Saturday, August 04, 2007

mirror mirror on the wall, who has the prettiest eyes of them all?

Kira-kira sekarang udah setengah tahunan gw pake softlens, dan tetep aja gak abis pikir how the magical little invention worked in 2 ways: correcting my refractive error dan meningkatkan kualitas kehidupan gw dengan menambah estetika muka gw [halah].

Yang pertama udah gak diraguin lagi, secara penglihatan dengan softlens emang lebih nyaman dan tidak memusingkan daripada kacamata. Secara nempel langsung ke mata, jadi gak ada biasnya. Trus juga lebih nyaman, gak keganggu ujan, gak bakal berembun. Yang kedua, meninggikan tingkat ketampanan gw, meskipun lensa gw cuma lensa polos tanpa warna, tanpa aksen. Bukannya narsis, tapi sekedar mengungkapkan fakta. Kalo biasanya idung gw yang dipuji orang-orang sebagai hidung yang kiyut [entah apa maksud mereka], sekarang mata gw [yang sebenernya sedikit strabismus/esophori] yang jadi pelet.

Mbak Klinik: ‘Dok kemarin ada pasien nanyain lho. Katanya, dokter yang manis, matanya bagus itu mana Mbak?’
Gw: ’Halah. Paling nyari Yodi kali.’ [sok ngeles, padahal kepala mulai tambah gede]
Mbak Klinik: ’Enggak lah. Wong pasiennya mbak-mbak, dia bilang dokternya yang cowok. Pak Oho kan gak mungkin, wong dia kalo jaga suka bawa anaknya. Mas Gun juga kan pake kacamata, tur ketoke enggak deh. Berarti kan sampeyan...’
Gw: ’.... Yo piye yo, Mbak...’ [sok artis, padahal yo pancen artis menyamar jadi manusia biasa]

Yah, lensa kontak memang penemuan besar abad 20. Kalo gak percaya, biar foto-foto ini yang berbicara.






Oke, stop bicara yang manis-manis. Kita bicara kenyataan: contact lenses suck! Gw bukan Damien Sang Ilusionis atau Romy Rafael Sang Penghipnotis Sekaligus Bintang Iklan Lampu, tapi gw bisa ngilangin lensa kontak dan memunculkannya kembali.

Pertama kali, raibnya lensa secara gaib terjadi setelah gw pulang dari gym, dan bersiap tidur siang. Waktu gw mo copot lensa, kagetlah gw secara begitu gw pegang mata, bukan lensa yang kepegang tapi kornea! Mampus, di mana lensa gw? Pantes dari tadi mata gw kabur sebelah [bodoh…]. Setelah ngecek sekujur tubuh dan baju, juga menelusuri kamar mandi, gw menarik kesimpulan: pasti jatuh di jalan ato di gym. Gak mungkin dong gw balik ke gym dan cari-cari lensa diantara barbell dan dumbell, dan menelusuri jalan sepanjang Concat-Jalan Magelang. Ini lebih buruk dari mencari jarum dalam jerami. Mungkin seperti mencari jarum dalam jerami yang sok milenium dan dikasi warna silver. Akhirnya gw ambil kesimpulan: softlens ilang dan gw musti siap-siap beli lagi. Tidurlah gw.
Bangun tidur dua jam kemudian, gw kaget setengah mati mendapati lensa gw bertengger di kelopak bawah. Ha! Ke mana aja dia tadi? Jangan-jangan ada tuyul pencuri lensa kontak yang iseng ngambil lensa gw dan disuruh balikin ama majikannya. Ya sudahlah, daripada mikir yang enggak-enggak, gw lupakan saja kejadian ini. Yang penting lensa gw balik dan gw gak harus keluarin 140 ribu lagi.

Beberapa purnama kemudian, kejadian berulang lagi. Kali ini gw sedikit lebih cerdas. Dengan beraksi layaknya calon optamologis di UGD Rumah Sakit, gw coba angkat kelopak atas gw. Ha!!! Di sanalah dia, terlipat dan naik ngelewatin iris gw. Dengan kenekatan seorang peserta Fear Factor, gw ambil itu lensa dengan tangan telanjang tanp alat, sambil berdoa supaya dijauhkan dari keratitis. Lensa berhasil dievakuasi dengan selamat. Seratus empat puluh ribu kembali terselamatkan.

Kejadian ketiga berlangsung di kantor. Secara tiba-tiba gw ngerasa pandangan gw kabur sebelah, gw [yang sudah belajar dari 2 pengalaman sebelumnya] segera ke toilet Radioputro. Baru sekarang kaca toilet ini punya manfaat lain selain untuk mematut diri. Gw coba singkapin kelopak gw ke atas. Lho! Gak ada! Gw coba kelopak bawah. Gak ada juga! Hyaks!! Jangan-jangan udah saking masuknya ke dalem ampe gak keliatan lagi? Dengan panik, gw telpon tunangannya gitaris Espulso, yang sekarang jadi residen mata ituh. Dengan setengah panik gw cerita dan dia suruh gw ke Sardjito.

Nyampe Sardjito, akhirnya gw pegang2 lagi optalmoskop [setelah sekian taun]. Tapi cuma megang doang, secara gw yang diperiksa. Dan dia menyatakan: ’gak ada tuh, malah kelopakmu yang dalem agak radang, ada pustul-pustulnya’. Perasaan haru, bahagia dan sedih campur-baur melanda gw. Haru karena masih ada orang yang berhati mulia dan bersedia menolong gw yang tampan tapi hina dina mariana ini. Bahagia karena mata gw gak perlu dicukil buat ngeambil korpus alienum berupa lensa kontak di dalamnya. Dan sedih, bukan karena kelopak gw infeksi tapi karena gw harus beli lensa kontak baru.

Dengan langkah gontai gw balik ke kantor dan mendapati Bos Cewek menanti gw buat acara rutin tiap pagi: ngerumpi.
’Icaaakk..Sini Cak!’, dia suruh gw ke meja Sekretaris.
’Apa Buk?’, gw ambil posisi wuenak di depan mesin fax dan membuka bibir untuk mencetuskan gosip pertama tapi tiba-tiba mata gw tertuju pada sekeping benda serupa cornflake transparan.
’Ini dia!’, gw berseru bagaikan Archimedes menyerukan Eureka. Langsung gw rendem itu lensa di tempatnya, trus nelpon Mbak Residen Mata Nan Cantik dan Baik Hati lagi.
’Mbak, ternyata ketemu ni, jatuh di kantor. Tapi udah kering, keras gitu. Bisa dipake lagi gak ya?’
’Bisa kok. Rendem aja bentar, ntar coba lagi.’’
Hmmm... Baiklah. Mungkin agak lamaan biar larut semua debu dan dosanya yang udah bikin gw panik bukan kepalang.

Oke. Softlens yang tiga kali nyaris ilang, ternyata masih setia ama gw, meskipun suka bikin panik dan udah bikin infeksi konjungtiva. Pertanyaan terakhir: Kapokkah gw pake softlens? Gak lah! Punya pelet baru gitu loh.

No comments: