Tuesday, July 24, 2007

Duel Kelas Berat

Udah agak lama nih, tapi kudu ditulis, secara perang antar maestro gitu loh. Gila aja, veteran semua yang manggung. Oke, langsung aja, ini liputan gw dari konser Star Mild Music Obsession On Stage: Andra and the Backbone dan Evo.

Acara nonton sempet terancam batal, secara ujan cukup deres sampe Converse putih gw basah kemlebus dan kaos kaki gw mulai mengeluarkan aroma aneh. Tapi selang beberapa menit, semangkuk sop romansa dan sebungkus es kopimiks, ujan berenti. Kayaknya langit merestui kami buat nonton. [halah]

Tiket seharga 7500 jadi sangat value-for-money, secara bisa ditukerin ama satu kotak Star Mild yang harganya 6500. Jadi kalo diitung-itung sebenernya cuma bayar serebong. Tapi, begitu tukerin tiket di booth Star Mild, Penguin langsung ngancam ’Hayo! Kasihin ke Mbak Nit semua rokoknya, biar dikasihin ke temennya. Awas kalo ngerokok lagi!’ Hiiih, kecil-kecil ngancem. Tapi gw nurut juga. Star Mild Original dan Menthol pun berpindah tangan.

Kami melewatkan Kuru Pasai or whatever they was, band reggae gitu, dan sempet ngeliat beberapa lagu Mario Bross yang menurut gw sangat biasa, garing dan menang dandanan doang. Satu nilai plus yang gw suka dari konser-konseran di Jogja: MCnya kocak. Gepeng dan Alit sukses gokil-gokilan, lengkap dengan kostum superhero. Lumayan, buat kulakan guyonan.

Dan saat yang ditunggu tiba juga, Evo!! Secara udah lama gak nonton Elda, rindu ini terbayarkan juga… [halah] Evo memulai dengan Prelude yang sebenernya biasa aja dan malah kaya one-man-shownya Angga, dan langsung menggebrak dengan Evolution. Top! Elda tampil keren banget, pake tanktop putih, jins biru ketat dan ekor-ekoran baju pengantin (entah apa namanya) yang pas banget ama rambut coklatnya yang mirip model video Seperti yang Kau Minta-nya Chrisye. Dia nyanyi nyaman banget, dengan gerakan khas Elda yang careless tapi ada emosinya. Suaranya gak usah ditanya lagi, secara kata Kelik Pelipur Lara EVO itu singkatan dari Elda Vokalisnya [njuk ngapa?].

Musiknya? Owyeah banget… Kelas berat semua yang di sini: Didit ex Plastik [yang lagu Seperti-nya jadi salah satu lagu Indonesia favorit sepanjang masa saya], Ronald ex Gigi ex Dr.PM, Edwin ex Dewa [yang pernah gw wawancara waktu SMA], Adnil [untunglah dia keluar dari Base Jam], dan Angga entah-ex-apa yang ternyata keberadaannya dalam band rock cukup berarti, gak kaya kibordis lain.

Mereka tampil oke, meskipun kadang ada sesuatu yang aneh, kayak kurang stem dikit. Tapi skill mereka jelas kelas berat. Dan yang bikin gw kaget, crowdnya! Ternyata banyak banget Evolver di Jogja. Mereka ikutan nyanyi ama Elda, bahkan di lagu-lagu yang jarang diputer di radio. Udah bisa makan gaji buta aja tuh Elda. Performance diakhiri dengan Agresif, yang harus diakui memang paling ngangkat dibanding lagu lain. Kesimpulannya: gw puas.

Sebelum Mandra and the Backbone naik, Gepeng ama Alit balik lagi. Secara Andra dan Tulang Belakangnya itu lama banget ngeset alatnya, Gepeng ama Alit udah ampe bingung mo ngegokil apa. Tapi lucu-lucu aja tuh.

Yak, akhirnya mereka main juga. Gw gak usah banyak komentar ah. Sebenernya musically okay, cuma gw keganggu banget ama gaya vokalisnya yang gak ngangkat meskipun suaranya gak ada masalah. Cuma ya itu tadi, karena dia males goyang [dan emang kharismanya kurang] gw jadi males nonton. Apalagi kebanting ama Elda yang main sebelumnya.

Seperti yang diperkirakan, Andra tampil oke banget. Tadinya gw pikir ini band bakal jadi one-man-show Andra, makanya dia cari vokalis yang gak ngangkat dan tetep jadi bintangnya hehe. Tapi ternyata tidak! Andra banyak kasih kesempatan Paul buat ngepol mainnya, bahkan sering juga mereka duet. Dua hal yang patut disayangkan, Paul adalah kakak Audy [njuk ngapa...], dan sering dipuji karena tampangnya yang menurut gw biasa aja [ini bukan sirik!]. Backvocalnya patut dipuji karena berhasil kasih harmonisasi yang pas.

Herannya, nama besar Andra ternyata bukan jaminan fanbase mereka bakal kuat. Gw kaget aja ternyata gak banyak Backboners yang ikutan nyanyi. Sepi... Cuma di lagu Musnah aja penonton ikutan nyanyi. Kesimpulan: oke tapi kurang ngangkat.

Overall, gw puas. Pawang hujan berhasil menunaikan tugasnya. Gw bisa nonton Elda lagi. Dan kalau gw harus kasih nilai mana yang menang, gw bakal bilang Evo lebih oke.



No comments: