Monday, November 06, 2006

Saya sewot




Gw mengaku sewot. How can I not be? Delapan belas hari meninggalkan Jogja, pas gw pulang dua pertanyaan yang menduduki peringkat atas dalam FAQs orang-orang yang menyambut kedatangan gw adalah ‘Oleh-olehnya mana?’ dan ‘Dapet duit berapa?’ Guys, please. Tidakkah terlintas how-are-you atau how-has-it-been dalam pikiran kalian?

Well, it actually doesn’t bother me at all, secara bisa balik ke Jogja idup-idup aja gw udah syukur… Beberapa hari sebelum balik, banyak banget berita-berita kecelakaan. Bahkan tempat kejadian njungkelnya kereta api Jakarta-Bandung di Karawang ituh cuma 5 kiloan dari klinik tempat gw jaga. Untung gw gak terima korbannya…

Gw tambah ketar-ketir secara temen-temen gw ajakin pulang naik bus Patas ekonomi. Katanya, biar duit yang harusnya buat beli tiket travel bisa buat beli oleh-oleh. Ya sudahlah, gw pasrah. Belakangan baru gw dapati bahwa bus ekonominya memang benar-benar ekonomis. Selain ngegelar kursi tambahan di koridor, mereka juga naikin motor [baca: motor Honda Astrea Supra sebenarnya, bukan hanya replika] di deket pintu belakang. Yang paling parah: gak ada AC. Bus belum jalan juga gw udah keringetan. Gw cuma bisa mulai berdoa, ‘Tuhan, aku pengen nyampe Jogja idup-idup, aman dan tetap tampan supaya tetap bisa bekerja sebagai model. Amin’

Bus mulai jalan. Baru juga 2 jam perjalanan, bagian belakang kanan bus menyenggol bagian kiri depan sebuah mobil pengantar paket. Perlu diketahui, saya duduk di kursi pojok kanan belakang, Saudara-saudara! Kenyamanan tidur gw akibat 8 mg CTM pun terusik dengan suara ‘gubrak’ dan perjalanan harus dihentikan sekitar 15 menit supaya para sopir bisa bersilat lidah. Gw tetep, tidur lagi. Untungnya kejadian ini bawa berkah: supir jadi melek dan tetep waspada selama mengendalikan bus supaya baik jalannya.

Akhirnya, nyampe juga di Jogja. Mendapati rumah gw berantakan secara adek gw tanpa tanggung jawab mudik gak balik-balik, gw bebenah rumah dulu. Abis mandi baru ketemuan ama temen-temen biar mereka bisa melepas rindu ama gw. Dan sebaliknya, tentu saja. Acara ‘Kater Reunites’ harus dihentikan sebentar karena gw harus ke salon dan menjalani rangkaian proses keramas-pengeringan-penyetrikaan-pengaplikasian krim pelurus-keramas air panas-pengaplikasian krim penetral-keramas-pengeringan-pengaplikasian vitamin supaya rambut gw kembali halus lurus mulus tampak terurus. Dengan rambut yang lebih indah daripada satu setengah jam sebelumnya, reuni dilanjutkan lagi.

Malemnya, jalan ama Seseorang dengan huruf S besar, dan dapet tas di It’s A Store Galeria, yang bikin gw ngerasa it-was-made-for-me pertama kali gw ngeliatnya. Perjalanan keliling Jogja bikin gw nyadar bahwa buat ukuran malem minggu, Jogja sangat sepi! Padahal lagi jor-joran konser artis ibukota. Jumat malem ada Samsons di Mandala Krida. Sabtu malam ada Shaggydog, Kapten dan J-Rocks di Kridosono, Audy di TJ’s dan Kerispatih di Bogey’s. Tapi ngeliat daftar artis-artis yang baru gw tulis tadi, gw maklum aja kalo Jogja sepi, secara dari semua artis yang pengen gw tonton cuma Shaggydog ama J-Rocks. Lainnya? Gak deh, makasih.

Yah, demikianlah. Pada akhirnya Sang Pangeran Tampan hidup bahagia [kalo bisa] selama-lamanya di Jogja, dengan teman-teman yang setia, rambut yang lebih indah, dan Seseorang dengan huruf S besar.

No comments: