Tuesday, September 26, 2006

Pecat sisan…



Setelah sekitar lima bulan tampil memesona dengan rambut indah mulus licin menyelubungi dahi, tiba waktunya untuk memberikan sedikit sentuhan.

Si Abang modern menawan ini makin laris saja sebagai MC, meskipun beberapa waktu dia merasa lebih ditakdirkan untuk bernyanyi [sok] rock daripada menjadi MC. Apa daya, job datang tak diundang. Kali ini untuk membawakan acara pembukaan symposium nasional bedah digesti. Menyadari bahwa rambutnya –meskipun indah dan banyak dipuji- sudah terlalu panjang untuk membawakan acara resmi bertaraf nasional, si Abang memutuskan untuk merapihkan rambutnya.

Seperti biasa, gw datengin pahlawan rambut gw, mas Iyan dari Iyan Salon, secara dia jugalah yang berjasa made me over by smoothening my hair.
Being lucky, gw gak harus antri untuk dilayani.
‘Mas, rapiin dikit aja ya. Belakang ama samping depan gak usah.’
‘Layer kan, kaya biasa?’
‘Iya, tapi dikit ajah’
Gunting dan cukuran mulai membabat rambut gw.
‘Depannya tak rapiin ya?’, dia menawarkan dan entah kenapa gw iya-in dengan jawab ‘Dikit aja lho, Mas!’

Krek-krek, dia mulai beraksi. Dan setelah cuci rambut selesailah semua.
Baru gw liat di kaca dan mulai hampir menangis. Oh tidak! Rambut saya dipotong terlalu terlalu pendek. Botak gak bakal tersamarkan lagi! Rambut mulus hasil smoothening sudah habis dipotong, hanya menyisakan rambut yang baru tumbuh.
Ingin menyewa pengacara untuk menuntut mas Iyan karena menghancurkan penampilan seorang pekerja seni muda berbakat, namun apa daya gaji nge-MC jauh dari cukup. Cuma bisa pasrah menerima keadaan, sambil mencari dukungan moral lewat sms.

Besoknya tibalah saat mengMC. Herannya, gak ada yang nyadar sampe gw kasih pengumuman kalo gw potong rambut. Hellow, people, di mana mata kalian?
Yah sudahlah, nasi sudah menjadi bubur, botak sudah menjadi tampak. Harus mulai perawatan dari awal dan kalo udah cukup panjang baru smoothening ulang.
Sepertinya keputusanku sudah tetap, untuk tidak memakai jasa mas Iyan lagi untuk potong rambut. -secara Donald Trump, 'you're fired!'- Tapi untuk smoothening kayanya masih harus ke mas Iyan, secara belum ketemu salon yang mau smoothening cowok dengan harga semurah mas Iyan.

Penyedia jasa lain yang tidak bakal kupakai lagi adalah salah satu laundry kiloan di daerah Samirono –lupa namanya- kalo aja laundry langganan gw gak tutup gw gak bakal ke sana. Ternyata hasilnya sangat mengecewakan. Setidaknya ada 3 hal yang bikin kecewa:
1. Mas-nya nyebelin. Duit gw gede gak ada kembalian, bukannya cari tukeran duit malah nyuruh gw balik lagi aja bawa duit yang kecilan. Gayanya sok asik pula. Menyebalkan.
2. Baju-baju saya berbau tidak enak sejak dikeluarkan dari plastiknya. Mirip bau keringat, tapi gw yakin bukan keringet gw. Bisa jadi ini keringet orang yang bajunya dicuci campur baju gw. Ato keringet masnya yang nyebelin.
3. Kerah kaos gw luntur! Duit gede bisa ditukerin, baju bau nisa dicuci lagi, tapi apakah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna baju yang luntur? Mana baju desain gw sendiri pula. Gak bisa dipake maen lagi nih!
Saya dendam kesumat dan tidak akan balik lagi ke laundryan ini. Mas-nya kupecat bahkan sebelum kuperkerjakan

No comments: