Monday, September 26, 2005

anak Jogja rakus-rakus....


Lagi-lagi tentang tempat makan di Jogja. Ada satu tempat yang gw bilang cukup phenomenal saat ini: Sego Tempong Lapangan Klebengan. Sebenernya ini warung udah lumayan lama buka di tepi selokan Mataram, sebelum akhirnya hijrah ke Lapangan Klebengan. Gw udah sering makan siang di sana dari semester 6an, abisan sop-nya enak banget... Berasa merica banget. Trus di kunjungan terakhir gw ke sana si ibu berpesan "Mas, besok ini pindah ke lapangan situ, tapi cuma kalo malem."
Tunggu punya tunggu kok belum muncul juga... dicoretlah warung ini dari daftar tempat makan fav gw. Sampai akhirnya temen gw ngajakin makan di warung nasi penyetan baru yang asik banget. Eh, taunya ini warung si ibu, yang ternyata masih inget gw dan nyapa "Kok udah lama gak ke sini mas?". Selain sop dan soto yang bhineka tunggal ika (banyak banget macemnya), mereka punya menu baru: Sego Tempong. Isinya nasi, lalap ama terancam yang dihidangin di atas tempong (piring rotan). Lauknya bisa ayam, ikan, tahu-tempe, cumi, sampe terong dan pete. Unik dan asyik banget. Sambelnya pedes tapi bikin nagih. Murah pula.

Tambah hari ini warung tambah rame gitu, saban kali ke sana pasti gw harus antri lama sampe pesenan dateng. Yang bikin gw kaget, banyak lho anak-anak muda yang doyan makanan senajong pete! Yang lebih mengezutkan adalah fakta bahwa anak muda Jogja banyak-banyak makannya. Gw pernah ngeliat cewek kecil yang pesen nasi tempong + ikan + tempe + terong + pete! Busyet...nyerah dah gw. Yang jelas gw sukses meracuni temen2 dan adek gw buat ketagihan makan di sana... Hmm... si ibu harus bayar biaya promosi nih.
Tempat makan lain yang jadi fenomena adalah: MovieBox CoffeShop, yang tempatnya di samping bioskop mini MovieBox Demangan. Gw sempet cobain float coklat ama stroberinya. Edan...the chocolate's so rich...kentel banget... Cuma servisnya agak gak asik, tiap kali gw nanya ke masnya "Mas, Swamp Thing minuman apaan?" Masnya masuk ke dapur, nanya temennya dan kembali dengan jawaban "Wah, kebetulan abis, mas!" Dan adegan serupa terulang sekitar 5 kali, secara gw pengen ngerjain masnya. Hehe. Trus servisnya lamaaa, akhirnya float gw dateng dan masnya bilang "Mas, karena saya lama ini saya kasih bonus es krim satu scoop" Jadilah satu scoop es krim coklat nangkring di float stroberi gw. Waduh...
Lagi asik2 minum, datenglah sepasang muda-mudi (aduh!) yang pesen es krim neapolitan (3 rasa). Trus disusul serombongan anak Stece yang pesen es krim yang sama, 2 ronde malah! Duh, cantek-cantek kok rakusss... Usut punya usut, ternyata Moviebox punya special offer pada happy hours, itu es krim cuma dibandrol 2500! Lhah tau gitu tadi pesen es krimnya. Gak pake lama pula ngehidanginnya. Ya wis, besoknya gw ke sana lagi, cuma demi es krim. 2500 gitu lhoh

No comments: