Sunday, September 11, 2005

jadi Blogger, bukan blogger

Gara-gara nonton Gie, gw jadi penasaran ama tulisan-tulisan Soe Hok Gie. Trus keliling Jogja deh, dari rental ke rental cari bukunya. (sayang kalo beli). Dan akhirnya gw berhasil pinjem Zaman Peralihan, salah satu dari sedikit buku Gagas Media yang bisa dibilang bagus, along with Icha Rahmanti’s, Kambing Jantan dan Aditya Mulya’s.
Dari berbagai tulisan, ada yang gw suka banget. Ceritanya nih, Gie baru aja adain nonton bareng di kampus. Trus mereka nonton film Eropa gitu, judulnya kalo gak salah “And The 5th Rider is Fear”. Alkisah (ups bahasa gw), ada seorang dokter di Praha, kalo gak salah di tempat tahanan gitu dan diawasin banget ama Nazi. Selama ditahan, dia gak boleh jalanin profesinya sebagai dokter dan cuma boleh ngaku jadi tukang bersih-bersih. Suatu hari, ada tawanan lain yang sakit dan dia pun dilanda dilemma. Kalo dia nolongin, dia bakal dipenjara, tapi kalo gak nolong, ya gimana, dokter gitu loh. Akhirnya dia nurutin kata hatinya, ditolonglah itu orang sakit. Trus ada tetangganya yang ngelapor, karena pada masa itu ada peraturan kalo ngeliat sesuatu yang mencurigakan tapi gak ngelapor bakal dihukum juga. Akhirnya ditangkaplah si dokter, dan waktu ditanya alasan dia ngelakuin itu, dia bilang “A man is what he thinks he is, and you can’t change that”. Intinya, kita harus tentuin sendiri, mau jadi apa diri kita. Tanpa perlu takut ama intimidasi orang, tanpa perlu ikut arus. Gie bilang, kalo mau jadi politikus, jadilah Politikus dengan P gede. Jangan puas jadi manusia, jadilah Manusia.

Jadilah Insinyur bukan insinyur, jadilah Reporter bukan sekedar reporter, kalo perlu jadilah Mass Murderer dengan double capital M. (duh, ngeri). As for me, gw harus jadi Koas dengan K gede, biar someday gak cuma jadi dokter tapi bisa jadi Dokter. Jadi Cowok Cakep, dengan dua huruf C gede. Kalo perlu O,W,K,A,E dan Pnya gede juga heheh…

No comments: