Monday, December 10, 2007

Kater WAS on Wiki

Percaya atau tidak, Kater WAS on Wikipedia! Bahkan PSMUGM pun belum pernah ada di Wiki. Dengan perjuangan keras, Kater sempat muncul selama beberapa menit di Wikipedia, sebelum akhirnya dihapus karena dianggap gak penting. Huh! Tapi kalo dipikir-pikir, ya emang gak penting hehe. Well anyway, kalo emang dulu gak dihapus, it would go like this. Enjoy, people!

KaTer atau Kaum Tercela, merupakan salah satu komunitas sosial kecil yang ada di Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Kaum Tercela terbentuk di awal tahun 2004, dan diikuti muculnya berbagai Kaum di PSMUGM seperti KaDo (Kaum Hedo), KaMon (Kaum Monopoli), KaDu (Kaum Duafa), KaRtunis (Kaum Oportunis), hingga yang terbaru, KaSim (Kaum Simax).

KaTer terbentuk secara tidak sengaja di tengah kesibukan PSMUGM menyiapkan Handel’s Oratorio: The Messiah. Pada mulanya adalah Caecilia Arum P, Familia Bella, Bernadeta Mia TM dan Alberta Harjanti yang memulai sekutu atas dasar suatu kesamaan: ketercelaan. Berikutnya, melalui KaTerisasi direkrutlah empat anggota baru, Yosefin Widiani, Emiliana Eminul, Yulius Putranto dan Herlambang Priyo Jatmiko. Setelah mulai mapan, Kater kembali merekrut 3 orang anggota luar biasa sebagai Steering Committee, untuk melindungi dan menjaga polah tingkah KaTer agar tetap sesuai norma dan Undang-undang. Tiga SC yang direkrut tanpa tes adalah Yakobus Anton S, Pipit Novi dan Ishak Suryawan. Setahun kemudian, menyusul Matius Indarto sebagai anggota terakhir. Meskipun sudah tidak menyelenggarakan perekrutan anggota baru, KaTer masih berbaik hati dengan mengundang additional player di berbagai aktivitasnya, seperti Ully Hasugian, Raras, Rhie, Giri, Franz, dll.

Begitu banyak kegiatan yang dirambah KaTer. Mulai dari kegiatan sehari-hari seperti bermain Subyung, menciptakan parodi lagu, bergosip hingga makan bersama. Eksistensi KaTer makin kuat dengan melakukan beberapa performance art berupa sketsa, drama, tarian dan paduan suara. Sebagian anggota KaTer juga banyak tampil menyanyi solo maupun sebagai MC.

Anggota-anggota Kater

Caecilia Arum P alias Celeng alias Miss Tompeyan
Calon perawat berambut keriting yang banyak bertransformasi 3 tahun terakhir ini. Selain bertransformasi secara fisik akibat hipertiroidisme yang dideritanya, Celeng juga mengalami perubahan gaya berpakaian yang signifikan. Hanya dua yang tidak berubah darinya, kegilaan dan rambut keritingnya. Selain aktif dalam dunia keperawatan, Arum sempat juga tergabung dalam satu grup musik akustik yang cukup laris ditanggap di Jogja.

Familia Bella
Wanita yang baru dilantik menjadi dokter ini terkenal dengan kelemotannya. Biar lemot, Bella pernah rekaman untuk satu album rohani kompilasi (berbagai artis, bukan berbagai agama. Saat ini Bella tengah menjalani pendidikan sebagai dokter TNI di Bogor, Jawa Barat.

Alberta Harjanti
Seperti Arum, Bella juga merupakan vokalis satu band yang main secara tetap di kawasan wisata Losari.

Bernadeta Mia Tri M alias Penguin alias Pingkan
Diberi nama julukan demikian karena bentuk fisiknya yang menyerupai Penguin. Mia merupakan salah satu KaTer yang betah kuliah dan penelitian. Pertengahan 2007, Mia menjalin hubungan incest dengan salah seorang SC, Ishak. Meskipun terjadi pro dan kontra, hubungan mereka terus berjalan baik.

Yosefin Widiani alias Mbem alias Pipin alias Tipron (Tipis Rontok)
Biarpun jarinya seukuran wortel, Mbem pernah aktif menjadi guru les privat piano. Dia terkenal dengan quote-nya ’Kalo ujian main piano jangan nyontek!’. Saat ini menjadi First Lady di PSMUGM.

Emiliana alias Eminul alias Pelahap Maut
Dikenal tangguh melahap makanan apapun yang ada di depannya, selain ‘melahap’ pria jenis apapun yang ada di dekatnya. Eminul juga terkenal dengan ukuran (beberapa bagian) tubuhnya, yang dianggapnya sebagai aset. Eminul juga sering menempuh perjalanan pulang-balik ke Sendang Sono, di mana keluarganya menjalankan bisnis bakso.

Yulius Putranto alias Kenthus
Seorang putra Lampung, juga putra seorang pria bernama Kuat. Yulius terkenal sebagai KaTer ’teramba’ karena mulutnya paling lebar. Satu hal yang bisa diingat dari Yulius adalah tremornya yang konon berkekuatan 3,1 Skala Richter. Yulius jugalah yang membawa trend menyanyikan lagu-lagu Malaysia kepada KaTer.

Herlambang Priyo Jatmiko alias HLB alias Jembalang alias Herbalang alias Upik Babu.
Merupakan KaTer yang paling tidak jelas. Tidak jelas jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal dan arah hidupnya. Merupakan anggota KaTer yang paling banyak menggunakan kalorinya untuk menggerakan bibir. Selain terkenal sebagai Raja Hutang, HLB juga gemar menyanyikan lagu Gembala Sapi. HLB sempat digosipkan menjalin hubungan lesbian bersama Ully Hasugian, sebelum akhirnya menyatakan orientasi seksual yang sebenarnya.

Steering Committees
Yakobus Anton Suryowibowo alias Om Anton
Merupakan pencetus nama Kaum Tercela. Dikenal juga dengan julukan Beruang Kutub (karena berat badannya yang pernah mencapai satu kuintal tambah satu kucing), terlepas dari kulitnya yang jauh dari putih. Selain mempunyai diafragma yang besar sehingga suaranya fokus dan resonan, Om Anton juga tahan angin. Terbukti, dia mampu menempuh jarak Jogja-Prambanan bolak-balik tiap hari. Setelah lulus sebagai dokter, Om Anton tengah mengabdi pada negara di Adonara, Nusa Tenggara Timur.

Pipit Novi alias Tukir (Ratu Kirik)
Satu-satunya anggota KaTer yang menguasai bahasa Perancis dan bahasa anjing. Dia menobatkan dirinya sendiri menjadi Ratu atas 17 ekor anjingnya [sekarang 11, mati enem]. Sempat mengawali karir di dunia modelling, sampai akhirnya memilih mengurus anjing daripada berjalan di runway. Selain kedua kakaknya yang jago bermain piano dan organ, Pipit juga jago membersihkan piano dan organ.

Ishak Y Suryawan alias Abang Ganteng alias Abang Botak alias Pawang Penguin
Sebagai SC, Ishak berrjasa memprakarsai beberapa sistem kecil seperti Buku Curhat dan Album Foto Kater yang sekarang entah dimana keberadaannya.
Ishak sering tidak dipercayai sebagai dokter karena lebih mirip artis atau anak kuliahan. Saat ini aktif bekerja serabutan di berbagai tempat, selain berusaha mewujudkan obsesinya menjadi Rock Star dengan bernyanyi di karaoke. Akibat gen warisan papanya, Ishak menderita Alopecia Androgenik, sehingga anggota KaTer lain punya bahan untuk mengolok-olok pria yang nyaris tanpa cacat ini. Berawal dari duet menyanyikan beberapa lagu di pernikahan, saat ini Ishak menjalin hubungan pawang dan hewan dengan Mia si Penguin.

Seiring berjalannya waktu, beberapa anggota KaTer mulai berdisapparate dan tidak lagi aktif. Kebanyakan karena lebih memprioritaskan studi, atau bekerja di luar kota. Aktivitas KaTer pun telah mengalami penurunan, dan mulai tergeser oleh Kaum-Kaum yang lain, terutama Kaum Simax yang lebih seperti Kater edisi Baru (tapi bukan edisi Revisi!). Meski demikian Kater bukanlah sekedar Kaum, namun telah menjadi sebuah fenomena yang banyak membawa warna bagi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

2 comments:

Anonymous said...

hoyy..
mamak belum kau bahas..!!

mbm

Anonymous said...

wah mas ishak........aku terharu huks....huks...

eh punyaku di link kesini juga mas ishak

http://vanderput.multiply.com/

aku juga mau buat tentang ketercelaan kalian...dan ternyata masa2 itu adalah masa bahagia buatku...wekekeke