Thursday, May 03, 2007

selamat tinggal hair drying outlet

Day 4

Gw sempet kaget waktu sarapan jam 7 pagi. Lha kok sepi? Cuma beberapa bapak-bapak yang ada. Where have all the ladies gone? Ternyata semua sama, tepar gara-gara kecapekan jalan-jalan. Ealah, dasar ibu-ibu.

Acara di hari keempat dilangsungin di SIF lagi. Acara hari ini ngebahas rencana pendidikan dan pelayanan Dokter Keluarga di Indonesia. Sok atuh, biar para sesepuh aja yang ngobrol rame. Gw? Ngobrol dan ngegosip ama yang muda-muda hehe. Diskusinya rame, serame makan siangnya. Nasi kuning, laksa Singapore, fillet ikan, ayam, dan beberapa lauk lainnya, plus iced lemon tea. Kenyang.... Jangan salahin gw kalo balik-balik berat badan gw nambah. Salahin yang pesen makanannya hehe.

Dari SIF kami pindah lokasi ke Ministry of Health alias Depkesnya Singapore buat ikutan kuliah Family Medicine yang pasca sarjana. Gedung MoHnya udah lama tapi maintenance dan renovasinya oke, jadi tetep asik. Saking enaknya gedung, banyak yang ketiduran. Gw salah satunya. Abis, kekenyangan. Kuliahnya seru, pake presentasi kasus dan diskusi. Biarpun pasca sarjana, pakaiannya juga tetep kasual dan bersahaja. Enak betul...

Akhirnya, sampe juga di acara penutupan dan pembagian sertifikat. Ternyata, gw disuruh ngomong lagi, kali ini sebagai perwakilan dokter umum di Kota Jogja. Yah sudahlah, kuncinya cuma satu: pe-de. Presentasi beres, dan akhirnya gw dapetin sertifikat keikutsertaan.




Abis itu? Closing dinner! Ini dia yang ditunggu-tunggu, makan malam di Jumbo Seafood di Riverside. Biar belum mandi, gak masalah. Muka tetep cling, dan rambut tetap rapi mempesona berkat Rejoice Rich.

Lagi-lagi, kami dimanjakan dengan makanan enak. Udah gak ada lagi yang inget diet. Cakwe isi ikan, ikan goreng, baby squid, mie goreng dan superstar of the course: kepiting kuah kare dan kepiting lada hitam. Kepitingnya guede, dari Srilanka, dan dengan sukses bikin beberapa jari berdarah saking semangatnya. Penutupnya: roti man tou ama es blewah sagu. Kenyang? Bukan kenyang lagi! Gila-gilaan.







Pulang ke hotel, mandi dan ngenet lagi sementara roommate gw berendem. Pulang-pulang kepala udah melayang melawan gravitasi. Musti segera tidur, secara ada rencana besar besok paginya: belanja oleh-oleh.

Day 5
Hari terakhir di Singapore. Gw baru nyadar, seenak-enaknya gw tinggal di sini, sepi juga tanpa temen-temen. Untung mereka sempet sms gw beberapa kali, meskipun gw gak bisa bales karena you know why.

Hari ini sengaja bangun pagi-pagi, dan belanja berdua ama dr. Prabata, temen sekantor. Abis sarapan langsung ke stasiun Novena, dan cabut ke Farrer Park. Destination 1: Mustafa Center.
Beli ini beli itu, sambil tetep mengaktifkan kalkulator alami di otak biar gak abis terlalu banyak. Gak nyampe 2 jam, udah 2 tas ditenteng. Ups! Udah hampir jam setengah 11, musti nyari kaos padahal waktu check out hotel jam setengah 12. Buru-buru cegat taksi dan minta dianterin ke tempat beli kaos yang murah. Dia anter kami ke Kallang or something, deket Kampung Bugis. Sempet ngeliat di pasarnya, tapi kok gak ada kaos yang tulisan Singapore? Hmm… Untung gw inget ada peserta lain yang bilang kalo dapet kaos murah di Lucky Plaza. Ya wis, buruan ke Orchard Road, naik taksi lagi secara udah nyaris jam 11 waktu setempat. Nyampe di Lucky Plaza langsung ke toko souvenir. Ambil ini ambil itu, sempet nawar juga, maklum pokil. Akhirnya cabut dari Lucky Plaza 11.30 teng.

I was so lucky that Orchard is just 2 blocks away from the hotel. Gw langsung packed things up buru-buru, sementara temen sekamar gw ketawa geli menyaksikan gw bergerak cepat ke sana kemari. Secara gw bakal nyampe Jogja malem, gw putusin mandi lagi. [Sempet-sempetnya….]
Dan ternyata, si tampan dan cekatan ini berhasil mengemas semua barang jam 12.20! Bus udah nunggu di lobi, segera ke Changi. Oke. Selamat tinggal kamar 711, hair drying outlet, kran air yang langsung bisa diminum, tipi kabel dan colokan listrik kaki 3. Indonesia, saya pulang!!!

Berangkat ke Changi sambil dengerin Top 40 chart show salah satu radio. Ternyata group check-in bukannya bikin cepet malah nambah lama. Abis check in, ngendon di salah satu kafe, minum es teh apel seharga 3,5 dolar. Kunyuk.

Masuk pesawat. Betapa gw gak gugup, gw diapit pejabat YanMed Dasar Depkes dan dosen senior FK Unibraw. Biar grogi berkurang dikit, abis minum es kopi trus minta red wine. Lumayan lah, bisa tenang dikit.

Nyampe Jakarta, berfarewell ama rombongan dari kota lain. Secara masih setengah jam-an sebelum boarding, gw diajakin ke salah satu lounge. Tepatnya, dimasukin alias dibayarin pake credit card bos. Judulnya doang lounge, makanannya tetep lodeh.Tapi asli, enak banget. Jarang-jarang gw doyan. Akhirnya boarding juga. Kali ini duduk di sebelah Kepala Dinkes Kota Jogja. Sori, Pak, ngantuk. Tidur aja…

Akhirnya, nyampe Jogja! Segera gw telpon Upik buat jemput gw. Sambil nungguin jemputan, ikutan nonton Moto GP rame-rame di depan Rumah Makan Padang di bandara. Dari penumpang pesawat, sopir taksi, sampe tukang sapu bandara, semua menyaksikan kehancuran Rossi.
Upik datang, gw pun pulang.

Senangnya balik di rumah lagi! Lagi seru-serunya unpacking koper, Om Anton ama Penguin dateng! Senangnya….. Suasana haru sempat digugat oleh aroma tajam Hugo Deep Red. Makjang! Entah gimana, botol parfum gw kebuka di koper dan isinya abis bis. Koper gw jadi wangi, ngalah-alahin gw.
Gw: Duh, cuci koper gimana caranya ya?
Anton: Udah,gak usah dicuci. Besok baju-baju masukin koper aja biar wangi, gak usah pake parfum lagi.
Ealah, dasar beruang.
Semakin malam, semakin panas secara berturut-turut Ayah dan Bunda-nya PSM, juga Celeng Cerdik Sok Cantik dateng dan makan rame-rame di Bakmi Pak Yahman.

Secara udah jam 10 lewat, dan besok harus ngantor jam 8, pulanglah gw sambil mikir-mikir. Kalo ada satu hal yang bikin gw kangen rumah selama di Singapore, orang-orang yang ngesambut gw inilah alasannya.

Verdict: Mendingan di Jogja ama Kater daripada di Singapore tanpa Kater. Eh... Mendingan di Singapore ama Kater hehe.

No comments: