Thursday, June 16, 2005

pemerasan terjadi di mana-mana

Ok….just got home dari nonton akustik-an di FTP UGM yang malah felt like MTV Boiling Point. Come on… hampir semua penampil memberikan suguhan yang bakal bikin Indra Lesmana dan juri Indo Idol lainnya bunuh diri. Kecuali sobat2 gw Lulu dan Bernadetta Mia Selalu Setia Menemani Anda tentunya… Untung akhirnya acaranya gratis, gak jadi bayar seribu rupiah. Pemerasan tuh.
Pemerasan kedua terjadi di sudut lain kota Jogja. Jadi gini..hari ini 2 koas kurang kerjaan meng-sms seorang dokter untuk bikin appointment bwt responsi. "Siang ya", begitu dr Suma menjawab. Secara di dunia dokter spesialis "siang" itu gak jelas definisinya, dari mulut temen gw tercuat ide "How bout a movie?" Secara film yang terakhir kali kami tonton bareng adalah 30 Hari mencari Cinta dengan Mbak Dinna yang superb cuantek itu, berangkatlah 2 koas tampan (baca: Mirna dan tentunya gw) ke Mataram Theatre, satu-satunya bioskop layak tonton di Jogja. (sad but true..sigh)
Nyampe sana, motor yang terparkir di lapangan parkir (lha iyalah, masa di toilet geto?) bisa keitung dengan jari tangan. Kami pun menuju loket tanpa menghiraukan nasehat P Project "Antrilah di Loket" karena in fact kami memang gak perlu ngantre. Dan kami berdua sempet terpana dengan mulut menganga menyaksikan kertas bertuliskan "Rp 9000" di kaca loket. Monyong! It was 7500 the last time I went there. Pemerasan nih! Tapi gapapa, demi Mariana Renata, apa aja guw lakuin..
Abis beli tiket, Mirna ngajakin nyari makanan. Pertama dia nyamperin abang bakpau di teras bioskop. "Abis Shak", dia balik tanpa hasil
"Trus abangnya ngapain di situ, mau nonton juga?"
"Kali…Cari keluar yuk.." Berjalanlah kami keluar, dan diberkatilah mereka yang jual makanan di luar bioskop karena bakal dilarisin oleh makhluk-makhluk pelit macam kami. Maklum, food stall-nya bioskop harganya nendangz. Ya wis, dengan 4 ribu rupiah Mirna berhasil dapetin Aqua botol sedeng, 2 pilus Garuda, dan 1 Taro Rumput Laut.
"Kamu ga beli Shak?"
"Gak. Pengen pup nih". Dia terdiam, entah karena jijik atau sudah maklum ama kebiasaan gw.
Di dalem bioskop… "Uh…aus nih…gw beli minum dulu ya"
"Tadi gak sekalian di luar. Kan lebih murah..."
"Ogah, gak ada yang dingin. Lagian Aqua gelas mah di mana-mana gopek. Paling pol juga enem ratus", kataku berasumsi, sebelum akhirnya cengok karena harus bayar 1000! Pemerasan…. Tapi tetep gw beli juga. Ingin rasanya hatiku protes, tapi aku takut dipoles mbak-mbaknya.
Oke…masuk ke theatre, cari tempat di tengah. Makjang..begitu duduk langsung kecium aroma yang kudiagnosis sebagai kencing tikus.
"Mir, bau kencing tikus ga?
"Idih, sori ya, rumahku kan ga jorok. Mana tau gw bau kencing tikus kaya apa?"
Yeeee…lu kate rumah gw kerajaan tikus?
Ya udah, saking gak tahan, selama nonton idung gw tutup pake kerah kemeja biru Nevada gw. Ya, gw tau keringet gw bau. Tapi senajis2nya keringet gw, jelas lebih najis bau kencing tikus. Yuck…
Felem pun kelar. Bye mbak Mariana. Kami pun responsi dengan dr Suma dan sukses (atau beruntung?) mencetak nilai 80. Selanjutnya..makan di soto sapi Pak Ngadiran, salah satu makanan paling enak di dunia….

No comments: