Wednesday, June 27, 2007

time is more precious than Mikimoto tiara

Di tengah kehebohan dan pesta pora karena Piala Citra Ekskul sebagai Film Terbaik FFI 2006 dicabut, gw musti berpuas diri dengan film-fim Indonesia yang biasa saja. Ada 3 film yang bakal gw review, dan I better make it brief, since ‘time is more precious than Mikimoto tiara for a young and restless career guy’ (Suryawan, 2007)

3 Hari Untuk Selamanya.
Setelah dua kali tertidur di 21 pas nonton midnite Spiderman 3 dan Pirates of the Carribean, gw beranikan diri mempertaruhkan 15 ribu rupiyah buat nonton di Amplaz lagi. Setelah seharian disiksa dan didera di kantor dan Apotek, hanya sebungkus es kopimiks yang diharapkan menyelamatkan gw dari merugi 15 ribu. Kali ini ditemani lychee-filled donut dan es coklat Dunkin.
Gw datang dengan harapan besar. 3 Hari untuk Selamanya. Miles Production. Riri Riza. Mira Lesmana. Nicholas Saputra. Ardinia Wirasti. Hanya diputar di 4 kota. Sounds convincing and exclusive enough. Tapi begitu nonton fimnya, satu kata terlintas: NGACO. Mana ada perjalanan dari Jakarta ke Jogja ampe 3 hari? Kaya kalo Jogja ada di timur Papua Nugini aja.

Masih banyak lagi hal-hal kecil yang bikin gw mengernyitkan hidung. Kenapa udah nyampe Tegal malah pake nginep? Kenapa dari Tegal pagi-pagi tapi nyampe Sendang Sono udah tengah malem? Kenapa tengah malem gak bisa berdoa di Sendang Sono? Dan kenapa-kenapa lainnya hingga ’Kenapa Eminul tidak kesyut waktu di Sendang Sono?’

Terlepas dari ngaconya cerita, akting Nicho dan Rasti sebenernya udah oke banget. Chemistrynya dapet banget, bahkan di Extravaganza Sabtu lalu muka mereka jadi mirip. Gw jadi bertanya-tanya kenapa dulu Rangga nggak jadian aja ama Carmen.

Ada beberapa bagian skrip yang gak penting, seperti pas Nicho ngomongin kepadatan penduduk Jawa. Udah nyaingin kantor gw yang ngomongin data epidemiologis NTT aja tuh. Tapi selebihnya, alami dan cocok-cocok aja buat anak-anak seumuran lulus SMU.


Beberapa tokoh juga ngeganggu banget. Baru ketahuan kalo Tarzan Srimulat ternyata jago main dialek. Saking jagonya, dia ngomong Bahasa Jawa pake dialek Banyumasan dan bahasa Indonesia dengan dialek Solo/Semarang. Nggak nyambung, Pak. Mana karakternya mesum abis lagi. Jadi pengen nampar.

Satu lagi yang pengen gw tampar: orang-orang LSF yang main sensor seenaknya. Tercatat 8 adegan yang mengalami pemotongan. Beberapa pemotongan dilakukan sewajarnya. Beberapa dilakukan semena-mena tanpa memedulikan penonton-penonton cowok yang susah duduk tenang secara ada sesuatu yang ngganjel. Dan satu pemotongan yang paling bikin naik darah: mereka memotong endingnya. Ayo kita tampar rame-rame.

Ada tiga hal yang gw acungi jempol. Pertama, Ardinia Wirasti yang makin merekah aja. Kulit coklat, kaki panjang, rambut hitam panjang, tulang pipi tegas dan gigi sedikit tonggos. That exactly is my definition of true beauty. Jadi inget ama seseorang. Kedua, musiknya. Float secara sukses menghadirkan nuansa yang pas banget ama filmnya. Tidak berlebihan, tidak kurang. Pas dan floating. Ketiga, selamat buat Riri dan Mira yang berhasil bikin gw bertahan melek dan tidak merugi 15 ribu. Or should I address that to the coffee? Ada sesuatu, entah apa, mungkin kharisma, yang bikin adegan-adegan terasa sangat kuat dan bikin gw ngerasa ini bukan film sembarangan.

Coklat Stroberi.
Gw terpaksa nonton film ini [dan bayarin Penguin] sebagai penalti akibat jatuhin helmnya 6 kali. Dasar penguin, wis cilik, elik, tukang memeras meneh.
Gak ada yang bisa diunggulkan dari film ini. Lame script. Upi Avianto gagal mengulangi kesuksesan 30 Hari Mencari Cinta. Dialog Coklat-Stroberi segaring Wafer Tango Coklat atau Stroberi. [Entah kenapa Penguin malah sering ketawa ngakak]
Lame act. Oke lah, crying scene-nya Nadia Saphira di Jomblo emang nendang banget. Tapi di Coklat Stroberi dia bermain layaknya Milly dalam AADC Sinetron. Nino Fernandez sebaiknya mulai latihan akting biar gak cuma bisa pamer bodi. Marsha Timothy gak memorable, baik tampang maupun aktingnya. Marrio Something itu sebenernya pas banget peranin Aldi, tapi gara-gara akting dan skrip yang lemah tadi, karakternya jadi kurang keluar. [Entah kenapa Penguin bilang akting keempatnya natural banget].

Kehadiran banyak cameo ternyata tidak banyak membantu. Tike Priyatnakusumah, Luna Maya dan Fauzi Baadilla berlalu begitu saja. Vino Bastian malah gak penting banget. [Entah kenapa Penguin bilang Vino lucu banget].

Gw sempet mencak-mencak gara-gara Bila Aku Jatuh Cintanya Nidji dipake jadi soundtrack. Gak relaaa!!! Kalo lagu-lagu Letto dan Ungu sih emang cocok banget buat film ini: sama-sama lembek. [Entah kenapa Penguin bilang Ungu keren banget].

Seakan semua hal tadi belum cukup bikin gw muntab, baru sekarang nonton film di bioskop serasa nonton sinetron di TV: banyak iklannya. Mulai dari iklan Eskulin, Zinc shampoo anti ketombe dengan Nutrient Lock dan Pro Vitamin B5 [gw apal, secara Upik Babu gw pake], WRP sampe L-Men.

Saking boseninnya, gw sampe ketiduran di adegan yang mungkin paling seru di film ini: ciuman Aldi dan Nesta. Begitu gw bangun mereka udah kepergok ama cewek-cewek. Cuma ya itu tadi, saking boseninnya gw bahkan gak nyesel ketiduran di adegan paling seru.

Film bubar. Gw senang, secara bisa lanjutin bobok di rumah. Dan entah apa yang terjadi, Penguin keluar bioskop dengan sangat puas. Was it the movie or the excitement karena dibayarin nonton yang bikin dia gak keruan gitu ya?

Maaf, Saya Menghamili Istri Anda.
Film ini cuma menawarkan satu daya tarik buat gw: S-H-A-N-T-Y. The one and only, Shanty. Gw memang gak bisa berharap apa-apa. Filmnya cuma dibikin 7 hari, seperti Mendadak Dangdut [bahkan took more time buat gw bikin film A Tribute to Angkatan 34]. Skenario kembali ditulis oleh Monty Tiwa, dan film kembali diproduseri Rudi Sudjarwo. Gw masih sangat kecewa dengan Mengejar Mas-Mas, jadi mendingan gak berharap banyak daripada kecewa.

Dan again, gw musti bilang ama Mas Monty Tiwa: research, research, research. Gw gak kaget kalo orang-orang Batak di seluruh Indonesia sepakat memboikot film ini, meskipun sudah ada kesepakatan damai. Secara Kak Monty bukan orang Batak, tidak ada satu pun pemain yang Batak, dan kita tahu kalo di Indonesia tidak bijaksana mempermainkan suku orang lain.

Sebenernya kalo cuma buat lucu-lucuan, ada lah adegan yang emang bisa dianggep lucu. Adegan casting di awal film, misalnya. Sisanya, biasa aja. Film berlalu tanpa kesan, dan gw tidak masalah secara alasan gw nonton emang cuma pengen tau sejauh mana akting Shanty berkembang. Lumayan, kok. Ringgo yang biasanya oke entah gimana jadi biasa aja. Gw bosen kali, secara dia mainnya gitu-gitu mulu. Lagian gw gak setuju kalo dia main jadi playboy. Sex appealnya dimana coba? Di muka tapirnya? Gw sempet ragu waktu Mulan Kwok bilang di infotainment kalo berakting di film beda ama di sinetron. Hmm... As if dia udah banyak main film dan sinetron. Tapi ternyata terbukti. Akting dia di sini bener-bener beda dengan aktingnya di sinetron ama Baim Wong. Oya, Mulan juga nyanyi satu lagu keren banget, This Place, yang lebih oke daripada versi aslinya di album OST Mengejar Mas-Mas.

Sekali lagi, duet maut, eh mawut Rudi Sudjarwo dan Monty Tiwa gagal memuaskan gw. Kapan ni sekuelnya 9 Naga keluar? Katanya trilogi?


Well, in the end tahun ini baru ada 3 film yang bisa diunggulkan buat festival: Long Road to Heaven, Naga Bonar dan Kala. 3 Hari Untuk Selamanya mungkin masih bau-bau festival dikit. Kita tunggu aja berapa banyak FFI bakal berubah tahun ini, dan apakah BP2N bakal mencabut Piala Citra Film Terbaik lagi.

1 comment:

Anonymous said...

Gw terpaksa nonton film ini [dan bayarin Penguin] sebagai penalti akibat jatuhin helmnya 6 kali. Dasar penguin, wis cilik, elik, tukang memeras meneh

Dialog Coklat-Stroberi segaring Wafer Tango Coklat atau Stroberi. [Entah kenapa Penguin malah sering ketawa ngakak]


Marrio Something itu sebenernya pas banget peranin Aldi, tapi gara-gara akting dan skrip yang lemah tadi, karakternya jadi kurang keluar. [Entah kenapa Penguin bilang akting keempatnya natural banget].

Kalo lagu-lagu Letto dan Ungu sih emang cocok banget buat film ini: sama-sama lembek. [Entah kenapa Penguin bilang Ungu keren banget].

mo comment, tapi nanti dibilangin kepunjulen lagi...
hehe...
-mbm-