Monday, May 15, 2006

the torture continues

Setelah bertumpah darah di ICCU dan UGD, pertarungan berlanjut. Kali ini Mbak Yudi, sekretaris akdemik Ilmu Penyakit Dalam, ngerjain gw sekelompok. Di jadwal yang dia bikin, tertulis bahwa gw dan 3 orang temen gw harus ngurus 4 bangsal, yang artinya satu orang harus kuasain satu bangsal yang isinya rata-rata 25 pasien. Ini jelas di atas normal, secara biasanya satu bangsal dipegang oleh 4 orang, jadi satu orang cuma urusin 6-7 pasien. Jadi setelah jatuh bangun di minggu 1 dan 2, penderitaan gw berlanjut di minggu 3. Bah!

Secara gw harus periksa 25an pasien setiap pagi, I should have been at the hospital before 6. Wataaa…. Means gw harus bangun lebih pagi, siap-siap lebih cepet, dan berangkat bahkan sebelum billboard watch di deket rumah gw dinyalain. Berangkat dengan kecepatan penuh, tak lupa ber-dadah-dadah ama mas-mas Circle-K yang stress karena trotoarnya dipake penjual jajanan pasar. Nyampe parkiran segera melakukan kendali mutu terhadap penampilan. Thanks to kaca spion Sakti… Trus naik tangga ke lantai 1 sambil menge-set senyum ke voltase tertinggi, karena gw bakal hadapin 20 pasien lebih pagi-pagi, dan belum tentu semuanya morning person. Langsung mulai pemeriksaan, tensa-tensi, ukur-ukur nadi dan suhu, ngobrol ama pasien [lebih tepatnya curhat satu pihak] sampe pasien menangis-nangis di hadapan koasnya yang tampan.

Jam 7 lewat biasanya gw udah selesai periksa semua pasien, meskipun hasilnya kemeja gw basah oleh keringat dan ramput gw udah berantakan ke mana-mana. Tenang, tenang…level ketampanan masih di atas standar. Ikut visite, ato kalo males ngabur ke Griya Gizi, kantin yang buka paling pagi di RS, dan me-recharge tenaga dan semangat dengan secangkir kopi dingin. Trus naik lagi buat laporan pagi…

Begitu terus setiap pagi selama seminggu. Belum lagi masih harus dateng sore-sore ke RS buat catat data pasien biar gak dikuliti dan dipanggang hidup-hidup di laporan pagi.
At the end of the week, gak nyangka juga bahwa I finally made it. Gw gitu lho, yang biasanya jam 6 pagi masih tidur-tiduran sambil ngumpulin nyawa dan mikirin baju mana yang bakal dipake… Ternyata gw bisa lalui semuanya dan sukses membuat 6 orang residen melontarkan pujian,’wuih jagoan, udah cakep, rajin dan bisa bangun pagi pula’. Lho, baru tahu?
Tapi bukan gw namanya kalo ga jago bersenang-senang. Di tengah gilanya jadwal gw, kok ya sempet-sempetnya gw nomat Berbagi Suami di Mataram. Demi Shanty je.. Masih sempet karaoke juga sekali hehe.


Tantangan besar lain yang gw lakuin adalah beberapa kali memeriksa pasien dengan HIV positif, tanpa sarung tangan. Padahal konon salah satu perawat di Banyumas terinfeksi HIV gara-gara matanya kecipratan darah waktu ngambil darah pasien. Jadi inget salah satu episode CSI, di mana seorang pembunuh mendapat HIV dari cipratan darah korbannya. Jadi the victim killed the murderer back.Yah, semoga tidak ada virus yang pecicilan masuk ke badan gw. Kalaupun suatu saat nanti ada apa-apa, we all know whom to blame …

No comments: