Friday, July 15, 2005

2 bloody hours.


Huahm...baru saja menjalani 2 bloody hours. Bloody dalam arti sebenarnya: gw ngeliat langsung persalinan seorang bayi cowok. Mulai dari si ibu2 jerit2 gak jelas karena perutnya udah kenceng2, sampe akhirnya bayinya nongol. [akhirnya..... dari kemaren cuma kebagian denger proses persalinan aja, ga boleh ngeliat]
Benar2 proses yang 'indah'. Darah dan lendir di mana-mana. Gross. Trust me, sometimes vagina's not as seen on movies (baca:bokep). Adegan yang paling mengerikan adalah 'melahirkan' plasenta setelah bayinya lahir. Somehow, buat gw serasa menyaksikan ibu2 melahirkan bayi ubur2 ungu dengan 1 tentakel. Ajaibnya, biarpun lendir dan darah berserakan di mana-mana, si bayi [bayi beneran, bukan bayi ubur-ubur] keluar dalam keadaan not-so-slimey, bahkan seemed powdery. Proses berikutnya adalah menjahit perineum dan uterus yang 'brocel' (Portuguese for 'robek'). And the doctor did it successfully unanesthesized...
Malem ini bikin gw so thankful was born male, that i don't have to go thru many pains females do have to. Pertama, hamil 9 bulan. Cowok sih dapet enaknya aja, tinggal ngebuahin, trus 'dung!' si wanita yang mblendung. Emang enak harus menahan berat belasan kilo di pinggang? Go ask Bang Arnold Schwarzeneger yang pernah menjalaninya di Junior.
Kedua, pain at labor. Gw ga tau gimana rasanya, yang jelas ibu2 yang lagi dalam persalinan bentuknya udah ga keruan. Mungkin serasa ngeluarin shit yang udah mengeras 2 minggu, tapi dari tempat keluarnya pipis (?). Kadang kami harus relain tangan kami dicakarin buat pelampiasan si ibu menahan nyeri.
Ketiga, perut, bokong dan paha yang gombyor. One easy way to distinguish a mom and a virgin: liat pinggul dan pantatnya. It's obvious. Kecuali pada Maia Ahmad dan beberapa wanita lain.
Keempat, Harus rela bagian 'itu'nya berubah bentuk setelah melahirkan. Pernah tau lelaki yang bentuk Mr Happy-nya berubah setelah ngehamilin orang? Terima kasih kepada penemu episiotomi, yang lumayan bisa ngembaliin jalan lahir ke bentuk semula -gak tau nih apa 'rasa'nya tetep sama -
Satu lagi, harus jadi eksibisionis sementara : rela keluarin boobs buat nyusuin anaknya di tempat umum. kalo beruntung sih cuma beberapa bulan, tapi kalo si anak 'bernafsu tinggi', bisa nenen ampe kelas 1 SD (percaya ato ga, ada temen gw yang nyusu ampe 5 tahun, dan gedenya malah trauma ama boobs).
Bukannya bermaksud jadi feminis. Cuma pengen mengemukakan the nature of a mom, kodrat seorang ibu. Harus menjalani semua supaya manusia di atas bumi tidak mengalami kepunahan.
Abis persalinan tadi aku sms Mama "Ma, baru aja liat persalinan pertama kalinya ni. Njijiki. Mama kok mau2nya nglairin aku. Makasih ya. O-i-a, mau beli c*l*n*-d*l*m lagi ah buat di Klaten" Berharap Mama akan membalas "Sakit gak papa, kan anaknya super duper ganteng kaya kamu. C*l*n* d*l*mnya side A side B aja". tunggu punya tunggu, Mama ga bales juga. uuh. payah. Tapi gw tetep ganteng. [penting, gitu?]
O-i-a hari ini Ishak dengan sukses mengukuhkan statusnya sebagai the perfectly-beautiful-accident-prone-Koas. Semuanya berawal dari kesalahan baca rekam medik dan dengan pedenya melaporkan ke residen "Pasien ini 56 taun, abis operasi wertheim, sekarang mau dapet kemoterapi ke-2".
"Masa? Ini pasien dah lama kok. Emang baru mau masuk kemo ke 2, Bu?", si dokter nanya langsung ke pasiennya.
"Nggak, ini udah mau ke-enam kok"
Gw liat lagi ke rekam medik nya, mastiin kalo gw ga salah baca. Gak kok, gw ga salah baca, tapi gw salah pegang rekam mediknya pasien kamar sebelah, dan dengan sukses diketawain temen2 + dokter2.
Trus, waktu meriksa pasien lainnya:
"Dok, ini abis operasi caesar. Sekarang hari ke3 abis operasi", lapor gw
"Oke. Kalo prosedur di sardjito GV-nya hari keberapa seudah operasi?", dokternya nanya
"Mmm...." [dokter junior baik hati kasih kode '5 hari!']
"5 hari dok!", aku jawab dengan pede dan lantang
"ya wis." Si dokter puas dengan jawaban gw dan pindah ke pasien lain sementara gw berbalik dan nanya ke kakak kelas "GV ki opo to?"
Phew.... what a day.......

1 comment:

Anonymous said...

mmmm, seneng juga liat cowok yang sadar kalo cewek gga sekedar aja. Well, aku siy belom pernah liat proses persalinan secara langsung. Tapi, aku pcaya aja, cowok yang udah pernah liat persalinan, bakalan ngerasa labih sayang ke mamanya dan lebih ngehargain cewek. Five thumbs up..[minjem darimana?]-tipron