereja dan beribadah bersama ratusan orang yang gw tau suasana hatinya gak beda ama gw. Keluar gereja, ngantuk puolll! Bobo dulu setengah jam. Cari makan, cari kopi, anterin baju kotor ke laundry, dan jemput temen gw buat ke Sardjito.

Rumah Sakit udah gak berbentuk. Bener-bener sakit. Orang teparan di mana-mana, dari parkiran depan sampe belakang. Padahal udah jauh mendingan daripada hari Sabtu. Kerja keras tanganin pasien di mana-mana, trus mampir ngombe di satu-satunya kantin yang tetap buka bahkan saat bencana: Griya Gizi Srikandhi. [dasar oportunis] A bottle of fridge-cooled Coke menyelamatkan gw dari mati kehausan, sementara cewek-cewek sok back-to-nature-and-stay-slim menikmati green tea mereka.

Keliling lagi ampe jam 8 malem, berhenti bekerja karena lemas…. Makan di posko, dan memutuskan pulang meskipun harus ujan-ujanan. Tak lupa mampir di tempat sewaan komik buat balikin buku yang seharusnya gw balikin Sabtu. Mas-nya dengan tega mendenda gw. [plis deh Mas, masa gempa-gempa harus balikin buku?] Pulang, mandi air panas, istirahat dan menikmati malam sampe akhirnya tidur jam 11an karena besoknya harus udah di RS jam 7 pagi. Uahhm… What a day. I hope there won’t be many days like this…. Yea, we all certainly do.

1 comment:

Anonymous said...

wah, thank God
kirain ga bakal bisa baca postingan dokter gila lagi.. :)
turut prihatin ya
enjoy ur writing.