Thursday, March 27, 2008

Bandung Pt.1: Skripsi Adek Kelas



Beberapa bulan lalu, gw sempet disodorin kuesioner buat skripsi adek kelas. Salah satu pertanyaannya, sebutkan 3 kota yang jadi pilihan Anda bekerja,sesuai urutan preferensi! Jawaban pertama gw, Jogja tentunya. Semua orang tau Jogja nan Berhati Nyaman itu zona nyaman senyaman-nyamannya buat gw. Kedua, Bandung! Alasannya: adem, makanan enak, artisnya keren-keren, surga distro dan pastinya meni geulis pisan awewena. Ketiga, Jakarta. Secara obsesi gw jadi Abang DKI Jakarta belum kesampaian, mentok di Kepulauan Seribu mulu. And today, I’m one step closer buat jadi urang Bandung.

Tak diduga, tak dinyana. Setelah wawancara ngawur gw di telpon, dateng sms dari seorang expat Australi. Gw diminta ke Bandung buat wawancara kedua. Woo hoo! Gw sorak-sorak dan melucuti celana, trus mengayun-ayunkannya sambil bergelayut di tiang listrik. Yeah! Secercah harapan tiba untuk segera lolos dari Azkaban.

Appointment’s been set, gw harus buru-buru cari kendaraan. Tadinya mo pilih pake travel, jasa transportasi yang sangat ill-defined. Kamsudnya biar gw tinggal minum CTM 2 tablet, tidur dan tau-tau nyampe di sono. Tapi ternyata gw ga bisa dapet alamat lengkap rumah sepupu gw yang mo gw tumpangin. Wong dia aja ga ngerti! Weleh. Demi kebaikan gw dan sepupu, gw pilih naik kereta.

Maap kalo gw katro, tapi begitu nyampe di Bagian Pemesanan Tiket Stasiun Tugu gw sempet bingung. Ini gimana cara mesennya? Maklum, biasanya semua udah diurus travel agent, gw tau beres [gaya….]. Setelah sedikit plonga-plongo, gw ikutan orang ambil nomer antrean dan mulai ngantre. Setengah jam kemudian, baru gw dapet tiket Kelas Bisnis Lodaya Malam jam 9-30. Ngirit, dan biar sekali-kali gw nyatu dengan rakyat umum [haiyah, padune pokil].

Pulang kantor, gw langsung siapin semacem-macemnya yang perlu dibawa. Gara-gara tas gw dibasahin si Celurut Psiko, gw musti buru-buru cari tas. Hal yang cilaka sewidhak rolas, sebenarnya. Mengingat dua minggu terakhir gw udah keliling belasan toko dan distro tapi pulang dengan mrongken secara ga ada juga yang cocok. Sementara sekarang gw cuma tinggal punya waktu beberapa jam. Diiringi ujan yang deresnya ngalah-ngalahin muncratannya Thukul, gw dan Penguin keliling cari tas. Beruntung, di toko kedua gw langsung dapet. Pulang, makan malem, trus siapin barang-barang. Jam 9, berangkat!!

Ampun, DJ! Jogja jadi sedingin Alaska! Untung Stasiun Tugu cuma beberapa menit dari rumah. Gw paksa Penguin temenin masuk ke Peron 9¾. Soon as the train approached, we bade goodbye, and I boarded. My last time on night train was like centuries ago. Serius. Belakangan ini mentok-mentoknya gw cuma naik Pramex ke Solo. So this would be like my first grown-up train travel. Sendirian lagi. Kayaknya bakalan seru!
Kereta lumayan sepi, banyak kursi yang kosong. Dan gerbong gw adalah gerbong gaul, secara isinya rombongan mahasiswa. Gw pake topi biar muka ketutup dikit dan mereka ga curi-curi pandang.

Gak berapa lama, ada petugas yang tawarin bantal biru. Tadinya gw ga ketarik. Tapi demi melihat penumpang lain yang dengan pe-wenya tiduran, ih pengen….. Gw bayar 2500, dan mulai cari posisi yang paling enak tanpa bantuan Kama Sutra. Baru coba-coba merem, datang dua bapak berompi ijo, mondar-mandir tawarin makan malem. Salah satu penumpang teriak ‘Elvis!’, yang disahut temennya ‘Heh! Edan lo!’. Pelan-pelan gw tolehin kepala. Ealah, si Bapak Restorasi emang pake jambul tinggi berkat minyak rambut 2 botol dan jambang tebal. Kocak juga…

Gw ternyata kurang well-prepared, maklum naik kereta pertama setelah sekian lama. Gw lupa bawa bekal air minum. Ya suds, gw panggil si Elvis Gadungan tadi dan pesen Aqua. ‘Kalo ga ada Aqua, es teh mau ?’. Gw ngangguk aja, and by that time I knew there won’t be Aqua for me. Hipotesis gw salah! Dia bawain sebotol Aqua yang botolnya agak kelinyit-kelinyit. Mungkin dia abis benerin jambul di dapur jadi tangannya masih bekas minyak rambut. Harganya rasional, 3 ribu doang. Tidak semencekik waktu gw beli di Bandara Ngurah Rai.

Perjalanan secara detil ga penting buat gw ceritain. Pokoknya ada ratusan kali gw ganti posisi tidur. Nangkring, nyender, ngegeletak, ngeringkuk, nyungsep sampe ngibing [?]. Sampe akhirnya, jam 5an gw dibangunin si Bapak Bantal yang minta bantalnya dibalikin. Oh, udah mo nyampe! Gw siap-siap trus sms sepupu gw biar dia siap jemput.

Hampir jam 6 di Bandung, ketika keretaku tiba. Semua tampak normal layaknya suatu pagi di hari kerja. Secara siyal, gw pengen poop. Toilet stasiun, secara mengejutkan, tidak terlalu mengenaskan. Tapi gw cuma tega pipis doang. Setelah kandung kemih kempes, gw keluar stasiun dan langsung disambut akang-akang. ‘Ojek, Cep !’ ‘Taksi, Cep !’ Aduh, seneng deh dipanggil Cecep, daripada Ujang ato Akang. Bikin gw ngerasa seksi [plakkkk !!!!]. Semua gw tolak, dengan bangga gw bilang ‘Dijemput, A!’.

Kebanggan gw luntur setelah belasan kali gw coba telpon sepupu , tapi ga diangkat juga. He was not being a dependable dog. Gw baru ingat bahwa bangun pagi memang bukan kebiasaan dia [yang sering kerja ampe pagi]. Bala bantuan dikerahkan. Gw telpon nyokap, minta nomer lain yang bisa dihubungin. Nyokap kasi nomer ibu kosnya. Gw telpon dong.
‘ Pagi. Martin ada?’
‘Martin ada tapi kayaknya belum bangun.’
‘Bisa dibangunin ga?’
‘Aduh… Ntar deh. Saya pake baju dulu. Ntar telpon lagi yak.’ She hung up.
Busyet. Untung ini bukan video call. Kalo iya kan gw udah melongo aja liatin dia angkat telpon tanpa busana.

Tunggu punya tunggu, telpon lagi tapi ga diangkat. Setelah setengah jam lewat, secara putus asa gw bilang Nyokap, ‘Mah, aku cari penginepan murah-murahan aja lah. Tempat wawancaranya juga deket stasiun kok.’ Nyokap bolehin, tapi tetep nyoba hubungin sepupu gw.

Gw udah mo check in di Hotel Arimbi, hotel melati yang ga ada pohon melatinya. Tiba-tiba Nyokap telpon, ‘Eh, udah bangun dia. Udah ke sana!’. Hmm. Baguslah. Gw balik lagi ke stasiun. Minum Capucini sambil baca Kompas, dan 40 menit kemudian nongollah yang ditunggu dari tadi. Setelah puluhan menit berjuang menembus rimba kendaraan bermotor, sampelah kami di kosnya di Cimahi. Gw masih punya lumayan banyak waktu, jadi lazed down dulu sambil baca-baca referensi manajemen dan akuntansi [busyet…]. Ditemani berbagai acara inpotenmen tentunya. Okay, end of Part 1.

No comments: