Sunday, December 30, 2007

Banyak kejutan di Bandara Wai Oti

Beberapa bulan lalu, Bos bilang kalo gw diikutin di proyek bikin Rumah Sakit di Ngada, NTT. Langsung gw Googling, cari informasi dengan keyword ‘Ngada’. Bukannya profil Kabupaten Ngada yang gw dapet, malah puluhan blog yang mengandung kalimat seperti ‘jangan mengada-ngada’, ‘sesuatu yang mengada-ngada’, dan semacamnya. Pencarian pun dipersempit dengan mengubah keyword menjadi ‘Ngada NTT’. Baru lah keluar yang gw mau. Lama sesudah itu, data yang terkumpul terkubur seperti jenazah Lady Di. Lha wong gak jelas kapan mo kerjain proyeknya.

Beberapa bulan kemudian [baca: seminggu sebelum libur panjang nasional], secara mengejutkan Bos bilang kalo dia minta gw ke NTT buat ambil data. Padahal gw gak inget pernah ada koordinasi lagi. Padahal ada temen yang nikahan dan minta gw nyanyi di gereja, jadi gw musti latiyan [mana lagunya Bautista, najis]. Padahal ada temennya temen gw yang wisuda jadi dokter dan minta gw ikut misa syukurnya. Alhasil, gw baru bisa siap-siap pergi beberapa jam sebelum berangkat. Duh! Koper gw penuhin ama baju, sepatu, dan toiletries [plus hair dryer tentunya]. Dan secara Gwen si Laptop Centil udah sebulan perawatan di Salon Acer Jakarta [maap, gw belum sempet cerita], gw gak perlu bawa tas laptop yang gede. Cukup shoulder bag coklat tercinta.

Secara sial, gw dapet pesawat ke Surabaya jam 6 pagi. Yang artinya gw musti udah di bandara jam 5. Yang artinya gw musti udah bangun jam 4. Yang artinya gw cuma sempet tidur 4 jam. Ya sudahlah. Mandi pagi, makan Mie Gelas plus telor buat ganjel perut biar gak masuk angin. Berangkat deh. Penguin rela bangun pagi-pagi, menanti di kandangnya, dan siap anter gw ke bandara [Lutunaa...]. Subuh-subuh kami bermotor berdua, ditemenin koper segede gaban.

Nyampe di bandara, gw musti tunggu Mas Andre, admin kantor yang berangkat bareng ama gw. Begitu dia dateng, gw pamitan ama Penguin. Bakal terpisah ruang dan waktu 4 hari. Hiks.

Gak banyak yang bisa diinget dari penerbangan dengan Lion Air ke Surabaya. Gw cuma inget mbak-mbak pramugari yang cakep ngasi gw air minum gelasan, trus gw tidur. Tau-tau aja nyampe Djuanda jam 7.30. Ternyata gw ama Mas Andre cukup sehati, sepikir dan seperut. Laper!! [Kalori dari Mie Gelas cuma tahan buat 3 jam]. Secara pesawat ke Denpasar masih jam 10, diputusin buat check in dulu baru nyari makan, biar ga ribet bawa koper. Di tempat check in baru kita tau kalo pesawat ke Denpasar yang jam 10 dibatalin, trus diganti jam 7.45. Yang artinya kami nyaris ris ketinggalan dan harus segera boarding. Hayahhh... Beruntungnya kami.

Kami jadi penumpang terakhir yang masuk pesawat. Enak juga jadi pusat perhatian, dipentelengin penumpang lain yang harus nunggu kami masuk. Jalan kaya catwalk ah...hehe. Untungnya, flight attendants Merpati yang udah senior-senior [baca: seumuran tante2 gw] ngasih kami satu box kue. Lumayan, buat nahan laper. Gak pake tidur di pesawat, lha wong cuma 40 menit. Begitu nyampe di Ngurah Rai, dengan norak gw set mode iklan U Mild: ’Bali, Bali, Bali...’

Hal pertama yang dilakukan di bandara adalah urus transit ke Maumere. Belajar dari pengalaman di Surabaya, kami sempetin lagi mampir di tempat check in buat ngecek jadwal penerbangan. Ternyata bener, pesawat yang dijadwalin terbang jam 1 rusak, dan nasib kami masih terombang-ambing antara berangkat dan enggak [Merpati sucks]. Mereka minta kami cek lagi jam 12an. Trus ngapain dong? Cari makan lah.

If going to Bali is all it takes to be a real Indonesian, yes, I am officially an Indonesian. Setelah beberapa kali batal ke Bali, bisa juga gw ke sini. Keluar dari bandara, nyari taksi dan tawar-tawaran. Akhirnya dengan 40 ribu kami berdua bisa ke sekitar Joger buat makan dan belanja. Kalo sebelumnya gw pernah makan Lawar Bali di deket pura di Janti, sekarang gw makan Lawar Bali beneran di Bali. Dia jual juga Babi Guling yang diterjemahkan menjadi Suckling Pig. Terjemahan yang semena-mena sebenernya, secara mestinya artinya Babi Menyusui. Lagian tongkat yang buat gulingin babi itu bukan diisep ama si babi, tapi ditusukin. Tapi gak masalah, enak je! Dengan 12 ribu rupiah, gw dapet sepiring penuh nasi, dengan sayur yang mirip terancam, babi guling, keripik kulit, usus goreng, dan sup. Yayy... Puas!

Kenyang makan, kami ke Joger. Liat ini, liat itu, kok gak pengen-pengen amat ya. Oke, produknya emang berkualitas. Nice fabric, good printing dan kayaknya gak bakal luntur dalam beberapa tahun. Masalahnya, konon travelling bukan sekedar soal pemandangan ato benda-benda tertentu, tapi soal pengalaman. Dan entah kenapa, buat gw desain Joger merupakan pengalaman yang tidak layak dibeli [maap...]. Mending gw beli di distro hehe. Tapi bolehlah, beli buat Penguin dan adek gw. Rupanya Tuhan tau gw ogah-ogahan beli kaosnya, jadi dikasihNya antrean panjang di kasir. Alhasil, baru sampe tengah antrean, gw udah musti balik ke airport. Ya udah, gw lemparin itu dua kaos ke rak dan buru-buru cari taksi.

Merpati tidak selamanya putih. Merpati tidak selamanya tulus. Nyatanya Merpati Airline busuk! Begitu nyampe bandara, kami dikasih tau kalo pesawat yang ke Ende, Ruteng dan Maumere disatuin di satu flight, jam 12. Yang artinya penumpang udah hampir boarding, dan udah gak ada kursi buat kami. Mas Andre mulai bernego dan minta biaya penginepan di Bali sampai kami bisa terbang. Mendengar kata Hotel Nusa Dua, kru Merpati langsung usahain kursi, and yes, we’re in. Kami pastiin bagasi kami udah beres. ’Udah , Pak!’, they assured.

Boardinglah kami. Mas Andre bilang, kalo kepaksanya harus duduk di kokpit, dia mau. Gw liat boarding pass, ’Ora kok Mas. Kowe 1D, aku 2D. Ngarep dewe sih, tapi tetep kursi kok.’ Naiklah kami, dan atmoser NTT mulai kerasa. Hampir semua penumpang bertampang dan berbicara dengan logat NTT. Pemanasan nih ceritanya.

Penerbangannya, again, biasa aja. Gw lebih milih tidur. Bangun cuma buat makan snack, tidur lagi. Tau-tau aja nyampe.

Turun dari bandara, jreeeeng. Mulai muncul kejutan-kejutan. Kejutan pertama, panaaasss! Memang benar kata si dokter PTT daerah terpencil, serasa ada dua matahari di NTT. Kejutan kedua, bandaranya cuilik, temen-temen. Kecuali runwaynya, bangunannya tidak lebih besar dari stasiun Kutoarjo. Kejutan ketiga gw temukan di toilet. Klosetnya diluapi feses, dan boro-boro flush tanknya, keran air aja gak nyala. Ternyata cuma segini bandara di kota yang katanya paling gede se Flores. Kota yang katanya bakal jadi ibukota provinsi. Kejutan keempat, ada papan iklan hotel, entah tau berapa, yang nomer teleponnya masih 5 digit.

Kejutan belum berhenti, yaitu saat Mas Andre tiba-tibe berseru, ’Ngelih’. Setelah nasi lawar dengan porsi luar biasa, dan snack box dari dua flight, masih bisa lapar? Dan kejutan terakhir, membawa gw masuk ke reality show Amazing Race dan serangkaian bencana berikutnya.