Tuesday, June 14, 2005

hidup itu keras, jenderal!

Sip…gw pun nginep sehari di rumah, dan mengisi sore indah permai gw dengan menonton VCD Team-lo bersama keluarga dan sukses bikin mereka ketawa jungkir balik ampe dapur.
Besok paginya gw berangkat ke Jogja karena ada tugas mulia yang harus gw tunaikan: kerjain proyek terjemahan dari dokter residen yang entah-malas-entah-nilai-TOEFLnya-di-bawah-400. Dengan penuh perjuangan menahan nafsu ngebanting CPU gw yang entah kenapa malem itu hang mulu, gw done the project by 10 pm. Trus besok siangnya gw kasih hard copy-nya ke si dokter. Eh dia minta soft copy.
“Ketemuan ntar sore bisa, Zal?” – sejak kapan nama gw jadi Izal, dok?
“Boleh dok. Di mana?”
“Di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara aja ya. Ken deket rumah kamu, deket rumah aku juga. Jam 5 ya…”
“Sip!”
Sorenya, hujan-tak-tahu-diri turun dengan indahnya, bikin si dokter kebat-kebit. “Ujan nih. Gimana Zal, jadi ketemuan? Kamu gak papa naik motor?” Sebagai penyedia jasa yang baik, gw gak bakal kecewain customer dunk, “Jadi dok! Tenang aja”
Dan pas ujannya udah reda dikit, gw cabut ke depan TMP Kus-Neg. Sampe sana gak ada siapa-siapa kecuali pak becak yang dengan indahnya duduk meringkuk menahan dingin. Gw pun terdiam…aku menunggu… (Maliq bgt…) Dan akhirnya si dokter dating dengan Kijang merahnya yang ber-plat B. Sip! Transaksi pun terjadi. Sehelai disket (hari gini pake disket?) dan selembar uang kertas bernominal lumayan pun gw terima di tangan.
Ye…gw jadi tau penderitaannya banci2 yang (dulu) suka nongkrong di Jalan Kapas, tepat di sebelah utara TMP Kus-Neg. Tiap malem harus nongkrong nunggu customer. Kalo ujan harus relain make-upnya luntur. Gw jadi tau apa yang inspire Project Pop bikin lagu “Jangan Ganggu”. Okeh. Ini bikin gw sadar bahwa darah itu merah, jenderal! Salah. Hidup itu keras, jenderal! Banci harus berjuang buat dapet duit. Gw harus berjuang kerjain proyek terjemahan supaya ponsel gw tetap berpulsa. Bapak2 becak harus betah ngelamun di becak sampe dapet penumpang. Dokter2 harus kerja ampe pagi (contohnya dokter spesialis ObGyn gw, yang harus balik lagi ke RS jam 1 pagi buat operasi pasien). Anggota DPR harus gontok2an (gak nyambung!). Operator warnet harus mengubah jam biologis mereka.
Intinya, every one of us have our own fight-to- fight and a price-to-pay. Sukses gaknya kita ya tergantung seberapa gede harga yang udah kita bayar buat capai tujuan kita. Kesimpulannya: do your portion, fight your own battle. [hadirin sekalian, sambUtlah eh sambItlah Shak, motivator-genre-baru-tak-bermutu!!]

No comments: