Monday, August 28, 2006

demam NIdji


I proudly proclaim myself to be one of hundreds living witnesses of an amazing, outstanding and chilling performance by Nidji in Jogja.

Beruntunglah gw yang terlatih untuk nyetir sambil jelalatan. Meskipun jadi accident-prone, berkat kemampuan ini gw jadi bisa ngeliat satu poster Clasmild Sensasi Hits di perempatan Jetis yang menampilkan gambar band paling menjanjikan Indonesia saat ini, Nidji! Nidji and Overload Romance would be performing at UPN Veteran Jogja, Friday, August 18!

Gw langsung jantuh cita pada pandangan pertama tatkala menyaksikan video mereka, Child. Selain karena musiknya yang sangat cihuy untuk ukuran band Indonesia, ada alasan klasik bahwa gw selalu menghargai musisi Indonesia yang bisa bikin lagu berbahasa Inggris yang bermutu. Terlepas dari tudingan orang-orang bahwa Nidji hanyalah sebuah Coldplay-wannabe, juga gerakan epilepsy dan rambut beringin tertiup angin Giring si vokalis, still they are one of my Indonesian music heroes.

Makanya, begitu ngeliat posternya gw berjanji demi bintang, bulan dan pak polisi perempatan Jetis, that I won’t miss this. Rencana pun disusun dengan seksama. Jadwal Jumat siang dan sore dikosongin. Sebagai teman nonton, gw memaksa Mia si Penguin Betina Tanpa Busana untuk turun dari desa tempatnya KKN, Gamplong. Dasar Penguin, mau aja dibegoin. Gw juga sempet bikin temen-temen ilfil, secara tiba-tiba di tempat umum gw lonjak-lonjak tak berbentuk ala Giring. Biar dapet soul-nya Nidji maksudnya. Biar makin asyik nontonnya, tak lupa kudengarkan berulang-ulang mp3 Nidji. Abang-abang Nidji, maap, level saya baru copy mp3 tanpa beli albumnya…

Gw yakin Nidji bakal maapin gw, secara gw udah berkorban banyak buat nonton mereka. Pertama, bensin buat pergi ke UPN Veteran yang letaknya di ujung bumi itu. Kedua, bela-belain pergi ama Penguin, yang bakal menurunkan pasaran. Ketiga, secara acaranya jam 2 siang dan venuenya di lapangan sofbol, jelas panas dan berdebu, jo! Untung saya pake Rexona, yang bintang iklannya Nidji juga [ra penting]. Empat, bayar parkir 3000 rupiyah, meskipun akhirnya gw relain secara nontonnya gak pake bayar lagi.

Secara beruntung, kami nyampe di UPN pas Overload Romance mulai naik panggung. Selama ini gw cuma tau satu lagu mereka, Layang-layang. Ternyata, barudak Bogor ini asyik gila. Disko abees. Gw suka betotan bassnya Upet atau siapa itu, satu-satunya cewek di Overload Romance, juga suara vokalisnya yang meskipun suka fals dan gak pitch, tapi bersih dan bisa nyatu banget ama musiknya. Maennya juga bersih banget, serasa kasetnya, meskipun komunikasi vokalisnya masih datar-datar ajah. Bangga juga bahwa Indonesia punya Overload Romance. Semoga ini bukan sekedar penilaian berlebihan.

Abis Overload Romance naiklah dua em-ce memandu games. Gw baru tau kalo di Jogja ini banyak Ronald-Suryapradja-wannabe berkeliaran. Rambut kribo di mana-mana… Berikutnya, marikan kita tampillah, N-I-D-J-I, NIDJI! Penonton langsung menyeruak menuju panggung, mengepulkan debu-debu intan ke udara.

Rama dkk langsung menggebrak dengan 2 lagu berbahasa Inggris, Disco Lazy Time ama Heaven. Ngangkat tenan, meskipun di awal sound systemnya sempet agak kacau…. Tapi secara keseluruhan, mereka dahsyat! Gaya kejang-kejang-perlu-diazepam Giring ternyata justru bikin asyik, melengkapi suara jernihnya yang bikin penonton di belakang gw berpikir dia tengah melakukan lip-sync. Komunikasi ke penonton juga dua arah, gak bosenin. Setelah lima lagu digeber, terdengarlah intro piano Child, yang sekarang jadi salah satu dari my all-time-Indonesian-favorites. Merinding… Berikutnya, Sudah dan Hapus Aku menutup rangkaian acara, sekaligus mengakhiri koor massal ribuan anak gaul [hoekk…] Jogja. Puas… Abang-abang Nidji, makasih ya. Saya bangga jadi saksi hidup penampilan Abang-abang…

Dan selama beberapa hari kemudian, gw jadi gemar mengimitasi gaya nyanyi dan joged Giring. Pake nyolong syal nyokap pula. Waduh, terkena demam Nidji nih.

No comments: