Sunday, March 12, 2006

realita yang tidak realistis


Lagi-lagi demi menyelamatkan jiwa dari kebosenan di Bagian Anestesi, gw rencanain jalan ama temen-temen, buat meredakan gejolak nafsu ingin bermain yang sudah memuncak dan siap mbleber... Pikir-pikir... maen ke mana ya?

Inspirasi datang dari Harian Kedaulatan Rakyat yang gw baca sambil ngopi di Griya Gizi Srikandhi [baca:kantin]. Realita Cinta dan RocknRoll udah maen di Mataram! Langsung gw sms temen-temen tercela gw, ngajakin nonton.
Tak ada yang membalas... Sebal! Kenapa selalu begini saat libido berhura-huraku meninggi?
Akhirnya di saat-saat terakhir sebelum jam J, mereka menghubungi, meskipun hanya untuk menyampaikan kabar buruk bahwa mereka tidak bisa ikyut.... AAARGHH!

Akhirnya gw putusin buat nonton sendiri, secara gw emang udah beberapa kali nonton sendiri kalo lagi bete. Pria mempesona dan mandiri ini... Persiapan pun dilakukan... Cuci muka di kamar mandi RS biar gak kucel, beli Coke botol pet, dan berangkat. Tiba-tiba berderinglah henpon-ku, dan seorang teman menyatakan bisa ikyut nonton karena muridnya batalin les. Ya wis, jemput dia, berangkat!

Filmnya...hemmm, lumayan. Gambarnya yang agak gelap dan kabur bikin karakter sendiri. Gw acungin jempol buat Junot-Vino yang berhasil dapet chemistry-nya, meskipun somehow masih kurang dikiit. Tampang mereka juga agak maksa buat peranin anak SMU. Vino, as always, tampil dengan suara cempreng gak nguatin, meskipun badan-nya mengingatkan para cowok untuk segera ke gym dan berlatih. Nadine si Putri Kontroversi Indonesia berhasil dengan sukses memerankan Sandra dan bikin gw makin suka wanita bercelana pendek jins ketat....
Dari sekian banyak pemeran pembantu, yang paling pantas dapat kredit positif ya Barry Prima, siapa lagi? Secara Donna Harun, Frans Tumbuan dan figuran lain biasa-biasa aja maennya.

Biar gitu, banyak hal yang gw nilai kurang realistis dari film ini.
Misalnya: Sandra yang katanya terpaksa kerja di distro buat hidup, tampak terlalu 'terawat' untuk kondisi semacam itu.
Nugie gak ngenalin ayahnya yang udah berganti kelamin, padahal terakhir kali ketemu umur 6 taun. Masa iya anak 6 taun belum punya cukup memori tentang papa-nya, kan udah ada kamera...masa iya gak punya foto papa-nya. wong muka Barry Prima aja masih tetep keliatan Barry Prima bgt.
Pas Ipang 'kabur' dari rumah dan gak mau pulang, entah bagaimana, papa-nya yang seorang dosen dan digambarkan mengagungkan 'kehidupan baik-baik dan sekolah', tiba-tiba nongol di bar buat nemuin anaknya. Eh, kok ya gak ngajak pulang, kasih duit apa gimana...
Akting di beberapa adegan juga terasa kurang alami...

Best flick-nya: waktu Ipang terima titipan adeknya lewat Papa-nya dan isinya lembaran ribuan rupiah....

Yang jelas gw suka karena film ini berani keluar dari patron nilai-nilai normal di Indonesia. Suatu kontradiksi ditunjukkan oleh Ipang dan Nugi yang rela melakukan apa aja untuk berhenti sekolah demi maen band, sementara Sandra rela memacari seorang pria beristri supaya dibiayai kuliah. Di film inilah kata-kata 'anjing', 'bangsat', 'taik' dan 'ngehe', juga acungan jari tengah bertebaran di mana-mana, bahkan dari seorang Putri Indonesia.... Satu lagi, sosok banci Barry Prima tetep sangar dan garang [meskipun wagu], tapi bisa kasih image baru tentang banci, tidak seperti gambaran banci-banci di media Indonesia sebelumnya.

Okeh, kita tunggu aja lah peruntungannya di FFI taun ini. Yang jelas Upi Avianto berhasil bikin skrip yang beda banget sama skrip dia sebelumnya: 30 Hari Mencari Cinta, dan film-bikin-males- Lovely Luna.

O-i-a, masyarakat Indonesia makin gak penting deh. Setelah poster 9 Naga yang ditarik peredarannya gara-gara ngeliatin PUSER fauzi Baadila , poster film ini juga sempet diturunin karena Junot Dan Vino bertelanjang dada. Plis deh... Ngiri ya?

No comments: