Tuesday, July 24, 2007

Pastello VS Sagan Resto. Pemenangnya: Pastello

Uhuy. Uhuy. Tamu-tamu datang, siapa yang senang? Gw dongs, secara lagi-lagi makan gratis. Kali ini dua minggu berturut-turut.

Tamu pertama datang dari Flores Timur. Secara mereka udah nyobain ke mana-mana, mulai dari Chinese Food, berharam ria di Bang Ucok, sampai makan Cheesy Bites di Pizza Hut, bingung juga mo bawa mereka ke mana. Setelah mendaftar berbagai pilihan, akhirnya ide gw yang dipilih: ke Amplaz.

Tadinya sempet kepikiran makan di Taman Sari, tapi secara tempatnya kurang private dan bayarnya susah kalo pisah-pisah, kami melirik tempat-tempat lain. Red Bean katanya gak enak. Solaria penuh. Oke, Pastello jadi pilihan.

Tempatnya sempit banget, tapi dengan sedikit akal-akalan pake cermin bisa keliatan gedean dikit. Kami bertujuh ditempatin di sofa sudut. Empet-empetan tapi nyaman-nyaman ajah. Mulai pesan! Pilihan gw jatuh kepada Chicken Hainan ama Blue Punchnya (lupa namanya apa).

Gw gak salah pilih. Chicken Hainannya top! Ayamnya empuk, bumbunya ringan tapi seger. Nasinya juga bumbunya gak kaya, makanya gak bikin eneg. Yang paling top adalah kuah jahenya yang seger banget! Ingetin gw ama Mom’s Ayam Jahe. Gw banget dah. Blue Punchnya seru juga. Nyatu aja rasanya. Buat makanan dan minuman ini, perlu keluar kocek 30an ribu. Tapi worthed it kok. Tamu-tamu yang nasi-minded juga keliatan puas ama seafood mereka. Win-win solution nih ceritanya.

Oke, moving on ke tamu kedua. Kali ini dari belahan Nusa Tenggara Timur yang lain, Labuan Bajo. Tadinya mereka mo dibawa ke RM Sederhana [yang gak sederhana ituh], tapi secara mereka nginepnya di Wisma MM UGM, ya suds, makan aja di depannya. Sagan Resto.

Kami dilayani dengan oke, bahkan boleh pake VIP room gratis. ’Untuk pelanggan dari UGM kami gak kenakan charge’, gitu kata manajernya. Oke. Ruangannya emang pantes disebut VIP. Ada meja gede dengan 8 kursi cozy. Tersedia juga whiteboard, AC, teve kabel yang cuma bisa beberapa channel, VCD dan fasilitas karaoke, dan LCD projector beserta screennya. Representatif banget buat ketemuan bisnis.

Oke. Langsung saja ke menu. Masnya pelayan bilang yang spesial adalah seafoodnya, secara seger. Emang sih, begitu masuk restoran kami disambut dengan jajaran akuarium berisi makhluk-makhluk yang H2C karena ajalnya segera tiba. Pilihan jatuh pada Udang Bakar Madu, Cumi Saus Tiram, Cah Kangkung, dan Sup Asparagus Kepiting.
Untuk minuman, pilihan gw jatuh pada salah satu jus [lupa namanya, kalo gak salah judul felem ato lagu jadul], pokoknya campuran stroberi, lemon, jeruk dan soda.

Selama ini gw denger premis bahwa Sagan Resto menang tempat dan harga doang [baca: gengsi]. Rasanya biasa, kurang tasty secara disesuaiin ama lidah bule. Kita liat aja!
Makanan datang. Sup asparagusnya lumayan. Bumbunya gak begitu berasa, tapi sah-sah aja sebagai appetizer dan anget-anget. Mereka kasih juga sambel kecap kalo pengen sedikit njawani. Udang bakarnya kecil-kecil! Rasanya juga kalah jauh ama Mang Engking. Agak mengecewakan. Cuminya standar aja. Entah karena rasanya yang biasa ato karena gw lebih suka cumi goreng tepung daripada yang dimasak pake cara lain. Ca kangkungnya bisa dibilang lumayan, meskipun di kaki lima banyak yang lebih enak dengan harga seperempatnya. Cuma minumnya yang bisa dibilang enak. Gw emang lagi demen jus-jusan gara-gara jus cranberry 5 ribuan di samping Kanisius. Tapi jus yang ini seru juga, berasa buahnya.
Akhirnya bisa disimpulkan bahwa premis tadi terbukti benar. Untuk rasa, Sagan Resto biasa aja, meskipun buat tempat dan suasana emang oke. Harganya? Hmm... Kurang lebih 2 kalinya Pastello.

Kesimpulannya, gw sih lebih suka Pastello ke mana-mana. Pak, besok-besok ke Pastello aja lagi... [merajuk pada Bos]

2 comments:

Anonymous said...

wuis..priya karir makannya di resto2 mahal...gitu gax mau ngasi PJ. kna azab lo ntar...
lagian kan dan ada profesi baru sebagai pawang pinguin, jadi mestinya kan ada penghasilan tambahan dari yang punya pinguin, py toh??

rajim said...

Kebetulan nemu blog ini, just share, tadi nyobain makan di sagan resto. t4 nya bagus dan tenang.

Pesan rica-rica kerapu bakar, ikan, sambal nya enak

Pas bayar jujur saja, aku sedikit shock lihat harganya, dgn berat 5.5 ons di bandrol Rp. 162.250.

Bagi mahasiswa seperti saya ini kerasa banget mahalnya.

Ambil positifnya dari pengalaman ini, mahal banget ni resto. Kalo tau mahal pasti aku ngga kesitu, kecuali nanti kalo dah mapan, amin.

Ok, sekian dari saya, terima kasih