Thursday, August 23, 2007

ceritanya disensor dikit

[Atas nama kompleksitas cerita dan konfidensialiti, cerita gw potong di bagian depan]
Setelah terombang-ambing antara berangkat dan tidak, akhirnya gw putusin berangkat ke Jakarta buat ikutin Konferensi Nasional Dokter Keluarga, ....

Malam sebelum hari H bener-bener penuh agenda. Ambil laundry, potong rambut [mengkhianati Mas Iyan, siapa suruh hari Minggu tutup, Mas], pinjem tas di rumah Tangta, makan bareng dan ambil poster pameran di Gelanggang. Lucu juga rasanya. Gw cuma mau pergi 2 hari, tapi Malam sebelum Hari H jadi malam yang canggung buat kami. Rasanya aneh, dan gw pun merasakan apa yang dirasakan murid-murid Yesus pada Perjamuan Terakhir [halah]. Dengan tidak rela, we said goodbye.

Senin pagi, bangun sebelum adzan Subuh kedengeran dari masjid belakang rumah. Makan Mie Gelas, mandi. Berangkat ke erpot dianter Babe {baca: Ba-be, bukan beib]. Secara gw naik pesawat bareng Bos 2, gw musti nunggu dia buat check-in bareng. Maksudnya sih biar duduknya sampingan. Tunggu punya tunggu, kok Bos 2 gak keliatan juga. Ya udah gw puas-puasin telpon Penguin, daripada dia tidur mulu. Asik ngobrol sampe akhirnya jam 5.50 Bos 1 kirim SMS, ’Pak Wahyudi udah di ruang tunggu. Kamu udah check-in?’ Waks! Langsung buru-buru check-in trus nyusul ke ruang tunggu.

Bandara di Senin pagi udah kayak di FK UGM aja, banyak dokter seliweran. Kebanyakan sih mo ke Jakarta juga. Akhirnya gw naik juga ke pesawat dan disambut oleh Adam Angels. Perjalanan biasa aja. Sempet ketar-ketir dan bolak-balik berdoa, ’Ya Tuhan... Saya naik Adam..’ Tapi ternyata biasa aja. Boeing 737 Adam Air yang katanya tua itu ternyata interiornya masih lumayan. Trus, bedanya ama Garuda? Satu, harganya. Dua, gak dapet makanan! Cuma segelas 2 Tang yang penutupnya diganti logo Adam. Tiwas cuma sarapan mie gelas. Ketiga, Adam Angelsnya bisa dibilang setan yang menyamar jadi malaikat, jarang senyum. Meskipun dalam beberapa hal emang kayaknya penumpang pesawat Indonesia masih perlu pembelajaran dalam aturan naik pesawat. Yah, sudahlah. Yang penting gw nyampe Cengkareng sekitar jam 7-15.

Secara laper, gw mampir ke Dunkin Donut. Satu Triple Chocolate dan Iced Cappucinno jadi pilihan. Berapa harganya? 24.500, yang artinya sarapan gw ini bisa buat dua kali makan malam Penguin dan Pawangnya. Gak papa lah, daripada sakit maag. Setelah nungguin Bos 1 yang turun di terminal lain [secara naik Garuda], kami naik taksi ke Salemba.

Kampus FK UI ternyata biasa aja. Bangunan aulanya tua, tapi asyik aja. Peserta udah pada masuk aula, tapi acara belum dimulai secara musti nungguin Bu Menkes.

Dan datanglah dia, lengkap dengan tata rambut ala bangswan abad 19 (lurus di atas, bergelung di bawah), dan empat ajudan berbaju hitam, salah satunya bawain tas Louis Vuitton putih. Acara pun dimulai, dan diskusi yang semestinya ilmiah berubah jadi debat kusir. Malu juga punya Menkes kaya gini. Tapi, itulah Indonesia.

Acara selanjutnya seminar dan seminar. Jam setengah lima sore acara kelar. Secara gak ada agenda lain, kami dianter ke hotel oleh salah satu staf UI. Lhoh! Lhoh! Kok belok kiri? Kirain mau nginep di The Acacia? Ternyata mobilnya bawa kami ke Jalan Raden Saleh, ke arah Hotel Bintang Griyawisata. Ngeliat depan hotel, kok kayaknya gak valid? Tapi begitu masuk mulai keliatan hotelnya. Gw dan Bos 2 nungguin di lobi [baca: ngumpet biar gak nambah extra bed], sementara Bos 1 ambil kunci.

Masuklah kami ke kamar 712. Ada dua bed, kamar mandi, TV dengan Indovision, dan AC yang gak dingin-dingin amat. Sudah, itu aja. Tapi cukuplah buat melewatkan malam. Gw nonton DVD Sideways di laptop sementara kedua Bos tiduran, sampai akhirnya kami gantian mandi dan siap-siap makan malam.

Keluar hotel, celingak-celinguk. Katanya sepanjang Raden Saleh banyak makanan Arab, dan ada Kuring. Tapi mata kami tertuju pada RM Manado dan Makassar Colo-Colo di seberang hotel. Apalagi ada rekan staf dari UMY di sana. Masuklah kami. Tengak-tengok menu... Ikan, ayam, ikan, ayam, kue-kue, sayur-sayur, es pisang ijo dan es-es lainnya. Gak ada yang gw cari… Liatin tembok, eh ada salib digantung. Hmm, kemungkinan ada ni yang gw cari.
Gw deketin mbaknya dan nanya. ‘Mbak, ada Kinawok?’
‘Apa itu, Mas?
‘Babi…’
‘Oh, gak ada, Mas’
Halah. Ya sudah. Pesanan diputuskan. Satu paket Nasi + Cakalang Suwir + Rica Woku ato Wodu gitu dan 1 Panada. Minumnya? Tetep, air es.
Pesenan datang. Panadanya serupa pastel raksasa tapi murah, 2 rebu aja. Dicuil, isinya cakalang yang melimpah, dan kulitnya tebel dengan tekstur mirip kue bolang-baling ato donat pasar malem. Cobain makan dicolo rica. Hm, enak! Langsung gw sms Bos Cewek, pamerin kalo lagi makan panada dan dia mencak-mencak secara jadi ngiler. Main coursenya? Seru!! Cakalangnya tops. Sayurnya enak, kacang panjang dan terung. Baru sekali ini gw dengan tulus ikhlas makan terung, seoalnya enak tapi gak keliatan klentruk-klentruk njijiki. Ricanya? Gak usah ditanya, orang Manado emang biang keroknya sambel. Gw makan asik aja, tau-tau makanan abis dan kami bertiga udah keringetan ke mana-mana. Dan ada untungnya gw pesen air es doang, secara es kacang merah ama es pisang ijonya ukuran Buto Ijo. Gede tenan….Puas banget. Dan ada yang bikin lebih puas lagi: Bos 1 bayarin kami bertiga. Huyeah!

Keluar RM, kami belok kanan ke Alfamart nyari air, secara di kamar cuma ada complimentary drink 2 Aqua botol kaca yang udah abis dari tadi. Secara gak ada spring water dingin, gw gak beliu apa-apa, dan putusin buat jalan sendiri sementara dua Bos balik ke hotel.

Ya udah, gw jalan aja. Beneran jalan doang, just walked with no certain destination. Ceritanya nyaingin MTV’s Destination Nowhere. Gw jalan ke sana, ke sini, niatnya kalo ada warnet ato kopisyop gw mampir. Dan ternyata sodara-sodara, setelah setengah jam lebih jalan kaki, apa yang gw dapet? Gak ada. Cuma pulsa Fren 10 ribu seharga 13 ribu, dan baju yang basah keringet, ama pegel kaki secara ternyata sendal biru Rusty bajakan gw gak enak buat jalan [meskipun menang di gaya].

Gw mampir di warung Nasi Uduk dan berharap dilayani Aa’ Sunda, tapi ternyata Mas-Mas dengan logat Suroboyo yang jualin gw. Cuma es jeruk yang gw pesen, buat rehidrasi. Trus masih dalam rangka mengembalikan cairan yang hilang, gw ke Alfamart cari True Juice jeruk ama Ades. Balik ke hotel, duduk-duduk di lobi nan sepi, trus nelpon Penguin. Setengah jam kemudian, kuping merah dan panas. Gw pun putusin Penguin. Eh salah, putusin telponnya trus naik ke kamar. Main Shopmania sementara kedua Bos bikin ToR seminar [dasar asisten yang malas dan nakal,,,]. Sekitar jam 11 mereka berangkat tidur, sementara gw nonton MTV bentar trus nyusul bobok.

Untuk jurnal hari kedua, stay tuned di blog ini.

No comments: