Wednesday, April 06, 2005

Ilmu Kesehatan Anak -- the journey begins!

Alright pals....i've just started doing tugas muliaku di stase Ilmu kesehatan Anak RS dr.Sardjito. Will be here for three whole months and i hope things will be ok. May the force be with me!
Here's what happened in the second week, secara selama minggu pertama gak ada yang special. Here goes...

[Originally written at April 5th]
Huahh..menyebalkan. Seharian di rumah sakit. Udah 15 jam, 16 more hours to go. Sigh.
Barusan sudah minum kopi cangkir keduaku, dan belum tidur siang (kecuali waktu temenku presentasi tadi hehe). Tapi lumayan asyik sih, di tengah jam jaga tadi aku sempet ngabur buat beli Nasi Goreng Maksimal. Hehe. Sempet mampir Gelanggang pula, sekedar bersay-hi ama temen2. Lumayan, buat recharge my mood.
O-i-a…satu hal yang patut dibanggakan, di antara residen dan koas yang jaga, Ishak dan hanya Ishak-lah yang mandi sore.
BTW anyway busway, gw sekarang lagi jaga di Bangsal B2, khusus buat pasien anak dengan penyakit infeksi. (Gak salah nih naruh gw di sini? Kan gw lebih infeksius dari kuman manapun..). So far sih asik2 aja, kecuali kenyataan bahwa Kepala Perawat di sini so sucks. Kesan pertama waktu ketemu dia sih biasa ajah, jadi gak percaya cerita temen2 yang bilang kalo dia (sebut aja Bu W) nyebelinnya setengah mati. Baru di akhir minggu cerita2 itu terbukti.
Jadi gini…kamar koas yang di B2 sebenernya khusus buat koas cewe. Cuma, bukan koas namanya kalo gak bandel, jadilah kamar ini kamar unisex. Semua bobo tumpuk undhung di situ (gak kok, kami gak tumpuk2an…).
Alkisah, suatu siang sebelum jaga gw ngantuk banget. Secara masih 13.30 dan jam jaga officially started at 14, tidurlah gw di kamar koas yang permai. (Permai dari Kongo?). Di tengah tidur-tidur ayam itu, masuklah ibu-ibu perawat ke kamar. Niatnya sih mau ganti baju. Secara gw males bangun, gw cuekin aja dia. Eh, dianya ngeliatin gw dengan terheran2, kok bisa2nya ada makhluk setampan ini tidur di sini. Dia pun batal ganti baju, dan ngelapor ke Bu W instead. Dan tiba-tiba terbukalah pintu kamar koas diiringi sound fx suara guntur menggelegar.
"Mas koas! Ini kamar koas cewek! Nih liat tulisannya: KAMAR KOAS PUTRI! Yang cowok di sebelah sana! Lha ini buat ganti baju juga je… Sana, pindah!"
"Wah, kamar yang sana dipake koas cewek,Bu!" jawab gue asal. Mana gue tau di sana ada orangnya enggak.
"Ya bilang dong sama temennya, kalo mau tidur di sana!
"Gak enak,Bu"
"Ya udah, sini, takbilangin!"
Digiringlah gw ke kamar koas B4, sambil berdoa "moga2 beneran ada koas cewe di sana". Bisa mati gw disemprot kalo ketauan boong ama dia.
Tadaaa…ada Desy! Yes! Giliran Desy yang menerima petuah-petuah penuh makna dari Bu W. Sementara di balik punggung Bu W gw menatap Desy dengan bibir liat 4 dan mata sebel.
Kelar urusan, keluarlah si ibu. Si Desy mah keukeuh…pengen ngeliat gw tidur kali hehe
Ya wis…tidur siang pun berlanjut hingga 14.30
Besoknya, waktu case management bersama residen dan perawat, giliran Chief Resident yang nyemprot gw.
"Hayo! Kok ini kemaren gak diukur SpO2nya?"
"Diukur kok, tapi jam 6 soalnya baru dapet spirometernya jam 4…"
"Kamu kan jaga mulai jam 2! Harusnya cari spirometernya!", kata dr J dengan berapi-api.
Eh, tanpa diundang tau-tau si ibu W nyeletuk "Itu lho Mas, jam 2 tu waktu kamu malah tidur di kamar tu lho"
Terimakasih atas komentarnya Bu. So cruel!!! Dengan gerundelan-gerundelan tak kasat telinga akhirnya selese juga case managementnya. Phiuh… dan minggu jaga gw di B2 pun segera berakhir. Oke, mari sama-sama berdoa "Ya Tuhan….jauhkanlah aku dari Kepala Perawat yang jahat…"
Minggu depan gw ke Banyumas! Yeahhh. denger2 di sana Wakil kepala Perawatnya yang jahat. Hux....

No comments: