Tuesday, September 26, 2006

-set Bondan Winarno mode-

Lagi-lagi liputan kuliner! Kali ini tempat yang beruntung kedatangan cowok tampan sok-rocker adalah Joglo Resto di Samirono, yang sebenernya lebih tepat disebut Food Court atau Pujasera. Kedatangan gw ke sana adalah tanpa sengaja, secara Penguin ngajakin dan gw lagi ga ada ide pilihan tempat lain buat makan siang.
Entah kenapa, dari kedai yang sekian banyak itu, gak ada yang menarik gw. Gw mulai mencak-mencak. Please deh, masa ga ada satu kedaipun yang jualan sesuatu yang 'beda'... Yang paling bikin gw penasaran adalah Ayam Taliwang. Dengan harapan setidaknya ada miripnya ama Nasi Lawar, secara Bali ama Lombok kan tetanggaan. Oke, kita coba!
Pesanan datang. Sebagai orang yang mengutamakan serat saya merasa terhina, secara menu ini tergolong low-residual diet. Paket ayam seharga 6500 cuma terdiri dari ayam ukuran kuecil yang digoreng kering tanpa ada spesial-spesialnya, sambel, dan beberoq [nama yang aneh..]. Seaneh namanya, beberoq terdiri dari potongan terung [yang merupakan salah satu makanan yang paling gw benci di dunia] dan irisan entah kacang panjang atau buncis yang gak kalah aneh. Gw mulai mencak-mencak ama Penguin. Ya sudah, gw tambah pesan plecing kangkung, yang ternyata berupa campuran kangkung [ato lembayung ya?], kecambah, ama potongan tomat. Lumayan lah, paling gak dengan menyisihkan tomatnya gw bisa makan. Plecingnya 5 ribu tapi buanyaaaakkk. Aku tak kuasa. Secara cinta serat, gw tebalin muka buat minta mas-nya bungkusin sisa kangkung.
Tapi tetep aja kecewa! Dengan 13 ribu termasuk nasi putih, gw masih bakal lebih puas makan Nasi Ayam Bali Momento yang 7 ribu. Mencak-mencak pun berlanjut.
Penguin juga gak puas secara mi kocok Bandungnya biasa aja. Masih belum puas jadi sasaran mencak-mencak gw, dia bilang kalo dia udah beberapa kali ke Joglo dan belum pernah sekalipun pulang dengan puas.
'Lha terus kok tadi ajak aku ke sini?'
'Aku kan gak ngajak! Aku cuma nawarin, kamu setuju. Wong kamu juga belum pernah ke sini. Jadi gak seratus persen salahku!', Penguin membela diri tanpa menyewa pengacara.
'Iya! Kamu 90%, aku 10%'
'Enak aja! Ya 50--60 lah...' [Penguin bego gak belajar matematika]
'Lha kamu udah tau kalo di sini gak enak kok ya masih bolak-balik ke sini?', gw terus mendakwa.
'Lha diajakin terus je....' [Penguin bego gak bisa nolak ajakan orang]
'Wuu!!! Dasar Penguin... Mana di sini gak ada pemandangan! Ibu-ibu semua!'
'Yee... biasanya juga ada yang mahasiswa gitu. Lagian tempatnya di sini kan enak..'
'Enak apanya! Niatnya aja pengen suasana kampung tapi maksa. Mana di luar langsung jalan raya lagi, berisik!'
'....' Penguin diam saja selama beberapa saat.
'....' Gw pause mencak-mencak, capek.
'Mas, nanti parkirnya seribu lho..' [Penguin bego memancing gw mencak-mencak lagi]
'Monyong! @$%&^^%*^$#*!!!!!'
Dengan demikian berakhirlah sesi makan siang yang banyakan mencak-mencaknya daripada makannya. Beneran nih, gw gak bakal balik sana. Kecuali ada yang bayarin.

Makanan lain yang bikin gw tergila-gila adalah Sega Megono Pekalongan, yang gw kenal dari Mbak Sur, pekerja temen gw yang udah anggep gw kaya majikan sendiri ['maksud lo, Mas?' tanya Mbak Sur]. Gw khusus diundang ke rumahnya buat cicipin Sega Megono. Nasi putih ditumis pake parutan kelapa, macem-macem bumbu, sayur [kangkung, bayem or else], ama ikan teri. Dimakan dengan sambel ama krupuk. Hmm.. Pemirsa, rasanya maknyos.. Rasanya nyatu banget, bumbunya ngresep banget. Surga pindah ke Merapi View...
Besoknya secara kebetulan ngeliat ada warung yang jualan di depan Bank Mandiri Sekip. Katanya sih asli Pekalongan. Tapi masih enakan bikinan Mbak Sur yang asli Kroya....

No comments: