Friday, November 03, 2006

Berbekal 20 ribu, berniat taklukkan Jakarta


Berbekal 20 ribu, berniat taklukkan Jakarta. Itu yang ada di pikiran 130.000 pendatang baru di Jakarta. Rame-rame naek truk, dengan bekal seadanya, tanpa relasi, tanpa tempat tinggal. Niat mereka cuma 1: cari kerja, secara menurut mereka cari kerjaan di Jakarta lebih gampang daripada di kampung. Lebih gengsi pula. Mereka rela tidur di terminal, makan seadanya sambil menunggu proyek, entah apa yang ada di pikiran mereka tentang proyek.

Konon dari artikel yang dibaca kakak kelas gw di Kompas, buat beli kopi seharga 1500 aja mereka urung. Kemahalan, katanya. Duh, padahal gw sering abisin 10 kali lipatnya buat secangkir kopi juga. ...

Oke, ngomong-ngomong mereka ngingetin gw ama seseorang: Gw. berbekal seadanya [yang jelas lebih dari 20 rebu], dengan 1 koper dan 1 postman-bag gw berangkat ke Karawang. Gw gak punya bayangan bakal kaya apa Karawang, secara gw belum pernah ke Karawang sebelumnya. Juga tanpa gambaran bakal ngapain aja gw di sana.

Yang bedain gw ama mereka adalah gw lebih beruntung, secara gw punya tempat tinggal yang jelas: Klinik Anggadita, meskipun seringnya harus tidur berjejal 4-5 orang sekamar. di klinik ini juga gw baru tau kalo jadwal jaga di Karawang mengharuskan gw pindah klinik tiap 1-3 hari sekali, dengan jarak antar klinik bisa nyampe 1,5 jam dengan angkot. Gw jadi merasa seperti Dora, keliling kota dengan bekal Peta! Peta! Untung gw ga bawa monyet juga.

Gw juga harus bawa postman-bag gw ke mana-mana, ditambah satu tas plastik Athlete's Foot, secara mustahil buat gw untuk keliling kota bawa koper yang segede Gaban itu. Hasilnya nyata: gw tampak seperti gelandangan berparas tampan. Oke, hal pertama yang harus gw kerjain kalo mau ke Karawang adalah beli travel bag yang seenggaknya muat bawaan buat 3-4 hari.

Well, meskipun in sort of cases gw ga jauh beda ama mereka, i'm way much luckier and i should be grateful for this. Di hari kedua di Karawang gw udah langsung mulai kerja, dan dalam beberapa hari gw udah bisa kumpulin duit 7 digit, which is merupakan rekor baru buat gw. Bakalan salah banget kalo kerjaan gw gak bener di sini. Oke, teman-teman, doakan saya!!!

4 comments:

Anonymous said...

Waduh,,,fresh2 uda dapet aja ya kak. keren euy ^_^ (tujuh digitnya itu,,,pengenn dengan mata ijo..mata ijo). Cie yang seminggu lagi pelantikan! Semakin dekat saja waktunya yah..
Btw,,,emang gada yg ngasi komen niy kak??

shak said...

Ya begitulah, membanting keringat dan memeras tulang demi sesuap nasi dan sebuah laptop hehe.
Tau nih, visitor blognya banyak [guys, i know you keep visiting] tapi pada gak komen. Mungkin post saya membuat mereka keabisan kata-kata... Saya gitu loh.

Anonymous said...

Abang, kalo kepepetnya kamu gak dapet kerjaan jadi dokter, bikin buku aja bang dari kumpulan post ini. Dijamin, pasti ngetop dah bukunya. Trus kalo udah ngetop kan kamu jadi artis Bang, kalo udah jadi artis, pasti praktekmu laku. Dijamin deh Bang!! Lagian sekalian batu loncatan kan, buat jadi model (majalah Trubus). Gimana? Ide yang bagus kan?? CAntik sih saya ...

Anonymous said...

Bisa beritahu contact person dan no. HP-nya yang sekarang masih aktif gabung di kelompok Anggadita?

Send your reply to beny_nurcahyanto@yahoo.com