Monday, May 15, 2006

Bordil. Salah. Bordir...


Terkurung seminggu di rumah sakit gak bikin gw ketinggalan ngikutin buku baru. ada dua buku yang gw baca, salah satunya Bordir oleh Marjane Satrapi. Marjane lahir di Rasht, Iran. Sekarang tinggal di Paris, dan menjadi kontributor rutin untuk berbagai majalah dan surat kabar di seluruh dunia, antara lain The New Yorker dan The New York Times.
Dia udah nulis beberapa buku anak-anak, serta memoar yang banyak mendapatkan pujian dan menjadi bestseller internasional: Persepolis: The Story of a Childhood dan Persepolis2: The Story of a Return.

Buku ini menarik perhatian gw di pandangan pertama, secara isinya gak biasa. Novel bergambar, yang banyakan gambarnya daripada tulisannya. Buku ini ceritain serba-serbi kehidupan wanita Iran, mulai dari operasi vagina (yang disebut Bordir), operasi plastik, nikah dengan orang luar negeri dan sebagainya, dan semua diceritain dengan sinis, komedi tragis dan menggelitik. Lucunya setipe film Perancis gitu. Sayang banget bukunya cepet abis dibaca, secara gak nyampe sejam udah khatam. Kayaknya asik nih difilm-in. Mungkin bakal jadi kaya film-film Nia Dinata...

No comments: