Wednesday, May 31, 2006

The Saturday of Sadness pt1

Dua minggu ini rasanya biasa banget, secara gw gak banyak kerjaan di Klaten. Mending balik Jogja deh. Jadi kalo biasanya bisa 6 kali ke Matahari dalam 2 minggu, sekarang cukup sekali. Jarang pula ngenet ato ngafe di sana, mending pulang! Alhasil gw meratapi dompet yang begitu cepat menipis, secara bolak-balik bisa abis 10000 buat bensin.

Minggu kedua kebosanan makin memuncak, buruan pengen kelar… Tapi tetep, tiap pagi harus bangun pagi-pagi buta jam 5:30, siap-siap dan berangkat.

Rabu pagi, Weits!, abis lewat Prambanan kabut demikian tebal! Banyak orang yang berkendara dengan nyalain lampu, sementara gw sedikit kurangin kecepatan buat mencerna ‘what is happening’. Secara refleks, gw nengok ke utara. Sia-sia, Merapi gak keliatan. Couldn’t think of any other reason, gw memutuskan cuek dan terus berkendara. Siangnya semua udah normal, panas banget malah.

Hari Jumat, benar-benar menyebalkan! Gw capek-capek ke Klaten jam 7 malem hanya untuk mendapati dokter staf-nya bilang “Refleksi kasusnya diundur besok pagi saja ya, saya capek” Huh! Huh! Tapi lumayan, secara ini berarti gw bisa balik dan nonton Idol. Ngebut!!!
Sampai rumah udah jam 9 kurang, nonton Idol trus jabanin tivi ampe malem. Jam 11an gw sempet ngerasa lante gw nyetrum. Hmm…tengok kabel sana-sini. Baik-baik aja tuh. Tiga kali gw ngerasa gitu, tapi cuek aja. Tidur…

The next day, gw bangun dengan bahagia sejahtera, secara that would be my last day di Klaten. beberapa rencana sudah disiapkan untuk siangnya, salah duanya: nge-gym dan anterin temen yang pengen smoothing setelah ngelihat efektivitasnya pada gw. Everything was so alright. I started the day perfectly, bangun pagi, siapin makan pagi sambil menjerang air buat mandi. Gw makan sambil nonton berita di tivi when suddenly the earth quake, dengan sangat kencang, dan gw gak bisa pikirin apa-apa selain: lari! Ke pintu depan, terkunci! Waduh, lari ke kamar cari kunci sambil bawa mangkuk sop panas gw yang tumpah ke mana-mana [sempet-sempetnya..] Berpikir cepat…Kelamaan! Kalo dapet kunci masih harus buka pintu. Inget pelajaran dari majalah Bobo-teman bermain dan belajar-, mending cari tempat sembunyi kalo gak bisa keluar rumah… Kolong! Wah, gak ada meja yang kolongnya muat… Langsung gw nylungsep, tiarap di kolong tempat tidur dan meringkuk sambil berdoa, diiringi jeritan panik tetangga-tetangga gw di luar rumah dan suara gabruk-gabruk runtuhan tembok depan kamar. When the 57 seconds of terrorr stopped, gw keluar dari kolong, felt like my heart was gonna pop out of my chest, dan mendapati puing-puing tembok yang bercampur kuah sup dan nasi. Langsung cari kunci buat buka pintu. Begonya gw, bukannya keluar I just unlocked the door dan lanjutin makan nasi sop yang tersisa. Guncangan lagi! Untung segera berhenti bahkan sebelum gw mencapai pintu depan.

Kelar makan, gw harus ke Klaten! Duh, rumah berantakan. Ada tembok yang retak, genteng melorot. Biarin deh. Niat mandi dan tampil tampan untuk menyudahi dua minggu yang membosankan segera pupus. Alasannya, pertama, listrik langsung dipadamin padahal gw belum isi air di bak mandi yang harus pake pompa. Kedua, kalo pun harus ada gempa susulan, gw gak mau ditemukan mati konyol dalam keadaan telanjang dan berbusa sabun di kamar mandi. Mending mandi di Klaten. Ketiga, gw di rumah sendiri, mending ke Klaten di mana ada banyak orang.untuk takut bersama-sama. Segera bersiap, keluar rumah dan menyapa tetangga-tetangga gw yang sama pucetnya ama gw. Tapi gw gak punya banyak waktu, harus segera berangkat. Maap, Pak, Bu!

I rode the bike dengan begitu banyak pertanyaan dan pikiran di benak, sampe akhirnya terhenyak, lo harus buruan nyampe, dudul! Segera gw tambah speed dari 60-70 ke 80-90 menurut speedometer motor gw. Berkendara dengan melihat kanan-kiri jalan. Belum pernah gw liat masyarakat Jogja begitu mencintai sinar matahari pagi yang mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D, hampir semua orang keluar dari rumah. Beberapa bangunan ambruk, salah satunya dealer motor yang dinding kaca di lantai 2-nya remuk total [pasti akan sangat mengerikan berada di bawahnya saat gempa]. Tampak 2-3 orang yang obatin luka mereka di depan rumah, atau yang anter keluarganya cari bantuan medis karena luka. I thought life went on normally, sampai akhirnya gw udah beberapa puluh meter menjelang RS Klaten, wataaa!!! Jalanan macet. Penuh angkot, truk, motor dan mobil pick-up berisi orang-orang yang terluka. Semua begitu hectic dan semrawut. Begonya gw, gw melenggang tenang ke kamar trus mandi, baru datengin pasien yang sudah terkapar di mana-mana. Langsung mulai beraksi. Simak aksi gw di posting berikutnya.

No comments: