Thursday, March 09, 2006

dua penyebab kematian


Belum juga dua minggu gw membuang waktu di Bagian Anesetesi dan Reanimasi, gw udah ambil kesimpulan bahwa ada dua hal utama yang bisa menyebabkan kematian pada koas Bagian Anestesi: kebosanan dan kecapekan.

Kebosanan hampir merenggut nyawa gw di minggu pertama, di mana gw harus jaga di Instalasi Rawat Intensive a.k.a ICU a.k.a Intensive Care Unit. tidak seperti album Intensive Care-nya Robbie Williams yang belum juga bikin gue bosen setelah berbulan-bulan, Intensive Care yang ini udah bikin gw bosen di hari kedua. Baru di hari kedua, kami mulai mengada-adakan alasan buat keluar dari ICU di jam kerja. Yang ke perpus lah, yang fotokopi lah, yang kuliah lah, sampai alasan klasik yang ternyata ampuh juga: "Dok, mau ijin makan dulu.." Di hari ketiga gw mulai merasa bahwa langkah kaki gw saat meninggalkan ICU jauh lebih rinagn dibanding saat gw harus kembali.

Untunglah selama seminggu di ICU, cuma sehari gw harus jaga semaleman. Baru beberapa jam aja pantat rasanya gerah, pengen cari sejuk-sejuk. Bahkan Bounce Out dan games Macromedia Flash gak bisa menahan gw untuk tetap di tempat. Abisan bingung banget mau ngapain, secara semua pekerjaan mulai dari yang mulia (masang ventilator, masang infus, ambil sampel darah) sampai yang hina (kosongin kantung urin, anterin sampel ke lab) udah ada masing-masing personel yang ngerjain. Mau tidur, gak ada bed. Tambah bingung lah. Begitu mau siap-siap bobok di kursi jam 12an, ada pasien gaswat! Datang dengan status asmatikus yang bikin dia kesuasahan bernafas. Bahkan di ICU yang dinginnya gak keruan itu, si pasien sampe ngerasa kepansan ampe keringetan gara-gara berusaha bernapas. segala cara dan obat, mulai dari oksigenasi, nebulisasi, bronkhodilator, sampe antiinflamasi gak bisa meredakan sesaknya juga. Akhirnya setelah dikasih sedatif alias penenang si ibu bisa lega trus tidur. Oalah...stress kebanyak pikiran dan panik kali... Lumayan lah, ada kerjaan dikit, meskipun baru bisa bobok jam 2:30 di kursi makan.

Penyebab kematian kedua adalah kelelahan di kamar operasi, secara pekerjaan koas dan residen anestesi bener-bener lengkap mulai dari siapin pasien untuk operasi, ngebius pasiennya, trus 'ngebangunin' lagi setelah operasi. Alhasil koas dan residen anestesi jadi orang-orang yang harus datang paling awal dan pulang paling akhir. Mampus aja deh kalo gak sempet sarapan, secara operating theatres-nya di lantai 4 dan 5, trus kalo mau keluar harus ganti baju, which is sangat ribet.

Kalo operasi pagi sih mending, udah terjadwal dengan baik dan benar, maskipun bisa ampe sore juga kelarnya. Yang kurang manusiawi adalah spoed alias operasi emergensi buat pasien-pasien di UGD. Sekalinya gw jaga UGD, gw harus jalanin 2 operasi emergensi dari jam 11 malem sampe akhirnya cabut duluan jam 5:30 pagi karena harus mandi. Asli, yang ini bener-bener exhausting. Mana gw dengan indahnya gak bobok siang karena bed koas cowo dipake koas cewek kurang ajar. Alhasil muka gw dan dua temen gw udah gak berbentuk lagi. Pertolongan pun harus segera dilakukan. Gw relakan diri repot-repot ganti baju dan keluar RS cuma demi beli kopi... Paginya, beli kopi lagi, secara pas parade pagi gw berulang kali menerima senggolan temen kanan-kiri gw karena ketiduran...

Phew... ya suds... Masih ada dua minggu lagi. Akankah gw bertahan? Yang jelas, hati nurani yang selalu mengingatkan gw untuk tidak terlalu banyak minum kopi sudah mulai menumpul, secara sekarang udah gak mikir lagi berapa banyak kopi yang masuk... Yang penting tetep 'nyala'....

No comments: