Monday, October 22, 2007

Weekend yang kemana-mana

Secara lagi bosen keliling kota, as if they’ve been in every little spot di bawah kolong langit Yogyakarta, Penguin dan Pawangnya memutuskan buat jalan-jalan jauhan dikit di malem Minggu. Usulan Penguin untuk ke pantai tidak ditanggapi Pawangnya yang males dingin-dingin dan bau asin. Secara Sang Pawang cuma mau enaknya dan males nyetir jauh-jauh ke Solo, dipilhlah Klaten. Apalagi Sang Pawang tau banyak tempat makan enak di Klaten. Ya sudah, mereka pun menyiapkan perjalanan wisata akhir pekan ke Klaten tanpa bantuan biro perjalanan.

Penguin dan Pawangnya berangkat jam 6an sore, tanpa membawa bekal, hanya membawa kepala penuh akal [halah]. Tujuannya? Manalagi selain Plaza Klaten dengan Mataharinya? Emangnya ada tempat tongkrongan laen? Begitu nyampe, mereka masuk supermarket dan keluar tanpa beli apa-apa secara emang niatnya camouflage biar bisa nitip tas Sang Pawang yang segede gaban, lebih gede dari Penguinnya.

Keluar supermarket, Penguin dan Pawangnya naek ke lantai 2. Secara lagi bulan puasa, sale jor-joran, obral sana-sini. Matahari gitu loh. Udah gak keruan aja tempatnya, serame dawet dalem gelas. Keliling sana, keliling sini, mereka pulang dengan tangan hampa, secara emang gak ada niat beli apa-apa. Padahal Sang Pawang sering dapet ‘harta karun’ hasil ngobok-obok rak dan keranjang. Penguin dan Pawangnya sempet terkejut melihat sesosok item tinggi gede berjerawat penuh bekas cacar [ya ampiyun, kedengerannya parah betul]. Si Sosok Item tampak lebih kaget, ‘Kok kalian bisa di sini?’ Dan Sang Pawang ngejawab dengan diplomatis, ‘Yah, gimana ya, sekali-kali turun ke desa, bosen di kota terus’. Penguin dan Pawangnya pun cabut ke seksi sepatu, meninggalkan Si Sosok Item dengan tas belanjaanya. Semoga bekas cacarmu lekas menghilang, Nak!

Namanya juga gak niat beli, cuma seputeran mereka pun mutusin turun lagi ke Lantai 1, secara Lantai 3-nya lowong dan tak menjanjikan apa-apa untuk menyejukkan mata. Di Lantai 1, mereka ngeliatin mainan ama perkakas rumah tangga. Lagi-lagi, secara gak niat beli dan belum niat berumah tangga, mereka balik lagi ke supermaket. Biar gak dosa-dosa banget secara cuma nitip tas, mending beli sesuatu. Celingak-celinguk... Eh, ada Starbucks botolan yang diskon 50% [udah mo kadaluwarsa]! Biasanya di Jogja dijualnya di Circle-K aja tuh. Boleh deh, ambil 1. Secara cuma ada 1 rasa, Caramel Frappucinno, ya udah ambil aja gak pake pilih-pilih. Sebungkus bubur gandum rasa tembok, Quaker Oat, yang juga lagi didiskon, juga dibawa ke kasir. Trus keluar deh.

Di luar, bingung aja mau kemana. Ya udah, jalan-jalan ke Alun-alun. Duduk-duduk aja sambil dikecengin. Secara tengok sana-sini kok ya gak ada yang kecengable, mending menyediakan diri buat dikecengin. Acara eksibisi diri tidak berlangsung lama, secara udah jam 8an dan belum makan, Penguin dan Pawangnya mutusin pulang sambil nyari makan.

Tujuan sudah ditentukan: warung nasi goreng haram Bu Kromo di deket Pom Bensin pertama ke arah Jogja. Udah semangat ke sono, eh taunya tutup. Mo balik ke arah Klaten lagi, ke Nasi Goreng Mak Netty depan RSU, kok ya males. Ya udah, pulang aja, makan seketemunya di jalan.

Ngebut pelan-pelan [?], mampirlah mereka di salah satu warung yang megalami krisisi identitas. Mungkin namanya warung Sagala Aya. Abis semuanya ada, dari gudeg, sup, nasi dan mie goreng, terancam, nasi rames, sampai penyet-penyetan. Penguin pilih nasi goreng, dan Pawang pilih sup, kaya kalo masih perlu kehangatan lagi.

Makanannya biasa aja. Mak nyus juga enggak, mengecewakan juga enggak. Kalo kata Pak Bondan mah, ’Not bad, pemirsa..’ Kenyang, mereka pulang ke Jogja. Nyampe di Jogja, kok baru setengah sepuluh? Masih sore!!! Ya suds, keliling-keliling lagi abisin jam malem, trus Sang Pawang pulangin Penguin ke kandang.

Besok siangnya, Sang Pawang datang bawa kejutan: Starbucks botolan dan es batu [secara katanya best served chilled], dan sekotak Spaghetti La Fonte. Penguin pun bersorak, ’Yee... akhirnya kamu masak juga...’ Tapi, masak tanpa bumbu-bumbu bagaikan maen tembak-tembakan tanpa peluru [halah]. Mereka pun putusin belanja dulu ke Superindo abis kelarin nonton Pursuit of Happyness. Sebelumnya, mampir di Gelanggang buat ambil duit di ATM, eh malah dicegat si Upik yang minta dimasakin juga. ’Aku mau dimasakin! Tapi ogah kalo pasta, maunya orak-arik kobis!!!’ Tentu saja, permintaan ini tidak digubris sama sekali.

Secara Sang Pawang lagi males peres-peres tomat [sepertinya malas melulu Pawang kita ini], diambilnya Saus Spaghetti Instan Del Monte. Bawang bombai, daging cincang, jamur hioko. Pawang sudah ambil semua dalam daftar belanjaan, sementara Penguin malah keliling cari sayur-mayur buat dimasak besoknya. Ya suds. Berhubung udah mulai eneg di dalem Superindo yang beceknya udah kaya pasar Kranggan, keluarlah mereka. Untung kasirnya gak rame-rame amat, jadi bisa langsung bayar. Langsung pulang dan mulai masak deh.

Proses memasak tidak berlangsung lama, namanya juga instan. Akhirnya tersajilah Spaghetti Bolognaise ala Penguin dan Pawangnya. Flo dan Bee, kakak dan calon kakak ipar Pengiun, ikutan juga makan. Kurang asin dikit!! Ya maap, Sang Pawang kayaknya belum pengen kawin sekarang.


Abis makan? Penguin nonton Little Miss Sunshine di laptop Pawang. Pawangnya? Tidur dengan enaknya. Meskipun tampan, malas nian Pawang kita.

Sorenya, mereka jalan lagi ke Saphir Square dan prihatin melihat bagaimana mal ini dibangun sia-sia. Ruang kosong tak termanfaatkan di sana-sini. Barang-barang sekelas Mangga Dua. Beruntung masih ada Oh La La, Diamond, Rock n Bowl dan tempat Ice Skating yang jadi tongkrongan Kado tiap hari Rabu [katanya hedo, kok cari diskonan?]. Oh ya, masih ada Snow World juga, yang bikin Pawang kewalahan pegangin Penguin biar dia gak pulang kampung ke kutub buatan.

Ujung-ujungnya, mentok di Diamond belanja lagi. Sial! Saus Spaghetti yang 14 ribuan di Superindo, di Diamond cuma 11 ribu! Kunyuk. Mana tempatnya lebih lega, dan gak becek. Besok lagi belanja di sini aja deh. Mengakhiri akhir pekan, Penguin dan Pawangnya makan sup iga di sebelah Pom Bensin Seturan.

Epilogue: Ini nih baru namanya akhir pekan yang kemana-mana. Penguin dan Pawangnya pun bahagia.

PS: Susah juga menulis sebagai orang ketiga

No comments: