Thursday, March 09, 2006

Espulso is in the houz...

Oke oke...masih inget proyek yang gw ceritain beberapa minggu lalu? Itu tuh, yang bikin gw harus merelakan malam minggu gw tanpa nonton Idol... Yang bikin gw gak bisa minum banyak-banyak es selama 3 minggu. Yang bikin gw demen Fisherman's Friend. Yang bikin gw harus jaga diri jangan sampe terkena faringitis. Yang bikin gw harus belajar goyang....

Gara-gara kesibukan gw di Anestesi, gw gak sempet kasih tau di blog ini bahwa gw tampil bareng band gw di Lustrum FK tanggal 5 Maret lalu. Alhasil para penggemar setia Simpleshak [ada gitu?] banyak yang gak tau trus akhirnya gak nonton... Ya wis, ini recap-nya...

Semuanya berawal dari satu sms yang gw terima waktu gw masih di Gamping, yang nawarin gw buat jadi vokalis Espulso. Gw sih oke-oke aja, banci mikrofon mana yang nolak kesempatan emas buat berlaga dengan mic. Sempet kaget juga sebenernya, secara Espulso kan salah satu band papan atas FK yang dari taun ke taun penampilannya selalu asyik, dan dalem ati gw kagumin.... Gw baru tau sebabnya pas ketemuan di rumah temen gw, si gitaris, dan nonton video penampilan terakhir Espulso yang waktu itu baru ganti vokalis. Ya oloh makjangg... Permasalahan bukan sekedar pitching yang gak tepat, tapi emang nyanyinya gak sesuai chord. Mana pengantar tiap lagu-nya pake bumbu cinta-cintaan yang gak banget. Padahal selama ini Espulso dikenal cukup ngerock, dengan lagu-lagu Puddle of Mudd, Audioslave, dan band se-genus-nya. Gw pun bertekad, dengan segenap jiwa raga akan berjuang mengemabalikan martabat Espulso [halah halah], meskipun terakhir kali gw tampil sebagai vokalis adalah sekitar 2 tahunan lalu... Itu juga bertiga, jadi saling nutupin...

Pertemuan diawali dengan milih-milih lagu. Mungkin emang udah takdir, di Flashdisk gw bawa lagu-lagu yang baru aja gw pake buat bikin soundtrack drama Kater di Pelantikan Anggota Baru PSM. Dan di folder 'sontrek drama' itu terdapat beberapa lagu yang sebenernya gw banget: That Thing You Do-nya The Wonders, Sublime's Santeria dan Welcome To My Paradise-nya Steven and the Coconuttreez. Entah gimana, anak-anak suka. Sempet coba cari-cari lagu lain, mulai dari Elvis sampe Beatles, gak ada yang memuaskan. Oke! Lagu yang bakal dibawain pun diputusin...

Latihan pun segera dilakukan secara intensif [halah]. Bahkan sehari sebelum hari H kami masih latian ampe jam 12 malem. Gw seneng banget, anak-anak disipilin, on time dan bisa cepet 'nyari-nyari'nya. Ngomong-ngomong, pas seleksi di Zalaza, nilai checklist kami tertinggi dari 11 band, padahal we actually didn't perform the best. Rada kacau malah. Tapi somehow, nilai kami paling tinggi dan kami dapet GILIRAN PERTAMA buat tampil. Sempet ngeri juga harus tampil pertama. Tapi ra papa, ayo berjuang!

Permasalahan timbul saat mengetahui bahwa kemungkinan pas pentas bakal gak ada tamborin, which is selain bikin rama, juga sangat penting bagi gw biar gw gak 'mati gaya' selama interlude-nya Welcome To My Paradise yang jutaan bar itu... Keliling sana-sini, cari studio yang mau pinjemin tamborin. Eh, gak dapet juga. Ya udah, terpaksa atur-atur strategi biar gak ngebosenin.

Hari H pun tiba, gw pilih baju yang paling nyaman dan simpel: kaos putih, jins biru ama sneakers. Paling enggak jauh lebih nyaman dan simpel dari vokalis sebelumnya yang ribet pake jas dan kemeja. Sebelum ke kampus, mampir RS dulu buat periksa pasien. Ampe kampus, masih rame banget. Ada tarik tambang, mobil badut, badut Spongebob bodoh, dan [idih!] campursari. Anak-anak malah pada 'turun', buat naikin adrenalin dulu katanya.
Campur Sari diberesin, alat band di-set. Cek ini, cek itu, akhirnya giliran kami naik. Cukup niat juga, secara anak-anak bawa gitar, bas dan kibor sendiri. Untung gw gak sampe bawa mic sendiri. Keajaiban tiba, sepertinya Tuhan tidak rela anakNya harus keabisan gaya. Kakak kelas gw yang tampil kedua, bawa tamborin! Yeah...akhirnya gw naik berbekal tamborin dan botol Ades yang tinggal separo.

Setelah pembukaan yang sebenernya gak penting, ucapin selamat ultah buat FK dan RS Sardjito, kami langsung menggeber prelude yang dibikin sendiri secara nge-jam. Dan entah kenapa bisa ngangkat banget, langsung dapet feel-nya dan masing udah tau cue masuk-keluar-nya. Oke, langsung lanjut!

Satu persatu lagu dibawain, dan relatif mulus... Surprisingly, gw nggak ngerasa grogi, bahkan ngerasa nyaman banget bisa goyang gak keruan.... [makin mebuktikan bahwa gw mic-o-genic] Turun panggung, menuai pujian di sana-sini, bahkan disambut layaknya pahlawan pulang perang... [halah] Pokoknya puas dan gw seneng bisa kasih liat sisi lain diri gw di kampus, which is mungkin gak semua orang pernah tau sebelumnya. Sayang gw gak bisa lama-lama, karena sorenya masih harus nge-MC Konser Perdana PSMUGM angkatan 35. Belum beli baju pula! Hwaa....

Overall, it's been truly great! I was so lucky to be in the band, maen bareng anak-anak yang oke banget maennya, dan bisa bikin seneng temen-temen gw [yang bahkan dateng khusus buat gw...thanks guys.....]. Alright, kapan-kapan kalo bisa maen lagi, mau ah hehe

No comments: