Friday, August 25, 2006

pelarian yang indah


I’ve just done my greatest escape selama menjadi Koas. Kabur saat jaga untuk cari makan atau kondangan, sudah sering. Kabur di jam kerja poliklinik untuk makan siang atau cari tiket 21 di Amplaz, standar. Kabur saat jaga sambil berbohong demi kebaikan demi clubbing, itu baru seru.

Rencana clubbing sudah disusun beberapa minggu sebelumnya, secara pembokat gw HLB pengen menyaksikan teman-teman sejawatnya, waria-waria Indonesia beraksi di The Club. Secara kebanyakan yang bakal dugem bareng adalah anak kos yang jelas tidak punya akses masuk ke kos lagi setelah jam 1 pagi, dan secara rumah gw cuma 2 menit dari The Club, semua sepakat untuk nginep di rumah gw. Oke, ra masyalah.
Tiket untuk para pria pun sudah dibeli beberapa hari sebelum hari H.

Whe lha, baru ketauan kalo ternyata gw harus jaga! Otak diputar, gw pun meniru jejak Exist yang Mencari Alasan untuk bisa cabut saat jaga. Secara Billabong adalah merek surf wear tapi Billaboong itu dosa, gw pandai-pandai bersiasat mengelabuhi semua orang tanpa harus berdosa.
‘Aku ntar ijin jam 9 ya, temen-temen pada mau nginep di rumah nih. Udah aku kasih kunci sih, tapi kan tetep aja aku harus di rumah….’
‘Oke gak papa, tapi jam 4 pagi balik ya, tanda tangan presensi..’
‘Beres.’

Baru juga jam 8, gw udah cabut secara temen gw minta ditemenin makan sop di Warung Tempong. Baru jalan ke parkiran, ketemu dokter jaga! Padahal gw bawa tas yang segede gambreng. Dengan muka innocent dan nada suara berwibawa gw bilang, ‘Dok, keluar bentar, cari makan!’ Dan entah apa yang ada di pikiran si dokter, dia menjawab ‘oke’.

Dan secara resmi Ishak Y Suryawan, si koas Bedah, memulai bolosnya pada pukul 8 malam.
Seusai makan, pulang, mandi untuk ketiga kalinya, dan nungguin temen-temen sambil nonton Idol.
Dasar PSMUGM, mau dugem aja pake telat. Mereka baru nongol di rumah gw hampir jam 10 malem. Langsung cabut!
Semuanya asik-asik aja. Segelas minuman jadi pengisi tenaga dan peningkat semangat sepanjang malam. Kami turun pas TNT Band mulai main.

Tanpa terasa, udah setengah 2. Meskipun tidak ada Ibu Peri Cinderella yang mengharuskan kami segera pulang, gw teringat wanti-wanti temen-temen untuk balik ke rumah sakit jam 4. Perlu tidur nih, apalagi siangnya cuma sempet merem setengah jam.

Pulang. Sampe rumah, temen-temen heboh kelaperan. Akhirnya semua persediaan mie instan dan sosis dikeluarkan sebagai santapan 7 orang. Secara capek dan males makan, gw langsung ngeblas di kamar adek, membiarkan mereka menguasai rumah gw. Terakhir kali gw inget, jam setengah 3 mereka masih ketawa-ketiwi sambil nonton Princess Hour pake Simon. Pas gw bangun jam 3.45, semua sudah terkapar tewas dengan indah. Cewek-cewek di kamar nyokap, HLB di kamar gw, dan 2 cowok lagi di karpet. Sama sekali gak ada yang nyadar bahwa sang empunya rumah sudah kembali bernyawa dan segera cabut ke RS.

Sampai di RS, selesaiin semua kerjaan, tanda tangan presensi, mandi, dan cari tempat tersembunyi buat ngeblas, bobok!
Paginya, demi meyakinkan temen-temen bahwa rumah gw emang abis ketempatan tamu, gw bilang, ‘Wah, gila, capek banget. Semalem baru tidur setengah 3, lha jam 2an malah pada ribut bikin mi’
‘Ya ampun, terus ngapain aja semalem?’
‘Ya gitu, ngobrol, seru-seruan aja’ [tanpa menyebutkan apa yang kami kerjain jam 9 sampe jam 2]
‘Wah, rame ya kalo cowok-cowok ngumpul’
‘Ya gitu deh.’ [tanpa menyebutkan bahwa 4 orang cewek juga nginep di rumah gw semalem]

Well, akhirnya gw mengakhiri koas gw dengan pelarian yang indah.

No comments: