Tuesday, October 30, 2007

saia bertobat


Sekarang gw tau kenapa babi dan anjing diharamkan. Babi, jelas gak bagus buat kesehatan [termasuk babi yang ini]. Sementara makan anjing, gak bagus buat anjing-anjing. [Ya iya lah….].

Gw selalu konsisten mencintai anjing. Beberapa minggu lalu, sempet gw mimpi disayang ama 2 anjing, cowok dan cewek. Saking cintanya, gw pergi ke mana juga mereka ikutin. Gw terbangun dengan rasa bahagia. Seperti mimpi basah minus rasa berdosa.

Sebaliknya, anjing-anjing pun mencintai saya. Udah berulang kali kan gw cerita gimana anjing-anjing pengen kawinin gw? Makanya gw sebel banget begitu ada anjing yang nolak gw. Cintaku bertepuk sebelah tangan. Ceritanya panjang,,,,

Setelah capek nganter Penguin ke Kulon Progo, gw pengen rayain my silent solitude night, secara adek gw udah mudik dari kapan taun. Musti disediain ubarampenya nih. Pertama, beli Mansion’s House Cherry di Mirota dan dilirik Mbak kasirnya karena membeli barang haram di bulan Ramadhan. Sorry to say, Mbak, saya gak puasa. Kedua, gw musti nyari makanan buat temen minum. Kalo kata Pak Gun Guru Ekonomi SMU, barang komplementer. Biar sekalian haram, gw carilah babi. Ternyata eh ternyata, RM Manado Sola Fide di deket rumah gw udah abis-abisan dan mo tutup. Haduh, perlu barang substitusi nih! Celingak-celinguk, penjual makanan haram terdekat adalah Tongseng Jamu di deket Parsley Jalan Magelang. Boleh lah, buat menghangatkan diriku di malam yang seorang diri ini. Gw pulang, mandi air anget trus minum Mansionnya pake es dan makan sengsunya. The Simpsons di ANTV menemani malam yang sunyi sendiri, sementara di luaran udah rame takbiran dan bunyi mercon. Halah, Mansionnya malah kayak Vick’s Obat Batuk. Sengsunya lumayan, banyak mericanya meskipun gw masih perlu tambahin Saus Sambal Cap Ibu Jari biar level pedesnya nyambung ama lidah.
Berikutnya, nonton VCD dan TV sebelum akhirnya bobok tengah malem.

Besoknya, di Hari Lebaran Pertama Versi Pemerintah, I turned into sloth. To Studio 1 for DVDs and .mp3s, got some potato chips, and spent the rest of the day watching movies. Jarang-jarang gw bisa gini. Enak juga ternyata.

Di Lebaran Kedua, gw pulang kampung. Nyokap udah kaya induk macan aja, punya insting anaknya bakal balik. Dia udah bikinin Ayam Jahe ala Mamah yang tersohor di antero rumah. Langsung gw embat, sadap kote! Sengaja gw makan gak banyak biar bisa makan yang lain-lain entarnya. Tiba-tiba muncullah sepupu gw di depan pintu dengan sebungkus keresek item.
‘Apaan tuh?’
‘Sengsu’
Halah. Lagi-lagi. Ya sudahlah, mungkin udah jodoh. Gw embat juga sebagai ronde kedua. Malam berakhir dengan nonton film sambil mengelus perut yang bertambah lebar beberapa cm.

Hari Seninnya, seperti yang udah direncanakan jauh-jauh hari, kami sekeluarga mo nengokin Mbah Uti di Klaten. Dan gw yang baru beberapa jam ada di luar Jogja, harus balik ke rumah Jogja lagi buat ngambil charger adik gw. Hasyah, baru kemarin gw pamitan ama ibu semang, eh udah balik lagi.
Ya sudah, perjalanan biasa aja, tidak sedramatik perjalanan keluarga Hoover. Gw banyakan diem dan ngomel karena masih sariawan. Sampe akhirnya kami nyampe di rumah Uti.

Seperti biasa, selain Uti, Tante dan Oom, ada sosok lain yang menyambut kedatangan kami: Boris si anjing cebol item. Lazimnya, seperti halnya apel yang dilempar akan kembali ke tanah, anjing akan dengan jinak dateng ke gw dan jilatin tangan gw buat kenalan, untuk selanjutnya PDKT dan bermesraan. Tapi terjadi sesuatu yang aneh. Boris gonggongin gw, dan begitu gw deketin dia malah lari jauhin sambil tetep ngegonggong. Pasti ada yang salah.

Gw coba ke dapur, deketin Ola si anjing cewek. Gw masih ada di ujung pintu dia udah gonggong-gonggong gak keruan. Gw cuek aja. Ge deketin, gw panggil-panggil. Gw kasih tangan biar dia endus-endus, eh malah dia mo gigit gw! Ha! Seekor anjing mencoba menggigit saya! Ini benar-benar tidak lazim. Ada apa dengan mereka? Gw tinggalin Ola yang terus menggonggong dengan posisi kuda-kuda ala anjing.

Beberapa menit kemudian, Boris udah mulai akrab ama bokap gw. Gw coba kasih dia makan pisang goreng. Dia tampak ragu buat ngedeket, sampai akhirnya pelan-pelan maju dan makan cuilan pisang. Abis makan, kabur lagi dia. Gw coba untuk kedua kalinya, dengan pizza mie. Dia maju, makan, trus sebelum kabur gw elus-elusin. Dia nurut-nurut aja, tapi masih dengan posisi waspada dan mata ketar-ketir. Gak nyampe semenit kemudian, dia kabur lagi. Gw mencoba menerjemahkan tatapan matanya, dan terjemahan yang paling masuk akal adalah Jangan Makan Aku.

Ya Ampiyun! Ternyata ngefek banget! Emang sering terdengar cerita kalo tukang jagal anjing dan penjual-penjual Tongseng Jamu biasanya dimusuhi dan ditakuti anjing. Tapi haruskah itu berlaku juga ama gw? Gw gak terima! Tapi seberapapun usaha gw, mereka toh kekeuh juga. Ya sudah, gw putusin untuk tidak lagi deketin mereka, daripada mereka stressed sendiri. Kan kasiyan.

Sore hari, waktunya pulang. Dengan sedih gw ucapkan selamat tinggal ke kedua anjing [yang masih juga menatap cemas ke gw]. Sebel! Gak lagi-lagi makan anjing kalo gini jadinya.

Liburan abis, gw cerita ama temen gw yang pencinta anjing sejati. Dia mengasihi anjing-anjingnya seperti dia ingin orang lain mengasihinya [Hasyah]. Buktinya, dia lebih milih anjing-anjingnya daripada cowoknya yang dulu. Dia bilang, ’Lu juga ngapain makan anjing. Tega lu! Gw aja waktu mau jadian ama cowok gw yang Batak, gw nanya dulu dia makan anjing enggak. Kalo iya, gw ogah jadian’

Ya sudah lah. Dengan demikian sengsu sudah tereliminasi dari daftar menu yang bisa gw pilih, dan yang tertinggal hanyalah babi, babi dan babi.
Biarlah anjing-anjing itu beristirahat dengan tenang.

No comments: