Tuesday, July 24, 2007

5 Jam Tidak Untuk Selamanya


Oke. Sori kalo kemaren gw sempet bilang 3 Hari Untuk Selamanya irasional. Gw terima akibatnya. Sekarang giliran gw yang jalanin: 5 Jam Tidak Untuk Selamanya.


Semua dimulai dari ajakan Bos buat nemenin presentasi di Magelang di suatu Sabtu.
‘Ntar abis presentasi anterin saya ke Solo, ya? Trus saya ditinggal aja.’
‘Lho! Saya kan jaga klinik jam setengah 4, Pak. Emang nyampe?’
’Nyampe... Kan presentasi sampe jam 11, trus langsung cabut aja. Ntar sampe Solo paling jam 1, trus sampe Jogja jam 3. Kan pas tuh.’
Hmm... Sounds too risky...
‘Gak pake 2 mobil aja, Pak? Dari Magelang saya langsung balik?’
‘Gak usah…’
“……’
Yah, sudahlah, Magelang saya datang.

Hari Sabtu, rencana berangkat jam 8 jadi mundur setengah jam gara-gara bahan presentasi belum siap. Setengah 9, gw udah duduk di samping pak supir yang dengan begitu lelet mengendalikan Kijang supaya baik jalannya. Ya ampyunn… Fakultas gw kurang tajir apa, kok ya mobilnya gak pake AC. Terpaksa, jendela gw buka pol. Yah, itung-itung kasih rejeki pemandangan cowok cakep ama orang-orang di pinggir jalan. Beramal…

Hampir nyampe di Kota Magelang, kami ribet nyari tempat seminarnya.
Bos 2: ‘Kemarin itu saya baca di Hotel Abas, Mas! Coba tanya orang dulu…’
Turunlah gw nanya ke om-om yang tampak kaget dirinya dihampiri artis sinetron.
‘Pak, tahu Hotel Abas gak?’
‘Wah gak tau Mas, saya aja dari Kudus.’
Waduh. Oke, musti cari orang yang lebih rasional untuk ditanyai, yang less Kudus. Pak Parkir berbaju orange tampak memenuhi kriteria.
‘Pak, mau nanya Hotel Abas di mana ya?’
‘Wah, gak tau, Mas...’
Weleh, saya mencium bau-bau mencurigakan. Balik ke mobil, melaporkan hasil investigasi. “Ya udah, sambil jalan ntar nanya lagi’, Bos 1 memutuskan.
‘Sebentar! Kayaknya saya bawa surat undangannya.....’ (mengaduk-aduk isi tas)
‘Ini dia! Wah, ternyata bukan Hotel Abas, tapi Aula Bapas, katanya di depan New Armada. Wah, kebablasan. Harus muter ni!’

Kunyuk. Kalo gitu caranya, mau sampe Lebaran Monyet juga gak bakalan ketemu tuh Hotel Abas. Dan terkutuklah the City of Hope alias Magelang Kota Harapan yang punya banyak jalan satu arah. Kami harus muter gak keruan. Dasar kepunjulan, kotanya cuma seuprit tapi ada lapangan golfnya di tengah kota.

Akhirnya nyampelah kami di Aula Bank Pasar, alias BaPas, dan disambut oleh Ibu-ibu panitia. As always, mereka kaget mengetahui gw dokter juga. ’Saya kira finalis Idol je, Mas..’

Yah sudahlah, gw jadi pengeklik mouse selama kedua Bos presentasi. Presentasi yang mestinya beres jam 11 baru bubar jam 12 lewat. Selanjutnya? Makan siang lah kami, sambil basa-basi, dan (gw) membagikan file pake flashdisk. Akhirnya kami bebas juga jam 1, langsung cabut ke Solo.

Perdebatan kecil terjadi di mobil dalam perjalanan ke Solo.
Bos 1: ’Nanti lewat Ketep aja, trus lewat Boyolali. Lebih cepet! Pemandangan bagus, pula.’
Bos 2: ‘Gak lewat Ringroad aja trus Jalan Solo, Prambanan, Klaten? Jadi nanti saya ama Mas Ishak bisa turun aja trus ke kantor, gak usah ke Solo.’
Bos 1: ‘Oh, gak papa, ikut ke Solo aja. Cepet kok! Jauh lebih cepet daripada kalo Jogja Solo lewat Klaten.’
Gw: (berkata dalam hati) ’Pak. Saya. Harus. Di. Klinik. Setengah. Empat. Sore. Yang artinya 2 jam lagi dari sekarang.’
Yah, namanya juga ngomong di dalem ati. Bos gw kan bukan Deddy Coburzier yang bisa baca pikiran orang. Mana dia denger omongan gw. Gw dan Bos 2 pun pasrah saat mobil belok kiri menuju Ketep. We’re heading to Solo, meskipun sebenernya kami cuma tinggal setengah jam dari Jogja.

Sebagai orang yang peduli waktu, gw selalu memanfaatkan waktu gw dengan baik. Dan dalam perjalanan, tidak ada cara yang lebih baik untuk memanfaatkan waktu selain: TIDUR. Tanpa peduli betapa kerennya pemandangan di sekitar Ketep dan Wonolelo, gw tutup mata dan tidur. Meskipun cara pemanfaatan waktu ini bikin gw disindir abis di mobil, WHO THE HELL CARES. Bukan gw yang minta diangkut ke Solo berjam-jam.

Secara malem minggu, jalan Boyolali-Solo macet abis, dan kami baru nyampe Solo hampir jam 4 sore. Abis ngedrop Bos 1 di Novotel, kami langsung cabut. Niatnya pengen ngebut biar buruan sampe, tapi jalanan macet dan gw terpaksa menangisi nasib bakal telat setelat-telatnya ke Klinik.

Setengah lima, Admin Klinik telpon.
’Mas, sampe sini jam berapa? Udah ada pasien ini?’
”Wah, paling cepet setengah 6, Mbak!’
”Oh ya udah, ntar tak suruh pulang aja dulu. Rumahnya deket kok. Kalo sampeyan udah ada, ntar tak telpon aja’
’Oke.’
Jam lima seperempat, kami udah lewatin Klaten. Di daerah Prambanan, Bos 2 melontarkan bujukan setan, ’Mau mampir dulu, makan bebek goreng?’
Dan seoportunis-oportunisnya gw, gw masih bisa dengan tegas menjawab ’Saya ditunggu pasien, Pak’, meskipun jawaban gw dengan sukses bikin Pak Supir melirik tajam.

Setengah enam, kami nyampe Prambanan dan musti anter Bos 2 dulu ke rumah. Gw bolak-balik ngeliat jam di henpon sementara mobil telusurin jalan di Prambanan Klaten atau entah apa nama daerahnya, sampe akhirnya kami nongol di Jakal.

Sekali lagi, terkutuklah mereka yang menentukan penanggalan Romawi! Ini malam Sabtu, dan mobil cuma bisa merayap di sepanjang Jakal. Setelah puluhan gerutu, dan belasan sekaan tangan merapikan rambut (secara kaca mobil belum gw tutup juga), kami nyampe di kampus. Udah jam 6, yang artinya gw seharusnya ada di Klinik 2,5 jam lalu.

Admin Klinik nelpon lagi. Sori, Mbak, baru juga starter motor. Maapkan saya kalo bikin tambah telat, tapi gw merasa bahwa segelas es teh adalah urgent. Jadi gw mampir di warung burjo, beli es teh dibungkus dan langsung, cabut!

Nyampe di Klinik jam 6:15, yang artinya waktu jaga gw tinggal 15 menit. Gw udah ditunggu 2 pasien, yang merasa penantiannya tidak sia-sia karena dokter yang ditunggu-tunggu ternyata ngganteng juga. Secara artis, sampe Klinik gw sempetin cuci muka dulu, biar pesona tetep terpancar. Dua pasien beres dilayani jam 6:45. Akhirnya.

Gw pulang, mandi. Meluruhkan semua debu, daki dan rasa anyel. Thanks to kompor gas Rinnai gw, yang bikin gw bisa mandi air panas. Abis itu, jalanin tugas sebagai Pawang Penguin, nemenin Penguin jalan-jalan. Pfiuhhh. What a day. Kalo 3 hari-nya Yusuf dan Ambar bisa jadi bekal buat selamanya, sori, 5 jam gw gak bermanfaat apa-apa, Tidak Untuk Selamanya.

No comments: