Thursday, December 06, 2007

ngorbit... ngorbol irit....



Suatu malam, seorang Adik yang masih hijau, belum banyak makan asam garam kehidupan dan jerawatan bertanya pada Sang Kakak, ‘Mas, lagunya Ngorbit itu aslinya lagu apa?’
‘Gak ada’
‘Di album yang baru juga gak ada?’
‘Enggak’
‘Oh’, jawabnya cengengesan, tak habis pikir bagaimana Nidji punya selera humor yang begitu tinggi.


Iklan Ngorbit emang fenomenal, sampe dibahas di banyak blog dan milis iklan. Pertama, akronimnya salah. Kedua, kata orang iklan percuma mereka pake talent Nidji, karena personality Nidji gak muncul sama sekali. Ketiga, kata orang-orang awam iklannya bikin sebel. Tapi, percayalah. Meskipun begitu happening dan bikin gw ama Penguin ngekek setiap nonton iklannya, Ngorbit emang ga ada di album Top Up. Tapi ga ada salahnya dong gw review albumnyah.

Setelah pencarian yang tidak kalah serunya dengan perburuan Vans Putih Polos, akhirnya gw dapet juga albumnya. Secara sebel gak dapet-dapet Mp3nya di Studio 1, akhirnya gw beli CD Top Up. CD asli? Jelas bukan! Haha, Abang-abang Nidji, maapkan sayah… Kalo Nidjiholic sejati musti beli yang asli, anggap saja saya Nidjiholic Bajakan. Besok deh gw beli kalo ada duit, 35 ribu ini...

Oke, balik ke topik utama. I don’t wanna have to do this, tapi kayaknya seru juga gw bahas by track.
O ya, secara gw ga mau sendirian jadi Nidjiholic gadungan, gw kasih link donlod tiap lagunya [hehe, golek kanca]

Penantian.
Diawali dengan prelude berupa recap dari singles di album pertama, Penantian membuka album dengan mantap dan sukses bikin saya berulang kali menyebut hewan kesayangan saya. Saking bagusnya. Dengan eksplorasi bebunyian dengan gebuk-gebukin lemari besi, komposisi lagu ini terasa baru, dan jujur saja mengejutkan. Never heard any Indonesian major-label band does such thing before, kecuali The Killers [kalo mereka bisa dianggap WNI]. Ini track yang sempurna buat membuka album.

Biarlah
Nah ini, track yang menurut gw sudah overplayed di mana-mana. Secara gw pernah pergokin tiga stasiun radio puter lagu ini di saat yang sama. Belum lagi kemuculannya sebagai sontrek sinetron. Overutilized? Mungkin. Tapi lagu ini memang layak diputer sering-sering di radio. Gw rasa semua setuju kalo bridge lagu ini gila-gilaan.

Jangan Lupakan
Gw demen kalo Giring udah mulai main piano. Dia mungkin bukan Maxim yang seolah gak punya sendi buku jari, atau Cullum yang mainnya playful. Giring mah maennya minimalis [inget Child yang cuma 4 kord?], tapi entah kenapa justru bisa banget dapet emosi buat lagu ini. Again, bagian belakang lagulah yang paling nampol.

Cinta Tak Pernah Sama.
Gak demen-demen amat ah. Bunyi pianonya kaya If I Were Younya Hoobastank. Selebihnya, biasa aja. Gak ada yang baru.

Airin
Lagi-lagi The Killers banget. Tapi gw suka liriknya. Ngomong-ngomong, kok gw dengernya bukan Airin tapi I-Ring yak? Pas lah sudah. Ngorbit. Top Up. I-Ring. Abang pada dibayar berapa ama Indosat ni? Hehe.

Shadows
Seperti gw bilang di lapdangmat loncing album di SCTV, ini lagu Heaven-ish banget. Interludenya agak-agak kaya Starlight-nya Muse, tapi di lagu ini Run-D buktiin bahwa kibordis dalam rock band gak hanya makan gaji buta. Karenanya, gw berharap Shadows bisa jadi sontrek Heroes season depan [ngarep, hehe]. Oh ya, di Top Up makin banyak bagian back vocalnya, dan harmonisasinya tambah seru.

Pulang
Begitu banyak lagu bertema serupa. Coming Home-nya John Legend yang gospel-ish dan soulful. Homenya Buble yang secara malang di-cover oleh Westlife [haha]. Home-nya Daughtry yang kata Cararroe biasa aja, padahal enggak! Atau Welcome Home-nya Brian Litrell yang somehow melegakan. Pulang-nya Nidji, meskipun melodinya mirip banget One More Try-nya Timmy T, ngasi interpretasi baru buat kata Pulang. Gw nangkepnya malah kayak anak kecil ngerengek pengen balik ke orang tuanya. Lagi-lagi, bagian belakang lagu nampol banget.

Akhir Cinta Abadi.
Ada lagu-lagu yang punya emosi sangat kuat, dan bahkan udah kerasa pas denger intronya aja. Contoh: Fix You. Chasing Cars. Ordinary People. Ato yang dari Indonesia, Lebih Darimu [waks, jauh banget contohnya]. Akhir Cinta Abadi juga punya satu emosi yang rare, raw, dan buat gw: dahsyat. Apalagi di interludenya yang sangat Coldplay, dan pas Giring nyanyiin chorus dengan falsetto satu oktaf di atas. Lagu ini bikin gw tambah respek ama Nidji sebagai band Indonesia yang particular, gak ecek-ecek.

Never Too Late dan Kau yang Terindah
Biar gw Nidjiholic, gw objektif, jo! Dua lagu ini bosenin dan gw suka skip aja langsung ke Lovers. Gak dapet aja emosinya. Abang-Abang… Kami okay kok dengan 10 lagu aja.

Lovers
The Killers [lagi?]! Lumayan fun and summery, meskipun bikin keingetan Breakthru dari album pertama. Well, setidaknya gak perlu dibuang kaya dua track sebelumnya.

Arti Sahabat.
Lagu terakhir. Judulnya emang gak banget buat band kaya Nidji. Pantesnya buat Ungu dan Liriknya juga ga sekompleks track lainnya. Tapi mungkin justru itu yang bikin lagu ini gampang diterima segmen tertentu [baca: anak SMP-SMU ampe kuliahan awal]. Pas lah buat jadi lagu tema Staying Alivenya MTV Indonesia. Buat gw biasa aja sih. Yang jelas versi rekamannya jauh lebih oke dari waktu launching album [Hallelujah!]. Setidaknya gw gak lagi bayangin tampang cengengesan Duta So7 di bagian na-na-na.

Phew. Phew. That's it. Keburu jari-jari gw sekriting rambut Giring. Mas Iyan kan ga terima smoothing jari. Hehe. Yang jelas, gw jadi bayangin mungkin dalam 15 ato 20 tahun ke depan, gw akan wariskan CD [bajakan] Nidji gw ke 2 jagoan cilik gw, Chester dan Mike. 'Yo kids, you should check this one. This was the one Daddy loved so much. They were like the best back in the old days. And tell me if later you want to get your hair curled like the vocal guy'. Hmm.. Susah ya bayangin gw mo jadi bokap macam apa...



No comments: