Friday, August 25, 2006

finally know what my fate is


Gw kembali diminta bantuan ngeMC, setelah sekian lama gw merasa tidak berguna di PSMUGM. [lha nyanyi ora, ngisruh ho-oh].
Gw diminta bawain konser One Voice for Solidarity di Gereja Katolik Palur hari Minggu 13 Agustus, yang artinya gw harus tersedia sehari penuh di hari H.


Di tengah kesibukan di RS, panggung demi panggung, mall demi mall, karaoke demi karaoke sampai tidur siang di rumah, Jumat sore gw sempatin diri ke Gelanggang buat dapetin konsep dan rundown acara. Secara malemnya gw malah bikin refleksi sampai ketiduran, skrip MC baru gw buat Sabtu malem abis mantengin pameran iklan di Bentara Budaya. Setelah membanting-banting dan memisuhi Canon S200SP gw yang entah kenapa tidak bisa mencetak warna hitam, karir gw sebagai MC diselamatkan oleh masih tercetaknya warna biru.


Besoknya, bangun pagi-pagi, siapin baju dan perkakas ketampanan buat dibawa ke Sala. Sebagai anak yang saleh, tak lupa gw ke gereja sebelum menjemput Mia the Penguin dan berangkat.Dasar hewan kutub, kena panas sedikit udah kelaperan. Baru sampai Prambanan dia udah ribut pengen makan. Tapi secara kami berangkat kesiangan, niat terpaksa diurungkan daripada telat ikut Gladi Bersih. Tiba-tiba teringatlah gw akan sebuah SPBU di sekitar Delanggu yang ada Dunkin Donutsnya. Gw pernah berikrar bahwa suatu saat gw harus mampir beli bensin dan Dunkin. Bensin dan Dunkin. Berima, bukan?
Akhirnya mampirlah kami, beli bahan bakar, pipis dahlia dan beli donat! Atas nama penghematan kami cuma beli 2 donat, dan cukup minum Keringat Pocari kalengan bekal dari Jogja. Selesai makan, lanjut lagi!

Sempet agak ragu pilih jalan, secara gw termasuk orang yang baru ngapal jalan kalo nyetir sendiri, secara kalo disetirin gw lebih memilih tidur.
Akhirnya nyampe juga di rumah temen gw di Perum RC [apapun artinya itu], disambut oleh abang-abang penjual Bakwan Malang yang ternyata merupakan penjual keliling paling jayus dan gak jelas di dunia. Sempet-sempetnya dia kasih kami Manajemen Qolbu setelah jualan. Untung bakwannya murah dan enak, kalo gak udah kami sembelih dari tadi, Mas.
Makan siang dilanjutkan dengan nasi sayur asem dan ayam goreng, trus buru-buru ke gereja buat Gladi Bersih.

Latihannya baik-baik saja, meskipun ini pertama kalinya gw bawain acara di gereja. Sempet tidur pula pas Gladi Bersih. Kelar latihan, pulang. Niatnya mau lanjutin tidur, malah maen ama Rino si Asu yang Telah Dikebiri.

Akhirnya mandi, berdandan menawan dengan jas hitam satu-satunya dan berangkat ke lokasi.
Ealah, udah mau dimulai penontonnya belum banyak yang dateng. Ya sudah, ngobrol dulu sambil siapin skrip. Sempet pula gw minta official memindahkan Honda Mega Pro entah punya siapa ke belakang panggung, secara di belakang panggung tidak ada apapun yang bisa digunakan bercermin. Tapi dengan berbagai alasan, permintaan gw ga dikabulkan.

Enam lewat tiga puluh lima, mengecek vital signs. Skrip, OK. Rambut, OK. Baju, OK. Suara -ehm ehm-clearing throats-, OK. Acara dimulai. Jreng.. Sang MC tampan membuka acara dengan mulus, dengan senyum palsu selalu terpampang dan gaya yang disopan-sopankan. Di gereja getu lhoh! Akhirnya tampillah PSMUGM.

Singkatnya, mereka tampil oke. Berikutnya tiba giliran paduan suara tuan rumah yang –setau gw- akan membawakan 2 lagu.
Usai lagu kedua, naiklah gw ke panggung. Lho eh lho, kok mereka gak turun panggung? Si conductor sempet kasih kode tapi tidak kumengerti secara berlaku hukum alam bahwa panggung lebih terang daripada bawah panggung.
Akhirnya gw bilang, ‘Demikian penampilan dari Paduan Suara Alfa Omega Gereja Palur’. Mas penyanyi bass yang di pojok belakang nengok dan kasih tau gw, ‘Masih satu lagu lagi!’
Secara kaget, naluri jaim dan kemampuan thinking fast ngeblas seketika dan terucaplah dari mulut luguku, ‘Eh. Maaf, ternyata ada satu lagu lagi dari Paduan Suara Alfa Omega Gereja Palur. Hadirin sekalian, Paduan Suara Alfa Omega Gereja Palur.’

Di istirahat antar babak, diolok-olok karena telah bertingkah konyol. Padahal menurutku jane biasa wae. Shit happens, gitu lhoh.
Untunglah babak kedua berjalan mulus-lus, tanpa kejadian bego lagi.
Abis acara, pulang, beli es kopimiks seharga seribu rupiah, makan laksa Solo asli buatan orang Solo, minum seisep Smirnoff buat anget-anget, trus balik ke Jogja, secara Senin pagi gw harus udah di RS jam 6.30. Nyampe rumah nyaris jam 12, langsung tepar kehabisan tenaga. Bobokkk….

Terima kasih untuk J230i gw yang suara alarmnya sukses mengakhiri tidur gw jam 5.15.
Masih terkena bed lag, gw baru bangkit dari tempat tidur 5.30. Makan. Mandi. Berangkat dan tidak terlambat.

Siangnya, dapet telpon dari asisten pribadi yang masih berhutang 40 ribu ke gw, ‘Mas, ntar ngeMC lagi ya, bacain narasi PSMUGM di recital di Balairung. Dalam rangka Simposium Pancasila lho, Mas! Ada Megawati, SBY, dll. Ayo ayo….’
‘Gak ada yang laen,po? Pengurusnya gitu?’
‘Pengurus pada nyanyi. Ayo, Mas. Terus siapa coba?’
‘Lha mbuh. Yaw is lah. Skripe wis ana ta? Aku ngerti beres.’
‘Iya wis, ke Gelanggang jam 5an ya..’

Sorenya, setelah mengantar Penguin membeli sepatu All-Star idaman, gw mandi dan ke Gelanggang. Berdandan keren, lagi-lagi dengan jas hitam yang membuat gw harus berterimakasih kepada Bu Sukarsono atas jahitan rapinya.

Semua baik-baik saja, dan tugas gw adalah ngegantiin Pak Surya Baskoro selama PSMUGM tampil.
Tiada manusia yang sempurna, bahkan si tampan mempesona ini. Gw salah melafalkan Jumenengan Sri Sultan HB X Gita Swarasisya Buwana sebagai Gita Swarasisya Busana. ‘Njur Sri Sultan malah peragaan busana pa, Mas Ishak?’ Ya ben, sing penting rampung, dan dapet honor cukup buat beli busana.
Berikutnya, pulang, sejenak maen dengan Simon sebelum akhirnya tidur dengan sukses.

Dua kegagalan kecil ini bikin gw makin yakin bahwa my fate is to be a rock-star doctor, bukannya dokter sambil ngeMC.

1 comment:

Anonymous said...

abang emang kaya rexona yah, selalu setia setiap saat buat nge-MC-in PSM UGM. salut!!