Thursday, March 27, 2008

Bandung Pt.2: Kurang Satu Persiapan



Menurut gw, semua yang gw perlu buat wawancara udah gw siapin. Kemeja beserta dasi yang serasi? Check. Sepatu kulit? Check, meskipun udah brocel-brocel dan minta diganti. Celana kain? Check, meskipun biasanya cuma dua kali setahun gw pake. Penampilan keren, wangi dan bonapid? Check. Kacamata, biar tampang gw ga terlalu imut dan lebih meyakinkan? Check. Semuanya siap, kecuali satu. Gw lupa sewa pawang ujan biar ga keujanan selama perjalanan Cimahi – Bandung.


Gw berulang kali ngeluh ama Penguin, betapa Jogja jadi kota yang sekejam ibu tiri buat gw, secara tiada hari tanpa ujan. Ditambah lagi, Dewa Hujan kayaknya sirik ama ketampanan gw, jadi diturunkannyalah hujan tiap kali gw di luar rumah [baca: naek motor], biar gw jadi lecek. Dan ternyata, Dewa Hujan Cabang Jogja udah kontak Dewa Hujan Cabang Cimahi, jadi beberapa jam sebelum wawancara mendung udah tebel banget. Dan akhirnya, tik tik tik bunyi hujan di atas genting, yang beberapa menit kemudian menjadi brus brus brus bunyi hujan deras sekali. Duh… Sia-sia dong gw berdandan kaya mo ke LA Fashion Week, kalo akhirnya keujanan. Kan ga seru aja kalo begitu gw nyampe kantornya, resepsionisnya malah kasih recehan ke gw, dikiranya gw gelandangan keujanan. Untunglah, sepupu gw dengan murah hati bela-belain beli jas ujan baru buat gw. Acik acik….

Berkat doa yang gw panjatkan dan puasa yang gw jalani selama 15 menit, hujan mengalami penurunan intensitas secara signifikan waktu gw berangkat. Meksipun, tetep aja gw musti pake jas ujan plus sandal jepit dulu. Ternyata, kalo Jogja adalah Ibu Tiri, Cimahi adalah Mbahne Ibu Tiri. Kejamnya dobel! Selain ujan, ada banjir dan genangan air di mana-mana. Belum lagi, di jam pulang sekolah dan kantor tentu jalanan lagi gila-gilanya. Untunglah, sepupu gw kayaknya suka nyambi juga jadi Tukang Ojek, jadi dia tau jalan-jalan tikus. Gw bisa nyampe di Jalan Pasir Kaliki sekitar 15:45, seperempat jam sebelum waktu janjiannya.

Kantor yang bakal gw tempatin [kalo keterima], ada di Pascal Hyper Square. Pascal adalah singkatan dari Pasir Kaliki, tapi gw baru tau kalo kompleks ruko bisa disebut sebagai Hyper Square. Di deket Ruko B77, gw diturunin. Tanpa merasa bersalah maupun malu, di pinggir jalan gw melakukan transformasi dari Kesatria Berjas Hujan jadi Eksekutif Muda Yang Juga Part-Time Model. Sendal jepit diganti kaos kaki dan sepatu. Dasi dipasang. Rambut ditata dengan bantuan spion motor. Okay, fotografer-fotografer, siapkan kameramu. I took the brave walk to Ruko B77, buka pintu dan masuk Ruang Audisi.

Setelah bilang ke resepsionisnya, gw diminta nunggu. Kesempatan, gw langsung nanya tempat kamar mandi. Kamar mandinya gw banget, ada kaca segede gaban. Setelah memastikan saya tampak sempurna seperti biasanya, gw balik lagi ke ruang tunggu. Gak lama kemudian, gw diminta ke lounge dan duduk dengan pe-we di sofanya.

Belum dua menit duduk, udah dateng aja yang ngewawancara. Chairman-nya, orang Semarang yang ternyata kenal kota asal gw.
‘Tahu RS Palang Biru?, dia nanya.
‘Oh jelas Pak. Saya lahir di sana.’
Satu lagi, Managing Director-nya, expat Australia yang sebelum mulai ngobrol minta maap dulu ama gw. ‘I’m sorry that being an Australian, I speak really fast. Because if I try to speak slowly, I would forget what I was about to say.’ Dan saat itulah gw bersyukur gw demen dengerin Kanye West, meskipun dalam kasus ini kuping harus sedikit beradaptasi dengan aksen Australia-nya. Tadinya gw berniat jawab pertanyaannya dengan kecepatan bicara yang sama. Tapi gw inget, ini wawancara kerja, bukan MC Battle.

Dia sempet nanya gimana gw nyampe di Bandung.
‘How did you get here?’
‘By train. There is no flight from Jojga to Bandung.’
‘No flight? But when we had a project in Jogja, we flew there few times’
‘Yea, I have called the travel agent. They said there’s no more flight, so train is like the only choice’
‘Oh, okay. So how long was the trip?’
‘Eight, nine hours?’
‘Wow!’, dan dia sujud sembah, kagum dengan ketahanan gw.

Singkatnya, setelah satu jam ngobrol sana-sini, wawancara selesai. Gw dianter keluar dan dikasi tau kalo bakal segera dihubungin. Pas gw keluar, sepupu gw pas lagi balik dari Istana Plaza. Kami pulang, mampir di Kartika Sari beli oleh-oleh. Trus mampir lagi di RM Keraton, makan nasi timbel ayam. Sepupu gw bilang, ‘Enak banget, beda karo biasane!’. Padahal, kalo gw jadi Pak Bondan, paling gw bakal bilang,’Not bad, pemirsa!’. Tapi ra masalah, wong gratis. Kelar makan kami balik ke rumah, dan gw nyesel ga bawa jaket. Dingin!!

Kami pulang, dan dia harus kerja lagi sementara gw ditinggal di rumah. Tanpa alasan yang masuk akal, gw keluar rumah buat cari bakso. Abis makan bakso gw tambah gak masuk akal lagi, pengen beli es krim! Tapi namanya juga di kampung, ga ada toko yang jual es krim. Bleh… Bahkan warung burjo yang semua penjualnya orang Sunda, malah ga ada satu pun di sini. Huhuhu… Gw pulang, nonton American Idol sebelum akhirnya ketiduran setelah finalis nomer empat. End of part 2!

No comments: